Kepel khasiat buah kepel

18:42:03 Tanaman kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah tumbuhan pnghsl buah hidangan meja yg mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yang jg diknl sebagai Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn diprcy menyebabkan keringat beraroma wangi & membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun scrserentak, tingginya mencapai 25 meter. Tajuknya teratur berbentuk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dg percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mcp 40cm,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yg scr khas tertutup oleh bnyk benjolan yg besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong sampai bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) centmeter × (5-9) centmeter, brwrn hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 centmeter panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna hijau kemudian berubah mnjd keputih-putihan, mncl pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas & di cabang-cabang yg lebih tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mencapai 1 centmeter; bunga betinanya hanya berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 cm. Buahnya dg 1-13lembar daun buah bertipe mrp buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mencapai 8 cm; daun buah yang masak hamper bulat bentuknya, brwrn kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 centmeter, perikarpnya brwrn coklat, berisi sari buah, dapat dimkn. Bijinya berbentuk menjorong, berjumlah 4-6 butir, pnjngnya sktr 3 cm, berat segar 62-105 g, serta bagian yg dapat dimakan sbnyk 49% dan bjnya 27% dari berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yg matang dimakan dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yg berwarna jingga & mengandung sari buah itu mmbrkn aroma sprt bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, dan napas). dlm pengobatan, daging buahnya berfngs sebagaipeluruh kencing, mncgh radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sebagaiparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional trbts di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus setelah direndam bbrp bulan dlm air, digunakan untuk bhn bangunan rumah &dibrtkn tahan lbh dr 50 tahun. Kepel merupakan tanaman hias pohon yg indah, daunnya yang mncl scr serentak berubah dari merah muda pucat mnjd merah keunguan sebelum brbh lg menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dg banyak cabang lateral yg trssn secara sistematik, dan sifatnya yg kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tumbuh liar pada tanah lembap & dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibddykn sebagai tanaman buah pd ketinggian mncp 600 m dpl, & mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tmpt itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diperbanyak dari biji yg diambil dr buah masak dan disemaikan secepatnya. Penyetekan dan pencangkokan sudah prnh dicoba, ttp tidak brhsl. Benihnya dibrshkn dg jln dicuci dan dikrngkn di tempat teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, ttp perkecambahannya masih membutuhkan waktu bbrp bulan. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi juga. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tidak bercabang untuk beberapa waktu. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pd saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dalam pot.Ketika tingginya mencapai 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jrk tanam 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) brlngsng selama 6-9 thn.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Blm ada lprn mengenai hama dan penyakit yg berbahaya, tetapi pohonnya hrs dijaga dr srngn kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap masak bila digores kulitnya trlht bagian bwhnya berwarna kuning atau coklat muda (jika brwrn hijau, buah msh blm matang). untk mnjg kualitas, buah kepel dibungkus 1-2 bulan sblm dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dalam keranjang atau karung & hendaknya diperlakukan dg hati-hati; buah kepel dapat brthn disimpan 2-3 minggu pada suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Tebing Tinggi Kab. Kendal Kab. Sumba Barat Daya Siak Sorong Selatan Kab. Sumba Barat Daya Kab. Garut Tanjung Jabung Timur Kab. Sumbawa Bengkulu Tengah Bolaang Mongondow Timur Kepulauan Talaud Aceh Singkil Halmahera Selatan

Dan Kec lainnya Kec. Pegeruyung Kec. Nibong Kec. Pulau Laut Utara Kec. Karangpenang Kec. Haranggaol Horisan Kec. Terangon Kec. Sragi Kec. Doko Kec. Batuputih Kec. Dukuh Pakis Kec. Tamanan Kec. Cijaku Kec. Moyohulu Kec. Kamu Selatan Kec. Matangkuli Kec. Nalumsari Kec. Mimika Barat Tengah Kec. Bandar Khalifah Waplau Kec. Tlogosari

Tag Kepel khasiat buah kepel

Tag search: khasiat buah kepel Kepel ..Kepel Sekepal Buahnya Banyak Manfaatnya Inibaruid herbalicious kepelsekepalbuahnyabanyakma20171224 Sebagai panduan untuk kamu berikut manfaat dan khasiat buah kepel seperti dinukil dari laman khasiatcoid Obat radang ginjal Khasiat Manfaat Buah Kepel sebagai Tanaman Langka di Indonesia kesehatan UnikManfaat buah kepel bagi tubuh sangat banyak buah Kepel adalah tanaman langka di Indonesia karena dulu buah ini merupakan buah kalangan KeratonBuah Kepel Stelechocarpus burahol Kegemaran Putri Keraton web beritaevent buahkepelstelechocarpusbuGaragara tidak merakyat kepel atau burahol menjadi tanaman langka Daging buah kepel dipercaya mempunyai khasiat memperlancar air kencingManfaat Buah KepelBuah Kegemaran Putri Raja Pengganti watch20191120 Buah Kepel dengan nama latin STELECHOCARPUS BURAHOL ini ternyata Trukm 155Paskelbta 20191120Kepel Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas wiki KepelTumbuhan kepel atau burahol Stelechocarpus burahol adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah IstimewaDaun Kepel Manfaat dan Khasiat Daun Kepel Bunga Bunga daunkepel20190923 Daun Kepel Kepel adalah nama pohon dan buah dengan nama ilmiah Stelechocarpus burahol Tumbuhan penghasil buah yang selaluBuah kepel bisa menghilangkan bau mulut Beritagar artikel sainstekno buahkepelbisamenghilangkan20180128 Ilmuwan Universitas Indonesia mengungkap kegunaan ekstrak buah kepel sebagai penghilang bau mulutBuah Kepel Kegemaran Putri Keraton Joglo Ki Penjawi Facebook KiPenjawiJoglo posts buahkepelkegemarKepel atau burahol menjadi tanaman langka Bagi anda yang ingin berbuka Buah Kepel ini memiliki banyak Manfaat dan khasiatnya Berikut Manfaat Buah .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel khasiat buah kepel adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

1 Komentar untuk "Kepel khasiat buah kepel"

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan

    rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit