Zaitun tanaman zaitun di indonesia

9:17:22 Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil thnn & hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimkn mnth ataupun sesudah diawetkan sbg penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dpt diprgnkn untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Ciri-ciri
Tanaman zaitun memiliki ciri-ciri di antaranya:

• tmbh sbg pohon atau perdu hijau abadi memilki bunga brbntk lonceng

• pendek dan gemuk, tingginya jrng melebihi 8–15 m (26–49 ft), kecuali jenisPisciottana yg lebih besar dan tinggi

• daun tunggaldengan kedudukan berhadapan tnp daun penumpu, berwarna hijau keperakan, berbentuk lonjong dg panjang 4–10 centimeter(1,6–3,9 in) & lebar 1–3 centimeter (0,39–1,18 in)

• batang keriput dan terpelintir

• bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga kecil-kecil brwrn putih berbulu, dengan calyx dan corolla berblh sepuluh, dua stamen& stigma bifid , biasanya tmbh pd kayu thn sebelumnya

• buahnya kecil berupa buah batu (drupe), pnjngnya 1–2,5 cm (0,39–0,98 in) dg biji memiliki endosperma. Buahnya berukuran lebih kurus dan kecil pd tumbuhan liar dibndngkn pada pembudidayaan.

Zaitun mulai berbuah saat berumr lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan thn, sehingga yg tdnya perdu tlh mnjd tumbuhan besar.Pohon zaitun yg berumr ribuan tahun di antaranya prnh ditmkn di Palestina yg brthn hidup hingga 2000 tahun.

Zaitun dipanen pd waktu msh hijau smp sudah brwrn ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mngkn mngndng bhn kimia (biasanya fero sulfat) yg mnjdknnya berwarna hitam secara buatan. Bj Olea europaea biasanya dlm bahasa Inggris di Amerika dsbt pit atau rock, sedangkan di Inggris sebagai stone, semuanya bermakna "batu".

Distribusi

Distribusinya meliputi daerah-daerah iklim panas sampai iklim sdng. Kebanyakan jenisnya dapatdijumpai di Asia, Afrika & daerah Laut Tengah. Jenis Pisciottana, yg trdr dr 40.000 pohon, hanya ditemukan di daerahsktr Pisciotta, Campania, di wilayah selatan Italia, tingginya melebihi rata-rata zaitun di tmpt lain, serta batangnya lbh bsr diameternya. Tumbuhan ini masih berkerabat dengan melati (Jasminum sambac).

Taksonomi

Diknl enam subspesies alami Olea europaea yg tersebar di wilayah luas:[1][2]

• Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)lOlea europaea subsp. cuspidata (dari Afrika Selatan smp Afrika Timur, Arabia sampai Barat DayaTiongkok)

• Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)

• Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)

• Olea europaea subsp. maroccana Maroko

• Olea europaea subsp. laperrinei (Aljazair, Sudan, Niger)

Subspecies maroccana adalah heksaploid sdngkn cerasiformis tetraploid.[3]

Bentuk tanaman liar srngkl dianggap spesies trsndr dengan nm ilmiah Olea oleaster.

Simbol dan manfaat

Tangkai zaitun berdaun sng dipakai sbg lambang perdamaian & telah lama mnjd bagian kebudayaan Barat. Di dlm masyarakat ini dahan zaitun menjadi lambing perdamaian & tlh ditnm sejak ratusan tahun yang lalu untuk [diambl|diambil} buahnya yang sedap. dari filosofi trsbt dapat kita ambil intisari bahwa dg tmbhnya zaitun akn mmbw perdamaian.

Banyak manfaat dari tanaman zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dari tanaman zaitun jg sngt bgs, keras & indah. Selain untk dimkn buah zaitun juga digunakan sebagai penydp makanan. Apbl diperas buahnya, kita dpt mmprolh minyaknya. Minyak ini dapat dignkn sbg bumbu salad dan blkngn banyak dignkn untk bahan kosmetik yang dpt menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga dipercaya dpt menjadikan kulit awet muda.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Jember Muaro Jambi Tapin Bangli Kab. Sukoharjo Tapin Mandailing Natal Merauke Tapanuli Selatan Buru Solok Bolaang Mongondow Kota Probolinggo Kab. Bojonegoro

Dan Kec lainnya Kec. Kuta Cot Glie Kec. Kaway XVI Kec. Balige Kec. Poso Kota Utara Kec. Nguntoronadi Kec. Kamu Utara Kec. Limbangan Kec. Lembak Kec. Meuraxa Kec. Widasari Kec. Dolok Sanggul Kec. Banyudono Kec. Karanganyar Kec. Medan Maimun Kec. Cluring Kec. Takkalala Kec. Cikaum Kec. Sutojayan Kec. Kragan Kec. Kapetakan

Tag Zaitun tanaman zaitun di indonesia

Tag search: tanaman zaitun di indonesia Zaitun


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Zaitun tanaman zaitun di indonesia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Zaitun tanaman zaitun di indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit