Kepel | buah kepel di jogja

Kepel | buah kepel di jogja

 

Tanaman kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah tumbuhan pnghsl buah hidangan meja yang mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yg juga dikenal sebagai Burahol. Buah kepel digmr puteri kraton-kraton di Jawa karena diprcy menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian

Pohon tegak, tidak merontokkan daun scrserentak, tingginya mencapai 25 meter. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (sprt cemara) dg percbngn mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,brwrn coklat-kelabu tua sampai hitam, yang secara khas tertutup oleh bnyk benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong smp bundar-telur/bentuk lanset, berukuran (12-27) centmeter  × (5-9) cm, brwrn  hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 centmeter panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula brwrn  hijau kemudian berubah menjadi keputih-putihan, muncul pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas dan di cabang-cabang yang lbh tua, berkmpl sebanyak 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 cm; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 centmeter. Buahnya dengan 1-13lembar daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mncp 8 centmeter; daun buah yg matang hmpr bulat bentuknya, brwrn  kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 centmeter, perikarpnya brwrn  coklat, berisi sari buah, dapat dimkn. Bijinyabrbntk menjorong, brjmlh 4-6 butir, pnjngnya sekitar 3 cm, berat segar 62-105 g, serta bagian yg dpt dimakan sebanyak 49% dan bjnya 27% dari berat buah segar.

Manfaat

Buahnya yang matang dimakan dlm keadaan segar. Disebutkan bhw dagingnya yang brwrn  jingga dan mngndng sari buah itu mmbrkn aroma seperti bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, & napas). dlm pengobatan, daging buahnya berfngs sbgpeluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pd wanita. Jd, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sbgparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya scr tradisional trbts di Kesultanan YogyakartaKayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus stlh direndam beberapa bulan dalam air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dandibrtkn tahan lbh dr 50 tahun. Kepel mrpkn tumbuhan hias pohon yang indah, daunnya yang muncul scr serentak berubah dari merah muda pucat mnjd merah keunguan sblm berubah lagi mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya brbntk silindris atau piramid dengan banyak cabang lateral yg trssn secara sistematik, dan sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh

Kepel tmbh liar pada tanah lembap dan dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sebagai tanaman buah pada ketinggian mencapai 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Varietas ini dpt tmbh baik di sela-sela rumpun bambu, yang di tempat itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diperbanyak dr biji yg diambil dr buah masak dan disemaikan scptnya. Penyetekan & pencangkokan sdh pernah dicb, tetapi tdk brhsl. Benihnya dibrshkn dg jalan dicuci dan dikeringkan di tmpt teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, ttp prkcmbhnnya msh memerlukan wkt bbrp bulan. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi juga. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak & tidak brcbng untuk bbrp wkt. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ktk tingginya mncp 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jrk tanam 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phasejuvenile phase) brlngsng slm 6-9 tahun.

Pemeliharaan

Hama dan Penyakit

Blm ada laporan mengenai hama & penyakit yg berbahaya, ttp pohonnya harus dijg dr serangan kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen

Buah kepel dianggap matang bila digores kulitnya terlihat bagian bawahnya brwrn  kuning atau coklat muda (jika berwarna  hijau, buah masih blm matang). untk menjaga kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bulan sebelum dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung & hendaknya diprlkkn dengan hati-hati; buah kepel dapat brthn dismpn 2-3 minggu pd suhu ruang

 

2019-03-04 16:35:03 * 2019-03-04 15:52:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | buah kepel di jogja adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | buah kepel di jogja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit