Nangka pohon nangka monokotil atau dikotil

4:09:03 Nangka adalah nama sejenis pohon, sklgs buahnya. Tanaman nangka trmsk ke dlm suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sbg jackfruit.

Pohon nangka umumnya berukrn sedang sampai sekitar 20 meter tingginya, wlpn ada yg mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, smp berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya pdt & lebat, melebar & memblt apabila di tempat terbk. Slrh bgn tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1–4 centimeter, helai daun agak tbl sepertikulit, kaku, bertp rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5–25 centimeter, dengan pangkal menyempit sdkt demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang smp 8 cm, mudah rontok dan mngglkan bekas serupa cincin.

tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan muncul pada ketiak daun pd pucuk yg pendek & khusus, yg tmbh pd sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berbntk gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 centimeter, dengan cincin berdaging yg jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dg serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar apabila masak. Bunga nangka dsbt babal. Setelah mlwt umur masaknya, babal akan mmbsk (di tumbuhi kapang) dan menghitam semasa msh di pohon, sblm akhirnya terjatuh. Bunga betina dlm bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.

Buah majemuk (syncarp) berbntk gelendong memanjang, seringkali tdk merata, panjangnya hingga 100 centimeter, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. “Daging buah”, yang sesungguhnya adalah perkmbngn dari tenda bunga, brwrn kuning keemasan apabila matang, berbau harum-manis yg keras, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Biji brbntk bulat lonjong smp jorong agak gepeng, panjang 2–4 centimeter, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yg tipis coklat seperti kulit, endokarp yg liat keras keputihan, & eksokarp yg lunak. Keping bijinya tdk setangkup.
Nangka terutama dipanen buahnya. "Daging buah" yg matang seringkali dimakan dlm keadaan segar, dicmpr dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah mnjd aneka variasi mknn daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Nangka jug dgnkn sbg pengharum es krim dan minuman, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Biji nangka, dikenal sebagai "beton", dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan.

Bj nangka juga bs dijdkn satu dengan masakan kolak nangka. Nangka maupun biji nangka juga bs digabung dengan mskn kolak pisang atau buah sukun. Bj|Biji} nangka juga bisa dijdkn tepung. Biji yg direbus scr terpisah atau tidak diikutkan dalam masakan kolak, dpt dimakan seperti halnya kita makan singkong. Bj nangka bs juga dimasak dg cara digoreng.

Buah nangka muda sngt disukai sbg bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, diknl masakan gulaicubadak (gulai nangka). Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bhn sayur asam. Di Jawa Tengah diknl berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (dsbt gori), seperti sayur lodeh, masakan megono, oseng-oseng gori, & jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg. Sementara di seputaran Jakarta & Jawa Barat, bongkol bunga jantan (dsbt babal atautongtolang) kerap dijadikanbahan rujak.

Daun-daun nangka mrpkn pakan ternak yang disukai kambing, domba maupun sapi. Kulit batangnya yg berserat, [dpt|dapat} dgnkn sebagai bahan tali & pd masa lalu juga dijdkn bahan pakaian. Getahnya dgnkn dlm campuran untk memerangkap burung, untk memakal (menambal) perahu & lain-lain.
Kayunya berwarna kuning di bgn teras, berkualitas baik & mudah dikrjkn. Kayu ini ckp kuat, awet dan tahan terhadap serangan rayap atau jamur, serta mempunyai pola yang menarik, gampang mengkilap apabila diserut halus dan digosok dengan minyak. Karena itu kayu nangka kerap dijdkn perkakas rumah tangga, mebel, konstruksi bangunan, konstruksi kapal smp ke alat musik. Dari kayunya jg dihasilkan bahan pewarna kuning untk mewarnai jubah para pendeta Buddha.

Nangka tumbuh dengan baik di iklim tropis smp dg lintang 25° utara maupun selatan, walaupun diketahui pula masih dpt berbuah hingga lintang 30°. Tumbuhan ini menyukai wilayah dengan curah hujan lebih dari 1500 mm pertahun di mana musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka kurang toleran trhdp udara dingin, kekeringan & penggenangan.

Pohon nangka yang berasal dari biji, mulai berbunga pada umur 2-8 tahun. sedangkan yang berasal dari klon mulai berbunga di umur 2-4 tahun. Di tmpt yg cocok, nangka dapat berbuah sepanjang tahun. Akan tetapi di Thailand & India panen raya terjadi antara Januari – Agustus, sementara di Malaysia antara April – Agustus atau September – Desember.

Varian nangka amat bnyk jenisnya, baik dengan mlht perawakan pohon dan bagian-bagian tanamannya, rasa & sifat-sifat buahnya, maupun sifat-sifat yg tak mudah dilihat sprt kemampuan tmbhnya trhdpterhadap jenis-jenis lngkngn. Dari segi sifat-sifat buahnya, umum mengenal dua klmpk bsr yakni:

• nangka bubur (Indonesia & Malaysia), yang disebut pula sebagai khanun lamoud (Thailand), vela (Srilangka) ataukoozha chakka (India selatan); dengan daging buah tipis, berserat, lunak & membubur, rasanya asam manis, & berbau harum tajam.

• nangka salak (Ind.), nangka belulang (Mal.), khanun nang (Thai), varaka (Srilangka), atau koozha pusham (India selatan); dg daging buah tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, & tak bgt harum.
Nangka dpt berkawin silang dengan cempedak scr alami. Hasil slngnnya dinm nangka cempedak.
Nangka diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bagian barat, di mana jenis-jenis liarnya msh didpt tmbh tersebar di hutan hujan di sana. Kini nangka tlh menyebar luas di berbagai daerah tropik, terutama di Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kulon Progo Parepare Palangka Raya Kab. Pati Mimika Palangka Raya Badung Kab. Bondowoso Halmahera Timur Kab. Ngawi Pakpak Bharat Kota Cimahi Kota Malang Serdang Bedagai

Dan Kec lainnya Kec. Gading Cempaka Kec. Balong Kec. Banjarsari Kec. Labuhan Haji Barat Kec. Mancak Kec. Dukupuntang Kec. Unggaran Barat Kec. Cipari Kec. Kasembon Kec. Simpang Mamplam Kec. Cinangka Kec. Mojosongo Kec. Tenjo Kec. Jogo Roto Kec. Aek Kuo Kec. Tembarak Kec. Lopok Kec. Lubuk Sikaping Kec. Gunung Puyuh Sadaniang

Tag Nangka pohon nangka monokotil atau dikotil

Tag search: pohon nangka monokotil atau dikotil Nangka .. Cempedak Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas idwikipediaorgwikiCempedak Cempedak adalah tanaman buahbuahan dari famili Moraceae Bentuk buah rasa dan keharumannya seperti nangka meski aromanya kerap kali menusuk Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak buah ini juga memiliki Contoh CiriCiri dan Perbedaan Tumbuhan Dikotil maupun Monokotil tipspetanicomcontohciriciridanperbedaantumbuhandikotilmaupunmonokotil 12 Sep 2019 Tumbuhan dikotil dan monokotil merupakan kelompok dari Tipe pertulangan daunnya menyirip atau menjari Bunganya kelipatan 2 4 dan 5 pada tanaman mangga jeruk alpukat jambu air nangka durian dan lain Dikotil Pengertian Ciri dan Strukturnya pengajarcoid pengajarcoiddikotilpengertianciridanstrukturnya 17 Nov 2019 Salah satu tumbuhan termasuk ke dalam kelompok dikotil ini mempunyai sepasan dikotil dengan tumbuhan monokotil yang justru bijinya yang berkeping tunggal tumbuhan dikotil Contohnya seperti pohon mangga jambu dan nangka Kambium merupakan lapisan sel atau lapisan jaringan pada 11 Golongan Suku Tumbuhan Dikotil Beserta CiriCiri dan Contohnya kumpulanilmucomilmualamtumbuhandikotil Tumbuhan dikotil atau berkeping dua biasanya dimiliki oleh tumbuhan berbunga yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil seperti pohon mangga jambu nangka besar yaitu tumbuhan berkeping biji tunggal monokotil dan tumbuhan dikotil 8 Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Tumbuhan DosenBiologi dosenbiologicomtumbuhanperbedaanmonokotildandikotil 12 Mei 2016 8 Perbedaan monokotil dan dikotil yang dibedakan berdasarkan kita bisa melihat daun mangga jambu atau nangka yang memang Tanaman monokotil memilki susunan tulang daun yang sejajar atau melengkung KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI NANGKA Materi Pertanian Artikel tentang tanaman nangka ini akan menjelaskan ciri ciri nangka Bentuk dari susunan tubuh luar atau morfologi tanaman nangka terdiri dari akar Bentuk biji nangka yaitu bulat lonjong berukuran kecil dan berkeping dua dikotil 60 Soal Essay Biologi Tentang Tumbuhan Dengan Jawaban 30 Okt 2019 Jawab tumbuhan berkeping satu monokotil contohnya jagung padi dan tebu Jawab tumbuhan berkeping dua dikotil contohnya mangga jeruk pada tumbuhan pemanjat untuk melekat pada kayu atau benda lainnya Jawab pohon jati pohon nangka pohon rambutan dan pohon mahoni Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Perbedaan dan Contohnya Pintar 1 Des 2019 Ciri pembeda Tumbuhan monokotil tumbuhan dikotil Bunga Umumnya bagian bunga berjumlah 2 4 dan 5 atau kelipatannya Euphorbiaceae getahgetahan contohnya.


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Nangka pohon nangka monokotil atau dikotil adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Nangka pohon nangka monokotil atau dikotil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit