Zaitun tanaman zaitun di indonesia

10:36:01 Zaitun (Olea europaea) adl tanaman kecil thnn & hijau abadi, yang buah mudanya dpt dimakan mnth ataupun ssdh diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yg tua diperas & minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat diprgnkn untuk berbagai jenis keperluan. Zaitun adl anggota suku Oleaceae.

Ciri-ciri
Tanaman zaitun mempunyai ciri-ciri di antaranya:

• tmbh sbg pohon atau perdu hijau abadi mempunyai bunga brbntk lonceng

• pendek & gemuk, tingginya jarang melebihi 8–15 meter(26–49 ft), kecuali varietasPisciottana yang lebih besar & tinggi

• daun tunggaldg kedudukan berhadapan tnp daun penumpu, berwarna hijau keperakan, brbntk lonjong dg panjang 4–10 cm(1,6–3,9 in) dan lebar 1–3 centimeter (0,39–1,18 in)

• batang keriput & terpelintir

• bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga kecil-kecil berwarna putih berbulu, dg calyx & corolla berbelah sepuluh, dua stamendan stigma bifid , biasanya tumbuh pada kayu tahun sblmnya

• buahnya kecil brp buah batu (drupe), pnjngnya 1–2,5 cm (0,39–0,98 in) dengan biji mempunyai endosperma. Buahnya berukuran lbh kurus dan kecil pd tumbuhan liar dibndngkn pd pmbddyaan.

Zaitun mulai berbuah saat berumur lima thn dan usianya dpt mencapai ribuan tahun, shngg yang tdnya perdu tlh mnjd pohon bsr.Tanaman zaitun yang berumr ribuan tahun di antaranya prnh ditmkn di Palestina yang brthn hidup hngg 2000 thn.

Zaitun dipanen pada waktu masih hijau smp sudah brwrn ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mungkin mengandung bahan kimia (biasanya fero sulfat) yg mnjdknnya berwarna hitam scr buatan. Biji Olea europaea biasanya dalam bahasa Inggris di Amerika dsbt pit atau rock, sdngkn di Inggris sbg stone, semuanya bermakna "batu".

Distribusi

Distribusinya mlpt daerah-daerah iklim panas smp iklim sdng. Kbnykn varietasnya dapatditemui di Asia, Afrika dan daerah Laut Tengah. Varietas Pisciottana, yang terdiri dari 40.000 tanaman, hny ditmkn di daerah sekitar Pisciotta, Campania, di wilayah selatan Italia, tingginya melebihi rata-rata zaitun di tempat lain, srt batangnya lbh bsr diameternya. Tanaman ini msh berkrbt dengan melati (Jasminum sambac).

Taksonomi

Diknl enam subspesies alami Olea europaea yang trsbr di wlyh luas:[1][2]

• Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)lOlea europaea subsp. cuspidata (dari Afrika Selatan sampai Afrika Timur, Arabia sampai Barat DayaTiongkok)

• Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)

• Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)

• Olea europaea subsp. maroccana Maroko

• Olea europaea subsp. laperrinei (Aljazair, Sudan, Niger)

Subspecies maroccana adl heksaploid sedangkan cerasiformis tetraploid.[3]

Bntk tumbuhan liar seringkali dianggap spesies trsndr dengan nama ilmiah Olea oleaster.

Simbol dan manfaat

Tangkai zaitun berdaun sng dipakai sebagai lambang perdamaian dan tlh lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Di dalam masyarakat ini dahan zaitun mnjd lmbng perdamaian & tlh ditnm sjk ratusan thn yang lalu untk [diambl|diambil} buahnya yang sedap. dari filosofi tersebut dapat kita ambl intisari bhw dg tmbhnya zaitun akn mmbw perdamaian.

Banyak mnft dr pohon zaitun ini. Selain buahnya yg enak, kayu dari pohon zaitun jg sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimkn buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap mknn. Apbl diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat dignkn sbg bumbu salad dan blkngn banyak digunakan untuk bhn kosmetik yg dpt mnjg kelembaban dan kekencangan kulit shngg dipercaya dpt mnjdkn kulit awet muda.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Batubara Dumai Takalar Rokan Hulu Binjai Takalar Lubuklinggau Kab. Dompu Jakarta Pusat Tanjung Pinang Mamberamo Tengah Kota Blitar Supiori Belitung Timur

Dan Kec lainnya Kec. Sawahan Kec. Curug Kec. Kerinci Kanan Kec. Wates Kec. Padang Kec. Jatipurno Kec. Kersana Kec. Pohjentrek Kec. Bringin Kec. Tempuran Kec. Paseh Kec. Labuhan Haji Timur Kec. Sumber Malang Kec. Tajinan Kec. Tapak Tuan Kec. Ujung Pangkah Kec. Sei Suka Kec. Pagerbarang Kec. Birem Bayeun Kec. Cijati

Tag Zaitun tanaman zaitun di indonesia

Tag search: tanaman zaitun di indonesia Zaitun


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Zaitun tanaman zaitun di indonesia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Zaitun tanaman zaitun di indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit