Bisbul cara makan buah bisbul

21:06:02 Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan pnghslnya. Tanaman ini berkrbt dg kesemek & kayu hitam.
Nama ilmiahnya adl Diospyros blancoi A. DC., nmn sering dsbt dengan nm yang tdk sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adl buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ktk masak), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pd kulit buahnya yang berbulu halus), marit (Bahasa Thai), dan velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul merupakan tumbuhan yang sdng tingginya, 10-30 meter, mskpn umumnya hanyasktr 15 m atau kurang. Berbatang lurus, dg pepagan brwrn hitam atau kehitaman, diameter hngg 50 centimeter atau lebih di pangkal batang, bercabang krng lebih mendatar & bertngkt, dg tajuk keslrhn brbntk kerucut yg lebat dan rapat daun-daunnya shngg gelap di bgn dalamnya.
Daun-daun tersusun berseling, brbntk lonjong, 2,5-12 × 8-30 cm, bertepi rata, dengan pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sekitar 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, sprt kulit; sisi bwh berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda smp merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan tersusun dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek & trltk di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 centimeter, berbulu halus sprt beludru, coklat kemerahan kmdn merah terang & lalu agak kusam apabila masak, dg “topi” dari kelopak bunga yang tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mrp keju & durian, bg sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yg menyebutkan baunya mrp dengan kotoran kucing. Bj hingga 10 butir, berkulit kecoklatan, brbntk bj agak mrp keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 centimeter (di bgn tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tumbuh dengan baik di daerah tropika beriklim muson, pd brbg varietass tanah sampai dg ketinggian 800 m] dpl. Di Filipina, bisbul berbuah antara Juni-September; [nmn di Bogor buah tlh dapat dipetik antara Maret-Mei.
Pohon ini trtm ditnm untuk buahnya, yang dapat dimkn segar atau sbg campuran minuman & rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hngg hitam, bertekstur halus, kuat dan keras; di Filipina (dinamai kamagong)mrpkn bahan kerajinan yg berharga dan dilindungi oleh undang-undang. Karena tajuknya yg bgs,pohon bisbul juga kerap ditnm di taman-taman dan tepi jln.
Asal usul dan kerabat
Tanaman ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang banyak dari anggtnnya memiliki kayu yg berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jrng, kelompok ini diknl sebagai kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia ditemukanhdp liar di hutan-hutan primer & sekunder & jg dibddykan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di brbg negeri tropis, termasuk Indonesia.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Pasaman Simalungun Simeulue Merauke Kab. Lombok Utara Simeulue Kab. Sampang Kutai Barat Kab. Tegal Seluma Muna Parepare Kepulauan Talaud Lima Puluh Kota

Dan Kec lainnya Kec. Medan Petisah Kec. Kembang Kec. Rungkut Kec. Mungka Kec. Panca Rijang Cijambe Kec. Cijaku Kec. Wuluhan Kec. Sukmajaya Kec. Pakem Kec. Pademangan Kec. Panai Tengah Kec. Banda Alam Ulumunda Kec. Pohjentrek Kec. Tegalrejo Kec. Wonosari Kec. Jatiroto Kec. Padang Sidimpuan Timur Kec. Agimuga

Tag Bisbul cara makan buah bisbul

Tag search: cara makan buah bisbul Bisbul


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul cara makan buah bisbul adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul cara makan buah bisbul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit