Vanili | tanaman vanili hidroponik

Vanili | tanaman vanili hidroponik

 

Vanili (Vanilla planifolia) adl tanaman pnghsl bubuk vanili yg biasa dijadikan pewangi mknn. Bubuk ini dihslkn dari buahnya yang berbentuk polong.

Tmbuhan vanili dikn prtm kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tumbuhan tersebut. Nama daerah drI vanili adl Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, brwrn hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Pnjng rata-rata 15 cm. Tumbuhan melekat pd pohon atau tonggak yang tlh disediakan.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berselang-seling pd masing-masing buku. Wrnnya hijau terang, dg kepanjangan 10-25 cm serta lebar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk setelah daun trsbt tua atau mengering, sdngkn pada wkt daun masih muda tdk jls klhtn.

Rangkaian bunga vanili adl bunga tandan yang terdiri dr 15-20 bunga. Bunga keluar dr ketiak daun bagian pucuk batang. Bntk bunganya duduk, brwrn hijau-biru agak pucat, pnjng 4-8 centimeter & berbau agak wangi.

Bunga vanili trdr dr 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lngkrn. Daun bunga bgn luar (sepal) sdkt lebih bsr drpd bagian dalam petal. Satu dari petalnya brbh bentuk, mngglng sprt corong yang dsbt bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tanaman vanili dapat berbuah krn ada serangga yang membantu penyerbukannya.

Putik pd bunga vanili trttp oleh bibir, shngg pnyrbkn scr alamiah terhalang, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, ltknya lbh tinggi daripada kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kpl putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diltkkn disana akan segera menempel dan terjadilah pembuahan.

Bunga vanili yg [tlh|telah} mekar hanya dpt bertahan satu hari. Jika bunga yg telah mekar itu tidak segera dikawinkan, akan layu dan kmdn rontok. Oleh sebab itu harusssrng keliling kebun untk mengontrol perkembangan vanili.

Saat yang baik untk mengawinkan bunga vanili adalahpada pg hari. Hari-hari basah dan kering skl tdk baik untuk penyerbukan. Brhsl atau tidaknya penyerbukan akan tmpk setelah dua atau tiga hari. Bunga yg berhasill diserbuki akan berubah warnanya menjadi lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu ttp tangkai bunganya ttp mnmpl pada tandan bunga. Bunga yang tdk berhasil diserbuki akan gugur. Stlh trjd pembuahan antr 10-15 buah, bunga pada tandan yg masih kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat mknn yg dihisap oleh tanaman diakumulasikan pd pembentukan dan pembesaran buah.

Pada waktu bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 centimeter dg garis tengah 5 millimeter. Satu minggu stlh penyerbukan bakal buah itu dapat mncp pnjng 8-10 cm. Lima minggu kmdn buah telah mencapai panjang mksml 20-25 cm, dg garis tengah 1,5 centimeter. Stlh buah mencapai perkembangan yang maksimal, lima atau enam bln kmdn buah akan matang.

Warna buah mula-mula hijau muda, kmdn hijau tua disertai dengan garis-garis kuning mnjlng masak. Buah yang tlh masak brwrn coklat tua. Jika dibiarkan masak di pohon, buah akan pecah mnjd dua bagian, dan menyebarkan aroma vanili. Biji buah kecil-kecil, banyak sekali jmlhnya, brwrn hitam & berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-02-26 15:33:16 * 2019-02-26 14:06:15

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | tanaman vanili hidroponik adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | tanaman vanili hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit