Kersen buah kersen untuk diabetes

9:05:02 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sklgs buahnya yang kecil dan manis brwrn merah cerah. Di bbrp daerah, sprt di Jakarta, buah ini jg dinamai ceri (untk ceri yang sebenarnya, lht artikel ceri).

Dalam Bahasa Madura, buah ini dsbt "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di bbrp negara adl datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Juga dikenal sbg capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, & Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalambahasa Indonesia atau ada yg mnybtnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksidan alami sehingga bs mnghmbt pertumbuhan sel kanker dlm tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto mnjd teh herbal. Dikemas dalam botol siapminum, teh daun Kersen ini mnjd minuman herbal ygdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 m, meski umumnya hny sekitar 3-6 meter saja. Hijau abadidan terus menerus berbunga & berbuah sepanjang tahun.
Cabang-cabang mndtr, menggntng di ujungnya; mmbntk naungan yg rindang. Ranting-ranting berambut hls bercampur dg rambut kelenjar; demikian pula daunnya.
Daun-daun trltk mndtr, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sebelah meruncing bentuk benang, lk. 0,5 cm, agak lama lalu mengering dan rontok, sementara sebelah lagi rudimenter.

Bunga dalam berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, trltk di ketiak agak di sblh atas tumbuhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua & berbilangan 5; kelopak berbagi dlm, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari brjmlh bnyk, 10 sampai lebih dr 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; nmn stlh mnjd buah menggntng ke bwh, tersembunyi di bwh helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang mnjd buah dalam tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai pnjng, bulat hmpr sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning & akhirnya merah apblmasak, bermahkota sisa tangkai putik yg tidak rontok serupa bintang hitam bersudut lima. Berisi bbrp ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging & sari buah yang manis skl.

Selain itu, buah kersen juga dapat dgnkn untk obat penyakit asam urat, diabetes, & msh banyak lagi.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung & codot. Anak-anak sekolah sering memanjat pohonnya, mngglkan bekas-bekas brp ranting yg berpatahan dan kulit batang yg terklps. Buah ini jg dpt dijdkn selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di psr.Pohon kersen di Indonesia mdh ditemukan. Biasanya pohon ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak & mdh kering, sngt brgn sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yg mdh dikupas dgnkn sbg bhn tali dan kain pembalut. Daunnya dapat dijdkn semacam teh.

Burung-burung pmkn buah, sprt kelompok merbah dan burung cabe, srng mngnjng pohon ini di wkt siang untk memakan buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pmkn buah yg dating dengan tjn yg sama. Bj kersen tdk tercerna oleh burung dan codot, krn itu kedua klmpk hewan ini sekaligus bfngs sbg pemencar bjnya.

Pohon kersen khususnya brgn sebagai pohon peneduh di pinggir jln. Tanaman kecil ini awalnya sering tmbh sbg semai liar di tepi jln, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, & akhirnya tmbhdg cpt –biasanya dibiarkan saja– mmbsr sebagai pohon naungan. Sbb itulah pohon kersen acapkali ditemukan di hwilayah perkotaan yang ramai dan padat, di tepi trotoar & lahan parkir, di tepi sungai yg tidak terurus atau di tempat-tempat yang biasa krng berkpnjngn.

Krn sifat-sifat & daya tahannya itu, kersen menjadi slh satu tanaman pionir yang paling banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah smp ke Peru dan Bolivia), kersen dibw msk ke Filipina pd akhir abad-19, & lalu dg cpt mnybr di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kota Bandung Aceh Barat Daya Nias Selatan Muna Yalimo Nias Selatan Bangka Selatan Kab. Bima Gowa Buru Murung Raya Jayapura Kab. Kapuas Hulu Luwu Timur

Dan Kec lainnya Tapalang Barat Kec. Bumijawa Kec. Maron Kec. Compreng Kec. Wedi Kec. Mojoanyar Kec. Cikande Kec. Srengat Kec. Sarirejo Kec. Balapulang Kec. Ambulu Kec. Robatal Kec. Kokap Kec. Kayen Kidul Kec. Prambon Kec. Wonoboyo Kec. Pulau Laut Timur Kec. Batam Kota Kec. Afulu Kec. Kebasen



Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen buah kersen untuk diabetes adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen buah kersen untuk diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit