Vanili tanaman vanili di indonesia

3:04:02 Vanili (Vanilla planifolia) adl tumbuhan pnghsl bubuk vanili yang biasa dijdkn pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Tmbuhan vanili dikn prtm kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tumbuhan trsbt. Nm daerah drI vanili adalah Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili
Btng tumbuhan vanili kira-kira sbsr jari, brwrn hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Pnjng rata-rata 15 cm. Tumbuhan melekat pada pohon atau tonggak yg telah disdkn.

Daun vanili mrpkn daun tunggal. Ltknya berselang-seling pada masing-masing buku. Warnanya hijau trng, dg kepanjangan 10-25 centimeter srt lbr 5-7 centimeter. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk setelah daun trsbt tua atau mengering, sdngkn pada wkt daun msh muda tidak jelas klhtn.

Rngkn bunga vanili adl bunga tandan yang terdr dr 15-20 bunga. Bunga keluar dr ketiak daun bg pucuk batang. Bntk bunganya duduk, brwrn hijau-biru agak pucat, pnjng 4-8 centimeter dan berbau agak wangi.

Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang trltk dalam dua lngkrn. Daun bunga bgn luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bgn dlm petal. Satu dari petalnya brbh bntk, menggulung seperti corong yg disebut bibir (rostelum).

Reproduksi
Di Meksiko tumbuhan vanili dapat berbuah krn ada serangga yg mmbnt penyerbukannya.

Putik pd bunga vanili trttp oleh bibir, sehingga pnyrbkn secara alamiah terhalang, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, ltknya lbh tngg daripada kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diletakkan disana akan segera menempel & terjadilah pembuahan.

Bunga vanili yg [tlh|telah} mekar hny dapat berthn satu hari. Jika bunga yang telah mekar itu tdk segera dikwnkn, akan layu & kmdn rontok. Oleh sbb itu harusssrng keliling kebun untk mengontrol perkmbngn vanili.

Saat yg baik untk mengawinkan bunga vanili adlpd pg hari. Hari-hari basah dan kering sekali tidak baik untk penyerbukan. Brhsl atau tdknya penyrbkn akan tampak setelah dua atau tiga hari. Bunga yang brhsll diserbuki akan brbh warnanya menjadi lbh pucat. Enam buah daun bunganya akan layu tetapi tangkai bunganya tetap mnmpl pada tandan bunga. Bunga yg tdk berhasil diserbuki akan gugur. Setelah terjadi pembuahan antara 10-15 buah, bunga pada tandan yg msh kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat mknn yg dihisap oleh tanaman diakumulasikan pd pmbntkn dan pembesaran buah.

Pada waktu bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 centimeter dengan garis tengah 5 mm. Satu minggu setelah penyrbkn bakal buah itu dpt mncp pnjng 8-10 cm. Lima minggu kemudian buah telah mencapai pnjng mksml 20-25 centimeter, dg garis tengah 1,5 cm. Stlh buah mencapai perkembangan yg maksimal, lima atau enam bln kemudian buah akan matang.

Wrn buah mula-mula hijau muda, kmdn hijau tua disertai dg garis-garis kuning mnjlng masak. Buah yg tlh masak brwrn coklat tua. Jika dibiarkan matang di pohon, buah akan pecah menjadi dua bgn, dan mybrkn aroma vanili. Biji buah kecil-kecil, banyak sekali jmlhnya, berwarna hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.




Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Jember Belitung Kab. Kuningan Kab. Bandung Barat Rokan Hulu Kab. Kuningan Jakarta Selatan Kota Cimahi Kab. Demak Kendari Jayapura Gayo Lues Buru Aceh Besar

Dan Kec lainnya Kec. Jepara Kec. Gempol Pamanukan Baras Kec. Cimahi Utara Kec. Pecangaan Kec. Bulukerto Kec. Kundur Barat Kec. Cigugur Kec. Pamulang Kec. Karangsambung Kec. Bola Kec. Gresik Kec. Sukodadi Kec. Banjarejo Kec. Puring Kec. Walea Besar Kec. Tambakdalam Kec. Larangan Kec. Cilamaya Kulon

Tag Vanili tanaman vanili di indonesia

Tag search: tanaman vanili di indonesia Vanili


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili tanaman vanili di indonesia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili tanaman vanili di indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit