Kersen buah kersen terbesar di dunia

3:09:02 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adl sejenis pohon sklgs buahnya yg kecil & manis berwarna merah cerah. Di bbrp daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untuk ceri yang sbnrny, lht artikel ceri).

Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); & kerukup siam (Malaysia).

Jg diknl sbg capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dl mnybtnya Japanse kers ("ceri jepang"), yg lalu dr sini diambil menjadi kersen dlmbahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri.

Daun Kersen mngndng zat antioksi& alami sehingga bs mnghmbt pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dalam botol siapmnm, teh daun Kersen ini menjadi minuman herbal yangdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 m, msk umumnya hanya sktr 3-6 m saja. Hijau abadidan trs mnrs berbunga dan berbuah spnjng tahun.
Cabang-cabang mndtr, menggantung di ujungnya; membentuk naungan yg rindang. Ranting-ranting berambut hls bercampur dg rambut kelenjar; demikian pula daunnya.
Daun-daun terletak mendatar, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bwh berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sblh meruncing bntk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering dan rontok, sementara sebelah lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sblh atas tumbuhnya daun; bertangkai pnjng; berkelamin dua dan berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 centimeter. Benang sari brjmlh banyak, 10 sampai lbh dr 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bwh, tersembunyi di bwh helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yg mnjd buah dalam tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai panjang, bulat hmpr sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan akhirnya merah apabilamatang, bermahkota sisa tangkai putik yg tidak rontok srp bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu biji yg kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dlm daging & sari buah yg manis skl.

Selain itu, buah kersen juga dapat digunakan untk obat penyakit asam urat, diabetes, & msh bnyk lagi.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung & codot. Anak-anak sklh sering mmnjt pohonnya, meninggalkan bekas-bekas brp ranting yang berpatahan & kulit batang yang terkelupas. Buah ini jg dapat dijdkn selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di psr.Tanaman kersen di Indonesia mudah dijumpai. Biasanya tanaman ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan mdh kering, sngt berguna sbg kayu bakar. Kulit kayunya yg mudah dikupas digunakan sbg bahan tali dan kain pembalut. Daunnya dpt dijadikan smcm teh.

Burung-burung pemakan buah, sprt klmpk merbah dan burung cabe, sering mngnjng tanaman ini di wkt siang untuk mmkn buah atau sari buahnya yg manis. Di waktu hari gelap, brgnt aneka jenis kelelawar pmkn buah yg dtng dg tjn yg sama. Bj kersen tdk tercerna oleh burung dan codot, krn itu kedua kelompok hewan ini sekaligus berfungsi sebagai pemencar bjnya.

Pohon kersen khususnya berguna sebagai pohon peneduh di pinggir jln. Pohon kecil ini awalnya srng tumbuh sbg semai liar di tepi jln, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, & akhirnya tmbhdengan cpt –biasanya dibiarkan saja– membesar sebagai pohon naungan. Sebab itulah pohon kersen seringkali ditemukan di wly perkotaan yg ramai & padat, di tepi trotoar & lahan parkir, di tepi sungai yg tdk terurus atau di tempat-tempat yg biasa krng berkpnjngn.

Karena sifat-sifat dan daya thnnya itu, kersen mnjd slh satu tumbuhan pionir yg plng banyak ditemukan di wlyh hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah smp ke Peru & Bolivia), kersen dibw masuk ke Filipina pd akhir abad-19, dan lalu dengan cepat menyebar di slrh wilayah tropis Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Sarolangun Bau-Bau Nduga Kab. Lembata Agam Nduga Kab. Pati Bengkalis Kab. Manggarai Barat Mesuji Tojo Una-Una Kota Surabaya Konawe Kepulauan Mentawai

Dan Kec lainnya Kec. Rantau Kec. Kadugede Kec. Wonosari Kec. Sukasari Kec. Kramat Jati Kec. Batununggal Kec. Paliyan Kec. Barus Jahe Kec. Sindangkasih Kec. Giri Kec. Rembang Kec. Banyuates Kec. Mundu Kec. Dampit Kec. Bantarbolang Kec. Ampelgading Kec. Lubuk Baja Kec. Binakal Kec. Trumon Kec. Batu

Tag Kersen buah kersen terbesar di dunia

Tag search: buah kersen terbesar di dunia Kersen


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen buah kersen terbesar di dunia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen buah kersen terbesar di dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit