Cengkih | buah cengkeh per pohon

Cengkih | buah cengkeh per pohon

Cengkih (Syzygium aromaticumsyn. Eugenia aromaticum), dlm bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dr keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah  tumbuhan asli Indonesia, banyak dgnkn sbg bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam tertm di Indonesia (Kepulauan Banda) & Madagaskar; sln itu juga dibudidayakan di ZanzibarIndia, dan Sri Lanka.

Tanaman ini adalah  flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian

Pohon cengkih mrpkn tumbuhan thnn yg dpt tmbh dengan tinggi 10–20 meter, mempunyai daun berbentuk lonjong yg berbunga pd pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya brwrn hijau, dan brwrn merah jika bunga sdh mekar. Cengkih akan dipanen jika sudah mencapai pnjng 1,5–2 cm.

Penggunaan

Cengkih dapat dgnkn sebagai bumbu, baik dlm bntknya yg utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini dgnkn diEropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih dgnkn sebagai bahan rokok kretek. Cengkih juga dgnkn sbg bahan dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan JepangMinyak cengkih digunakan di aromaterapi & juga untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dpt digunakan sebagai pestisida nabati dan efektif cuntk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dg memberikan 50-100 grdaun cengkih kering per tanaman[1].

Sejarah cengkih

PdPada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dr Tiongkok memerintahkan stp orang yang mendekatinya untuksebelumnya menguyah cengkih, agr harum napasnya. Cengkih, pala dan merica sangatlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bahan tkr menukar oleh bangsa Arab pd abad pertengahan. pd akhir abad ke-15, orang Portugis mngmbl alih jalan tkr menukardi Laut India. Brsm itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dg Spanyol, selain itu jg dengan perjanjian dg sultanTernate. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mrk dapatkan dr kepulauan Maluku ke Eropa. pada saat itu hrg 1 kg cengkih sama dg hrg 7gram emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. dg susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada thn 1770. Akhirnya cengkih dibddykn di GuyanaBrasiliaZanzibar.

Pd abad ke-17 & ke-18 di Inggris hrg cengkih sama dengan harga  emas krn tingginya biaya impor. Sebab cengkih disana dijdkn salah satu bhn mknn yg sangat bermanfaat bg warga dan sekitarnya yang mnnsms tanaman cengkih tsbt. Smp skrng cengkih menjadi slh satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.

Pohon cengkih yang dianggap tertua yang msh hidup trdpt di Kelrhn Tongole, Kcmtn Ternate Tengah, sekitar 6 kilometerdari pusat kota Ternate. Tanaman yg disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 meter, berdiameter 198 meter, & keliling batang 4,26 m. Stp thnnya ia mmp mnghslkn sekitar 400 kilogram bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih

Minyak esensial dari cengkih memiliki fungsi anestetik & antimikrobial. Minyak cengkih srng digunakan untk menghilangkan bau napas dan untk menghilangkan sakit gigi. Zat yang trkndng dlm cengkih yang brnm eugenol, dgnkn dokter gigi untk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih jg digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "chōji" brrt cengkih; "yu" brrt  minyak) dan digunakan oleh orangJepang untuk merawat permukaan pedagang mrk.

2019-03-05 9:48:05 * 2019-03-05 07:34:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih | buah cengkeh per pohon adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih | buah cengkeh per pohon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit