Bisbul cara makan buah bisbul

19:55:02 Bisbul adalah nm sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya. Tanaman ini berkerabat dg kesemek & kayu hitam.
Nama ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC., namunsrng disebut dengan nama yg tidak sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adl buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pd daging buahnya ktk masak), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pada kulit buahnya yang berbulu halus), marit (Bahasa Thai), & velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul mrpkn tumbuhan yang sedang tingginya, 10-30 m, mskpn umumnya hnysekitar 15 meter atau kurang. Berbatang lurus, dg pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hngg 50 centimeter atau lbh di pangkal batang, bercabang krng lebih mendatar & bertngkt, dg tajuk keslrhn brbntk kerucut yg lebat dan rapat daun-daunnya shngg gelap di bgn dlmnya.
Daun-daun tersusun berseling, berbentuk lonjong, 2,5-12 × 8-30 centimeter, bertepi rata, dg pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sekitar 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, sprt kulit; sisi bwh berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda sampai merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan trssn dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan trltk di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 cm, berbulu halus seperti beludru, coklat kemerahan kemudian merah trng & lalu agak kusam apabila masak, dg “topi” dari kelopak bunga yg tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras & padat, agak kering, manis agak sepat & berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju dan durian, bagi sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang mnybtkan baunya mrp dengan kotoran kucing. Biji hngg 10 butir, berkulit kecoklatan, berbentuk bj agak mirip keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 centimeter (di bgn tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tmbh dg baik di daerah tropika beriklim muson, pd berbagai varietass tanah sampai dengan ketinggian 800 m] dpl. Di Filipina, bisbul berbuah antara Juni-September; [nmn di Bogor buah tlh dapat dipetik antara Maret-Mei.
Pohon ini trtm ditanam untuk buahnya, yg dpt dimkn segar atau sbg campuran mnmn dan rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hngg hitam, bertekstur hls, kuat & keras; di Filipina (dinamai kamagong)mrpkn bahan kerajinan yg berharga dan dilndng oleh undang-undang. Krn tajuknya yg bgs,tanaman bisbul juga kerap ditanam di taman-taman dan tepi jalan.
Asal usul dan kerabat
Tanaman ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang banyak dari anggtnnya memiliki kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jrng, klmpk ini diknl sebagai kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia dijumpaihdp liar di hutan-hutan primer & sekunder dan jg dibddykan di pekarangan. Kini bisbul tlh mnybr di berbagai negeri tropis, trmsk Indonesia.



Tag Bisbul cara makan buah bisbul

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul cara makan buah bisbul adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul cara makan buah bisbul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit