Mangga d mangaka

14:38:01 Mangga atau mempelam adalah nama sjns buah, demikian pula nm pohonnya. Mangga trmsk ke dalam marga Mangifera, yg trdr dr 35-40 anggota & suku Anacardiaceae. nm ilmiahnya adalah Mangifera indica.nm ini kira-kira mngndng arti: “(pohon) yg berbuah mangga, berasal dari India”.

Pohon mangga termasuk tanaman tngkt tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tanaman berkayu yg memiliki tinggi btnglebih dari 5 meter. Mangga bisa mncp tinggi antara 10 hngg 40m..
nm "mangga" berasal dr bhs Malayalam maanga. Kata ini dbw ke Eropa oleh orang-orang Portugis & diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) & lain-lain.

Berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dg Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekrng-kurangnya smnjk 1500 thn yang silam. Buah ini dikenal pula dlm brbg bhs daerah, besar pelem ataupoh (Jw.).
Pemeliharaan
Pohon mangga berperawakan bsr, dpt mencapai tinggi 40 meter atau lebih, meski kbnykn mangga peliharaan hny sktr 10 m atau krng. Batang mangga tegak, bercabang agak kuat; dengan daun-daun lebatmmbntk tajuk yg indah berbentuk kubah, oval atau memanjang, dg diameter sampai 10 meter. Kulit batangnya tebal & kasar dengan banyak celah-celah kecil & sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna pepagan (kulit batang) yg sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua smp hamper hitam.
Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bs mncp 6 meter. Akar cabang makin ke bwh semakin sdkt, paling bnyk akar cabang pd kedalaman lbh krng 30–60 centimeter.
Daun tunggal, dg ltk tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun bervariasi dr 1,25-12,5 centimeter, bgn pangkalnya membesar dan pd sisi sebelah atas ada alurnya. Aturan letak daun pd batang biasanya 3/8, ttp mkn mendekati ujung, letaknya mkn berdekatan shngg tampaknya besar dlm lingkaran (roset).

Helai daun bervariasi nmn kebnykan brbntk jorong smp lanset, 2-10 × 8–40 menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah brwrn hijau muda. Umur daun bs mncp 1 tahun atau lbh.
Bunga

Berumah satu (monoecious), bunga mangga mrpkn bunga majemuk yg berkarang dalam malai bercabang banyak di ujung ranting. Karangan bunga biasanya berbulu, ttp sebagian ada jg yang gundul, kuning kehijauan, sampai 40 centimeter panjangnya. Bunga majemuk ini terdiri dari sumbu utama yg memiliki bnyk cabang utama. Setiap cabang utama ini mempunyai banyak cabang-cabang, yakni cabang kedua. Ada kemungkinancabang bunga kedua ini memiliki suatu kelompok yg terdiri dari 3 bunga atau mempunyai cabang tiga. Setiap klmpk tiga bunga terdiri dr tiga kuntum bunga dan setiap kuntum bertangkai pendek dengan daun kecil. Jumlah bunga pada setiap bunga majemuk bisa mencapai 1000-6000.
Bunga-bunga dalam karangan berkelamin cmprn, ada yang jantan & ada pula yg hermafrodit (berkelamin dua). Besarnya bunga lbh kurang 6–8 mm. Bunga jantan lebih bnyk drpada bunga hermafrodit, dan jumlah bunga hermafrodit inilah yang menentukan terbentuknya buah. Persentase bunga hermafrodit bermacam-macam, tergantung dari jenisnya, yaitu antara 1,25%-77,9%; smntr yg memiliki bakal buah normal kira-kira 5-10%.
Bunga mangga biasanya bertangkai pende, jrng sekali yang bertangkai panjang, & berbau harum. Kelopak bunga biasanya bertaju 5; dmkn juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga, tetapi kadang-kadang ada yang 4 smp 8. Warnanya kuning pucat, sedangkan pd bagian tengahterdapat garis timbul berjumlah 3 smp 5 yg warnanya sedikit tua. bgn tepi daun mahkota berwarna putih. pd waktu akan layu, wrn mahkota bunga tadi menjadi kemerahan.
Benang sari berjmlh 5 buah, tetapi yg subur hanya satu atau dua buah sedangakan yang lainnya steril. Benang sari yang subur biasanya hamper sama panjang dengan putik, yakni kira-kira 2 mm, sedangakan yg steril lbh pendek. Kepala putik berwarna kemerah-merahan & akan berubah warna mnjd ungu pada waktu kepala sari membuka untk mmbr kesempatankepada tepung sari yang telah dewasa untk menyerbuki kepala putik. Bntk tepung sari biasanya bulat panjang, lbh krng 20-35 mikron.

Bakal buahnya tdk bertangkai & terdpt dalam suatu ruangan, serta terletak pd suatu piringan. Tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdpt kepala putik yg bntknya sederhana. dlm suatu bunga kkadang-kadangterdapat tiga bakal buah.
Buah

Buah mangga termasuk klmpk buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran & bentuk yg sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hngg lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5–30 cm. pada bagian ujung buah, ada bgn yang runcing yg disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yang membengkok yang dsbt sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.
Kulit buah agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila matang. Daging buah jika matang berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis smp masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Bj berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu & berserat. Biji ini terdiri dari dua keping; ada yg monoembrional dan ada pula yg poliembrional.
Kandungan Gizi Buah Mangga
Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g(3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%). Persentase yg relatif ke US saran untuk orang dewasa.[1]

Hasil & kegunaan
Mangga terutm ditnm untuk buahnya. Buah yg matang umum dimakan dlm keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dlm bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga jg diolah sebagaimanisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di berbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijdkn cmprn sambal atau masakan ikan & daging.
Biji mangga dpt dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijadikan bhn pangan pd masa paceklik. Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran. Kayu mangga cukup kuat, keras & mudah dikrjkn; namun kurang awet untuk penggunaan di luar. Kayu ini juga dapat dijdkn arang yg baik.
Daun mangga mngndng senyawa organik tarakserol-3beta & ekstrak etil asetat yg bersinergis dg insulinmengaktivasi GLUT4, dan menstimulasi sintesis glikogen, sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia.[2]
Mangga terutama dihasilkan oleh negara-negara India, Tiongkok, Meksiko, Thailand, Pakistan, Indonesia, Brasil,Filipina, dan Bangladesh. Total produksi dunia pada tahun ‘80an sekitar 15 juta ton, nmn hanya sekitar 90.000 ton (1985) yg diperdagangkan di tingkat dunia. Artinya, sebgn besar mangga dikonsumsi scr lokal.
Sementara itu pasar utama mangga adalah Asia Tenggara, Eropa, Amerika Serikat dan Jepang. Singapura, Hong Kongdan Jepang mrpkn pengimpor yangterbsr di Asia.
Mangga memiliki nilai-nilai kultural yg tinggi, khususnya di pelbagai negara di Asia bagian selatan. Di Filipina, buah ini merupakan simbol nasional. dalam kitab suci Weda agama Hindu, mangga dianggap sbg “hidangan para dewa”. Daun-daun mangga kerap digunakan secara ritual dalam dekorasi upacara perkawinan atau keagamaan Hindu.
Jenis yang berkerabat
Mangga sekerabat dg bacang (M. foetida), kemang (M. kemanga), kuweni (M. odorata), kasturi dan bnyk lagi. Daftar kerabat mangga selengkapnya dpt dilihat pada uraian mengenai marga Mangifera.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Sumbawa Barat Kota Madiun Batubara Indragiri Hilir Kab. Bangkalan Batubara Ogan Komering Ulu Timur Sorong Simeulue Pangkajene dan Kepulauan Kulon Progo Kab. Sintang Seram Bagian Timur Kab. Indramayu

Dan Kec lainnya Kec. Lakbok Kec. Kawalu Kec. Padas Kec. Panarukan Kec. Sukorame Kec. Tegal Timur Kec. Talang Kec. Kragan Kec. Ligung Kec. Tebing Tinggi Kec. Pekutatan Kec. Randuagung Kec. Binakal Kec. Pulo Aceh Kec. Salawu Kec. Tompobulu Kec. Talun Salahutu Kec. Habinsaran Kec. Kradenan

Tag Mangga d mangaka

Tag search: d mangaka Mangga


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mangga d mangaka adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mangga d mangaka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit