Rambutan | buah rambutan lebat

Rambutan | buah rambutan lebat

 

Rambutan adalah tumbuhan tropis yg terglng ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah diAsia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yg memiliki kulit menyerupai rambut.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti AfrikaKambojaKaribia , Amerika TengahIndiaIndonesiaMalaysia,FilipinaThailand dan Sri Lanka.

Pemerian botani

Pohon hijau abadi, menyukai suhu tropikahangat (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), tinggi dpt mencapai 8meter nmn biasanya tajuknya melebar hngg jari-jari 4meter. Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hngg 9, berbntk bulat telur, dengan jenis trgntng umur, posisi pada tanaman, dan ras lokal.

Prtmbhn rambutan dipngrh oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona (flushing) mnghslkn cabang dan daun baru. thp ini sangat jelas teramati dg warna tanaman yg hijau muda karena didominasi oleh daun muda. Prtmbhn  ini akan berhentiktkketersediaan air terbatas dan tanaman beristirahat tmbh.

Pembungaan dan bunga

Tanaman ini menghasilkan bunga stlh tujuh tahun jk ditnm dari biji, namun pada usia 2 tahun sdh dpt berbunga jika diprbnyk scr vegetatif. Rambutan berumah dua, tetapi bersifat androdioecious, ada tanaman penghasil bunga jantan saja & tumbuhan penghasil bunga banci. tumbuhan jantan tidak prnh mnghslkn buah.

Pembungaan rambutan dipngrh oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan prtmbhn vegetatif dan merangsang pmbntkn bunga. Di daerah Sumatera  utara, yang tdk mengenal musim kemaraurambutan dpt menghasilkan buah dua kali dlm setahun. Di tempat lain, bunga muncul biasanya stlh masa kering 3 bulan (di Jawa & Kalimantan biasanya pada bulan Oktober & November).

Bunga majemuk, tersusun dalam karangan, dg ukuran satuan bunga berdiameter 5 mm atau bahkan lbh kecil. Bunga jantan tidak menghasilkan putik. tumbuhan banci yang baru berbunga biasanya mnghslkn bunga jantan, baru kemudian diikuti dg bunga dengan alat betina (putik). Bunga banci (hermafrodit) mempunyai benang sari yg fungsional & mempunyai dua bakal buah, meskipun jika terjadi pembuahan hny satu yg biasanya berkembang hingga matang, smtntr yang lainnya tereduksi. Penyerbukan dilakukan oleh berbagai variasi lebah, nmn yang paling sering hadir adalah Trigona, lebah kecil tnp sengat berukuran sebesar lalat. Di berbagai apiari, bunga rambutan jg mnjd sumber utamanektar bg lebah peliharaan.

Buah

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yg mempunyai "rambut" di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ktk masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika matang/ranum. Endokarp brwrn putih, menutupi "daging". bgn buah yang dimakan, "daging buah", sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pd kulit terluar biji atau lepas ("rambutan ace"/ngelotok).

Tanaman dg buah matang sngt menarik perhatian karena biasanya rambutan sngt bnyk menghasilkan buah. jk pertanaman musiman, buah matang pada bulan Desember hngg Maret, dikenal sbg "musim rambutan". Masanya biasanya bersamaan dg buah musiman lain, seperti durian & mangga.

2019-03-05 3:22:04 * 2019-03-05 02:43:03

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Rambutan | buah rambutan lebat adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Rambutan | buah rambutan lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit