Cabai | cabai burung

Cabai | cabai burung

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah & tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sbg sayuran mpn bumbu, trgntng bgmn dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yg pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sbg penguat rasa mknn. Bg seni mskn Padang, cabai bhkn dianggap sebagai "bahan mknn pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yg tngg. Cabai mengandung berbagai macam snyw yg berguna bagi kesehatan manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mengandung antioksidan yg brfngs untk menjaga tubuh dari srngn radikal bebas. Kndngn trsbr antioksidan ini adl pd cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase & Capsaicin yg berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn slh satu komoditas sayuran yg banyak dibddykn oleh petani di Indonesia krn memiliki hrg jual yg tinggi [2]& mempunyai bbrp manfaat kshtn yg salah satunya adl zat capsaicin yang berfungsi dalam mngndlkn penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang ckp tinggi pada cabai dpt memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus diknsms sckpnya untuk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok trmsk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan mrpkn tanaman yang mudah ditnm di dataran rendah ataupun di dtrn tinggi. Pohon cabai bnyk mengandung vitamin A & vitamin C srt mngndng minyak atsiri capsaicin, yg menyebabkan rasa pedas dan mmbrkn khngtn panas bila dgnkn untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kbthn sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.

Tanaman cabai cocok ditnm pd tanah yg kaya humus, gembur dan sarang, srt tidak tergenang air; pH tanah yg ideal sekitar 5-6. Wkt tanam yg baik untuk lhn kering adl pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat harga cabai yg tinggi, dapat juga [dilkkn|dilakukan} pd bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, wlpn ada rsk kggln. Tanaman cabai diperbanyak melalui bj yg ditnm dari tumbuhan yang sehat srt bbs dari hama & penyakit. Buah cabai yg tlh dislks untuk bibit dijemur hngg kering. Kalau pnsnya ckp dalam lima hari telah krngkering kemudian baru diambil bjnya: Untk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gr bj).

Permasalahan produksi

Slh satu gangguan utama dalam sstm produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Lprn Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bahwa kerusakan pd tanaman cabai di Indonesia dapat mncp 35%. Buah cabai yang terserang sering tmpk sehat & utuh dari luar tetapi bila dilihat di dalamnya membusuk dan mngndng larva lalat. Pnybbnya terutama adalah lalat buahBactrocera carambolae. Krn gejala awalnya yang tak tampak jelas, sementara hama ini sbnrnnya masih trbts di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yg ditakuti shngg dapat mnjd pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pd produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan slh satu hama pntng pd budidaya cabai krn dpt mnybbkn krskn hngg 80%. Upaya pengendaliannya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sbnrnya sdh dilakukan upaya untk mengendalikan serangan lalat buah ini, di antrnya adalah pembrongsongan yang bisa mencegah serangan lalat buah. Akan tetapi, cara ini tdk praktis untuk dilkkn pd tumbuhan cabai dalam areal yg luas. Smtr pnggnn insektisida selain mencemari lngkngn juga sngt berbahaya bagi knsmn buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pngnndln yang rmh lngkngn dan cocok untk ditrpkn di areal luas seperti di lhn sentral produksi cabai. Upaya pngndln lalat buah pd tumbuhan cabai, khususnya cabai merah, adl penggunaan insektisida sintetik karena dianggap praktis, mudah diperoleh, dan mnnjkkn efek yang cepat. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai penolak lalat buah.[5]

 

 

2019-02-27 8:51:18 * 2019-02-27 07:09:21

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai burung adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai burung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit