Cermai buah cermai siam

5:44:01

Ceremai, cereme atau cerme adalah nm semacam tumbuhan dg buahnya sekali. Buah yang masam ini diknl pula dg nama-nama lain seperti ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) & lain-lain. Dlm bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yg lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

 

Pemerian
Perdu atau pohon kecil dengan ketnggn smp 9 m, brcbng rendah & renggang. Sepintas, tumbuhan cerme bkn tidak mirip dg pohon belimbing wuluh.
Daun tunggal, bundar telur dg ujung runcing, pnjng 2-7 centimeter, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.
Bunga-bunganya brklmn tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hngg 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hngg 2,5 centimeter, bergantungan sndr atau dlm untaian. Daging buah keputihan, masam dan bnyk berair, di tengahnya trdpt inti yang keras dg 4-6 btr bj.

 

Manfaat
Buah cerme sering dimakan sgr dg dicmpr gula, garam atau dirujak. Cerme juga krp dibuat manisan, dirbs (disetup) atau dibuat minuman pnygr. Daun mudanya dgnkn sbg lalap.
Daun dan bj dr tanaman ini memiliki khasiat untk kesehatan.[2] Daunnya untuk batuk berdahak, mngrskn badan, mual, kanker & sariawan.[2] Sdngkn bjnya untk sembelit dan mual.[2] Rebusan akar cerme dgnkn untk mrngkn asma & mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak jg dihasilkan dr kulit akarnya.
Tumbuhan cerme kerap ditanam sebagai peneduh atau penghias hlmn dan taman. Pohon ini bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis, menyukai tempat yang lembap smp ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Cerme bisa dibiakkan melalui biji atau stek.

 

Jenis berkerabat
Cerme brkrbt dkt dengan tanaman malaka (Phyllanthus emblica) dan meniran (P. niruri); keduanya adl tanaman yang berkhasiat obat.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Sintang Jakarta Selatan Kab. Manggarai Barat Kota Bekasi Barito Utara Kab. Manggarai Barat Kerinci Lingga Aceh Utara Kab. Batang Kampar Belitung Aceh Jaya Buru Selatan

Dan Kec lainnya Kec. Grobogan Kec. Sambeng Kec. Hero Lange-Lange Kec. Sooko Kec. Wenang Kec. Simpang Kiri Kec. Bangun Purba Kec. Baktiya Barat Kec. Kalianda Kec. Ciranjang Kec. Sampaga Hulu Kec. Curug Kec. Luhak Kec. Ampibabo Kec. Banyu Urip Kec. Bojong Loa Kidul Kec. Adimulyo Kec. Tanjung Karang Pusat Kec. Warungpring Kec. Halongonan

Tag Cermai buah cermai siam

Tag search: buah cermai siam Cermai


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cermai buah cermai siam adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cermai buah cermai siam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit