Mangga kwetiau 78 mangga besar

11:40:02 Mangga atau mempelam adalah nm sjns buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga trmsk ke dlm marga Mangifera, yg terdiri dr 35-40 anggota & suku Anacardiaceae. nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.nm ini kr-kr mengandung arti: “(pohon) yg berbuah mangga, berasal dr India”.

Pohon mangga trmsk tumbuhan tngkt tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yg mempunyai tinggi btnglbh dr 5 m. Mangga bisa mncp tinggi antara 10 hngg 40m..
nama "mangga" berasal dari bahasa Malayalam maanga. Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis & diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain.

Berasal dari daerah di sktr perbatasan India dg Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekrng-kurangnya smnjk 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dlm brbg bahasa daerah, sprt pelem ataupoh (Jw.).
Pemeliharaan
Tanaman mangga berperawakan besar, dpt mncp tinggi 40 m atau lebih, meski kbnykn mangga peliharaan hny sktr 10 meter atau krng. Batang mangga tegak, bercabang agak kuat; dengan daun-daun lebatmembentuk tajuk yg indah berbentuk kubah, oval atau memanjang, dg diameter smp 10 meter. Kulit batangnya tbl dan kasar dengan bnyk celah-celah kecil & sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna pepagan (kulit batang) yg sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua smp hmpr hitam.
Mangga berakar tunggang yg bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6 m. Akar cabang makin ke bwh semakin sedikit, paling bnyk akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30–60 centimeter.
Daun tunggal, dengan ltk tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun bervariasi dr 1,25-12,5 cm, bgn pangkalnya membesar dan pd sisi sblh atas ada alurnya. Aturan letak daun pd batang biasanya 3/8, ttp makin mendekati ujung, letaknya makin berdekatan sehingga tampaknya sprt dalam lingkaran (roset).

Helai daun bervariasi namun banyakan berbentuk jorong smp lanset, 2-10 × 8–40 menjadi hijau mengkilat, sedangkan bgn permukaan bawah berwarna hijau muda. Umur daun bisa mncp 1 tahun atau lbh.
Bunga

Berumah satu (monoecious), bunga mangga mrpkn bunga majemuk yg berkarang dalam malai bercabang bnyk di ujung ranting. Karangan bunga biasanya berbulu, tetapi sebagian ada juga yg gundul, kuning kehijauan, sampai 40 centimeter panjangnya. Bunga majemuk ini terdiri dari sumbu utama yang memiliki banyak cabang utama. Setiap cabang utama ini mempunyai bnyk cabang-cabang, yakni cabang kedua. Ada kemungkinancabang bunga kedua ini memiliki suatu klmpk yg terdiri dr 3 bunga atau mempunyai cabang tiga. Setiap klmpk tiga bunga terdiri dr tiga kuntum bunga & setiap kuntum bertangkai pendek dengan daun kecil. Jumlah bunga pd setiap bunga majemuk bs mencapai 1000-6000.
Bunga-bunga dalam karangan berkelamin cmprn, ada yg jantan dan ada pula yang hermafrodit (berkelamin dua). Besarnya bunga lbh kurang 6–8 mm. Bunga jantan lbh banyak daripada bunga hermafrodit, dan jmlh bunga hermafrodit inilah yang menentukan terbentuknya buah. Persentase bunga hermafrodit bermacam-macam, tergantung dr jenisnya, yaitu antara 1,25%-77,9%; sementara yg memiliki bakal buah normal kira-kira 5-10%.
Bunga mangga biasanya bertangkai pende, jrng sekali yg bertangkai panjang, dan berbau wangi. Kelopak bunga biasanya bertaju 5; demikian juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga, ttp kadang-kadang ada yg 4 sampai 8. Warnanya kuning pucat, sedangkan pd bagian tengahterdapat garis timbul berjumlah 3 smp 5 yang warnanya sedikit tua. bgn tepi daun mahkota berwarna putih. pada wkt akan layu, warna mahkota bunga tadi mnjd kemerahan.
Benang sari berjmlh 5 buah, tetapi yg subur hny satu atau dua buah sedangakan yang lainnya steril. Benang sari yang subur biasanya hmpr sama panjang dengan putik, yakni kira-kira 2 mm, sedangakan yg steril lebih pendek. Kepala putik berwarna kemerah-merahan dan akan berubah warna mnjd ungu pd waktu kepala sari membuka untk member ksmptnkepd tepung sari yg tlh dewasa untk menyerbuki kepala putik. Bentuk tepung sari biasanya bulat panjang, lbh kurang 20-35 mikron.

Bakal buahnya tidak bertangkai dan terdapat dalam suatu ruangan, serta terletak pd suatu piringan. Tangkai putik mulai dr tepi bakal buah dan ujungnya terdpt kepala putik yang bentuknya sederhana. dlm suatu bunga kkadang-kadangterdpt tiga bakal buah.
Buah

Buah mangga trmsk klmpk buah batu (drupa) yg berdaging, dg ukuran & bentuk yang sngt berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hngg lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5–30 cm. pada bagian ujung buah, ada bagian yg runcing yg disebut paruh. Di atas paruh ada bgn yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bgn perut.
Kulit buah agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila matang. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tdk, manis smp masam dg banyak air dan berbau kuat smp lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yg tebal, mengayu & berserat. Biji ini terdiri dr dua keping; ada yang monoembrional & ada pula yang poliembrional.
Kandungan Gizi Buah Mangga
Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g(3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%). Persentase yg relatif ke US saran untuk orang dewasa.[1]

Hasil & kegunaan
Mangga terutm ditanam untk buahnya. Buah yg matang umum dimakan dalam keadaan segar, sbg buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yg muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan stlh dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga uga diolah sebagaimanisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di brbg daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijdkn campuran sambal atau masakan ikan dan daging.
Biji mangga dpt dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijdkn bahan pangan pd masa paceklik. Daun mudanya dilalap atau dijdkn sayuran. Kayu mangga cukup kuat, keras & mudah dikrjkn; nmn kurang awet untk penggunaan di luar. Kayu ini juga dapat dijdkn arang yang baik.
Daun mangga mngndng senyawa organik tarakserol-3beta dan ekstrak etil asetat yg bersinergis dg insulinmengaktivasi GLUT4, & menstimulasi sintesis glikogen, shngg dapat menurunkan gejala hiperglisemia.[2]
Mangga terutama dihslkn oleh negara-negara India, Tiongkok, Meksiko, Thailand, Pakistan, Indonesia, Brasil,Filipina, dan Bangladesh. Total produksi dunia pada tahun ‘80an sekitar 15 juta ton, namun hny sktr 90.000 ton (1985) yang diperdagangkan di tingkat dunia. Artinya, sebagian besar mangga dikonsumsi scr lokal.
Smntritu pasar utama mangga adalah Asia Tenggara, Eropa, Amerika Serikat & Jepang. Singapura, Hong Kong& Jepang mrpkn pengimpor ygterbesar di Asia.
Mangga memiliki nilai-nilai kultural yang tinggi, khususnya di pelbagai negara di Asia bgn selatan. Di Filipina, buah ini merupakan simbol nasional. dalam kitab suci Weda agama Hindu, mangga dianggap sebagai “hidangan para dewa”. Daun-daun mangga kerap digunakan secara ritual dalam dekorasi upacara perkawinan atau keagamaan Hindu.
Jenis yg berkerabat
Mangga sekerabat dg bacang (M. foetida), kemang (M. kemanga), kuweni (M. odorata), kasturi dan banyak lagi. Daftar kerabat mangga selengkapnya dpt dilihat pada uraian mengenai marga Mangifera.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Indragiri Hilir Jembrana Kepulauan Yapen Sibolga Buton Kepulauan Yapen Kota Cirebon Klungkung Pulau Morotai Kota Kupang Muna Padang Lawas Pariaman Bolaang Mongondow Utara

Dan Kec lainnya Kec. Taman Kec. Cibeureum Kec. Padang Sidimpuan Timur Kec. Pangkajene Kec. Mojoroto Kec. Warungpring Kec. Weru Kec. Payakumbuh Kec. Sidareja Kec. Cikadu Kec. Panceng Kec. Kemalang Kec. Pati Kec. Gunung Megang Kec. Batang Lobu Sutam Kec. Purwosari Kec. Silaen Kec. Cerme Kec. Culamega Kec. Sirombu



Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mangga kwetiau 78 mangga besar adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mangga kwetiau 78 mangga besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit