Bisbul | buah bisbul adalah

Bisbul | buah bisbul adalah

Bisbul

Bisbul adl nama sejenis buah sekaligus tumbuhan pnghslnya. Tumbuhan ini berkerabat dengan kesemekkayu hitam.

Nm ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC., namun sering disebut dengan nm yang tidak sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adl buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika matang), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pada kulit buahnya yg berbulu halus), marit (Bahasa Thai), & velvet apple (Inggris).

Pemerian

Bisbul merupakan pohon yg sdng tingginya, 10-30 m, mskpn umumnya hanyasekitar 15 m atau krng. Berbatang lurus, dengan pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hngg 50 centimeter atau lbh di pangkal batang, bercbng kurang lebih mendatar & bertingkat, dg tajuk keseluruhan berbentuk kerucut yang lebat dan rapat daun-daunnya shngg gelap di bgn dalamnya.

Daun-daun tersusun berseling, berbentuk  lonjong, 2,5-12 × 8-30 centimeter, bertepi rata, dg pangkal membundar & ujung meruncing, bertangkai sktr 1,7 centimeter. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, sprt kulit; sisi bwh berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda smp merah jambu.

Berumah dua, bunga-bunga jantan trssn dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk  tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan terletak di ketiak daun.

Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 centimeter, berbulu halus sprt beludru, coklat kemerahan kemudian merah terang & lalu agak kusam apabila masak, dengan “topi” dari kelopak bunga yg tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras & padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju & durian, bagi sbgn orang terasa memualkan, bahkan ada pula yg mnybtkan baunya mirip dengan kotoran kucing. Biji hingga 10 btr, berkulit kecoklatan, brbntk  bj agak mirip keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 cm (di bagian tebalnya).

Hasil dan kegunaan

Bisbul tumbuh dengan baik di daerah tropika beriklim muson, pd brbg jenis tanah smp dg ketinggian 800 meter di Bogor buah telah dpt dipetik antara Maret-Mei.

Tumbuhan ini trtm ditanam untuk buahnya, yg dpt dimkn segar atau sebagai cmprn minuman & rujakKayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hingga hitam, bertekstur hls, kuat dan keras; di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bahan kerajinan yang berharga dan dilndng oleh undang-undang.

Krn tajuknya yg bagus,tanaman bisbul jg kerap ditanam di taman-taman dan tepi jln.

Asal usul dan kerabat

Tanaman ini trmsk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yg bnyk dari anggotanya memiliki kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jrng, klmpk ini diknl sbg kayu arang atau arang-arang.

Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia dijumpaihidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder dan jg dibudidayakan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia.

 

 

2019-02-26 13:06:15 * 2019-02-26 12:05:15

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul | buah bisbul adalah adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul | buah bisbul adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit