Tin | buah tin yang paling manis

Tin | buah tin yang paling manis

 

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah semacam tanaman penghasil buah-buahan yg dapat dimakan yang berasal drAsia Barat. Buahnya bernama sama. Nm "Tin" diambil dr bahasa Arab, juga dikenal dg nm "Ara" (buah ara / pohon ara) sdngkn dlm bahasa Inggris dsbt fig (common fig; "pohon ara umum"), sbnrnya masih trmsk kerabat tumbuhan beringin dari genus yg sama, yaitu Ficus.

Pemerian

Tmbh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hngg Afganistan. Skrng dibudidayakan pula di Australia,CileArgentina, srt Amerika Serikat.

Habitus brp tumbuhan, besar dan dpt tmbh hingga 10meter dg batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya ckp besar & berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tdk tampak karena terlndng oleh dasar bunga yang mntp sehingga dikira buah. Pnyrbkn dilkkn oleh sejenis tawon khss, sm sprt serangga yg menyerbuki varietas Ficus lainnya.

Yg disebut buahsebetulnya adalah dasar bunga yang mmbntk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hngg 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna mnjd ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Pemanfaatan

Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimnftkn krn tidak dpt dismpn lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai syrn.

Kaitan dengan literatur

Yahudi/Kristen

Pohon ara mrpkn pohon ketiga yang disebutkan di Alkitab Ibrani & Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, stlh "pohon kehidupan" dan "pohon pengetahuan tentang yang baik & yg jahat".[1] Adam & Hawa menyemat daun pohon ara & membuat cawat untuk mntp tubuh mrk stlh mrk tahu, bhw mrk telanjang.[2]

Buah ara juga termasuk dftr mknn yg ditemukan dlm Tanah Perjanjian mnrt Taurat (Ulangan 8). Yesus Kristus mngtk sebuah pohon ara krn tdk menghasilkan buah (Markus 11:12–14).

Islam

Pohon tin adalah salah satu dr dua tanaman yang dsbtmnftnya baik dalam Islam. Di Al Qur'an, salah satu surat dsbt dengan nmini (QS Surah At-Tinayat 1) karena Allah berjanji atas nm buah/tumbuhan ini.

 

2019-02-25 21:48:15 * 2019-02-25 17:14:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Tin | buah tin yang paling manis adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Tin | buah tin yang paling manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit