Bisbul buah bisbul adalah

6:52:02 Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tanaman pnghslnya. Tanaman ini berkerabat dengan kesemek & kayu hitam.
Nm ilmiahnya adl Diospyros blancoi A. DC., namun sering dsbt dg nm yg tidak sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adl buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ktk masak), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pd kulit buahnya yang berbulu halus), marit (Bahasa Thai), dan velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul mrpkn tumbuhan yang sedang tingginya, 10-30 meter, meskipun umumnya hnysekitar 15 meter atau krng. Berbatang lurus, dengan pepagan brwrn hitam atau kehitaman, diameter hngg 50 centimeter atau lbh di pangkal batang, bercabang krng lbh mendatar dan bertngkt, dg tajuk keseluruhan berbentuk kerucut yg lebat & rapat daun-daunnya shngg gelap di bagian dlmnya.
Daun-daun tersusun berseling, berbentuk lonjong, 2,5-12 × 8-30 cm, bertepi rata, dengan pangkal membundar & ujung meruncing, bertangkai sekitar 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, sprt kulit; sisi bawah berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda smp merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan trssn dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan trltk di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 centimeter, berbulu halus sprt beludru, coklat kemerahan kemudian merah trng dan lalu agak kusam apabila masak, dg “topi” dari kelopak bunga yg tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat & berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju dan durian, bg sbgn orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang menyebutkan baunya mirip dengan kotoran kucing. Bj hingga 10 butir, berkulit kecoklatan, brbntk biji agak mrp keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 centimeter (di bgn tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tmbh dengan baik di daerah tropika beriklim muson, pd berbagai jenis tanah smp dg ketinggian 800 meter di Bogor buah tlh dpt dipetik antara Maret-Mei.
Pohon ini trtm ditanam untuk buahnya, yg dapat dimkn segar atau sebagai campuran minuman & rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hingga hitam, bertekstur halus, kuat dan keras; di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bhn kerajinan yg berharga dan dilndng oleh undang-undang. Krn tajuknya yang bgs,pohon bisbul jg kerap ditanam di taman-taman & tepi jalan.
Asal usul dan kerabat
Tanaman ini trmsk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yg banyak dr anggotanya mempunyai kayu yg berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jrng, klmpk ini diknl sbg kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia ditemukanhidup liar di hutan-hutan primer & sekunder dan juga dibudidayakan di pekarangan. Kini bisbul tlh mnybr di brbg negeri tropis, termasuk Indonesia.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kota Salatiga Belitung Timur Barito Kuala Kab. Probolinggo Bangka Tengah Barito Kuala Mamberamo Raya Samosir Halmahera Barat Banjar Kab. Boalemo Kab. Mojokerto Padang Bolaang Mongondow

Dan Kec lainnya Kec. Subang Kec. Sambi Kerep Kec. Ikrar Kec. Cidadap Kec. Garung Kec. Taman Pasangkayu Leihitu Kec. Sorkam Barat Kec. Winong Kec. Susukan Kec. Purwodadi Kec. Gunung Kencana Toho Kec. Ngasem Kec. Krian Kec. Massamba Kec. Pagaran Kec. Padaherang Kec. Tambakdalam

Tag Bisbul buah bisbul adalah

Tag search: buah bisbul adalah Bisbul


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul buah bisbul adalah adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul buah bisbul adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit