Vanili | tutorial tanaman vanili

Vanili | tutorial tanaman vanili

 

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman pnghsl bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum mknn. Bubuk ini dihslkn dr buahnya yg berbentuk polong.

Tmbuhan vanili dikn prtm kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tumbuhan tersebut. Nama daerah drI vanili adalah Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, brwrn hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Pnjng rata-rata 15 centimeter. Tumbuhan mlkt pada pohon atau tonggak yang telah disdkn.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berslng-slng pd masing-masing buku. Wrnnya hijau trng, dengan kepanjangan 10-25 centimeter srt lbr 5-7 centimeter. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk setelah daun tersebut tua atau mengering, sdngkn pd wkt daun masih muda tdk jelas kelihatan.

Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdr dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bg pucuk batang. Bntk bunganya duduk, brwrn hijau-biru agak pucat, pnjng 4-8 cm dan berbau agak wangi.

Bunga vanili terdiri dr 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dlm dua lingkaran. Daun bunga bgn luar (sepal) sdkt lebih bsr daripada bagian dalam petal. Satu dr petalnya brbh bentuk, mngglng sprt corong yg disebut bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tanaman vanili dpt berbuah krn ada serangga yg membantu penyerbukannya.

Putik pd bunga vanili trttp oleh bibir, sehingga pnyrbkn secara alamiah trhlng, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, ltknya lebih tinggi daripada kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diltkkn disn akan sgr menempel & trjdlah pembuahan.

Bunga vanili yg [tlh|telah} mekar hny dapat bertahan satu hari. Jika bunga yg tlh mekar itu tdk segera dikwnkn, akan layu dan kemudian rontok. Oleh sbb itu harusssrng keliling kebun untk mengontrol perkmbngn vanili.

Saat yg baik untk mengawinkan bunga vanili adalahpada pg hari. Hari-hari basah & kering skl tidak baik untk penyrbkn. Brhsl atau tdknya penyrbkn akan tampak stlh dua atau tiga hari. Bunga yg berhasill diserbuki akan brbh warnanya menjadi lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu ttp tangkai bunganya ttp menempel pada tandan bunga. Bunga yg tidak brhsl diserbuki akan gugur. Stlh terjadi pembuahan antara 10-15 buah, bunga pd tandan yang msh kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat makanan yg dihisap oleh tumbuhan diakumulasikan pada pmbntkn & pembesaran buah.

Pada waktu bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 cm dengan garis tengah 5 millimeter. Satu minggu setelah penyrbkn bakal buah itu dpt mencapai pnjng 8-10 cm. Lima minggu kmdn buah tlh mencapai panjang mksml 20-25 centimeter, dengan garis tengah 1,5 cm. Stlh buah mncp perkembangan yang maksimal, lima atau enam bln kemudian buah akan masak.

Warna buah mula-mula hijau muda, kmdn hijau tua disertai dengan garis-garis kuning mnjlng matang. Buah yang telah matang berwarna coklat tua. Jk dibiarkan masak di pohon, buah akan pecah menjadi dua bagian, & mybrkn aroma vanili.  buah kecil-kecil, bnyk skl jmlhnya, berwarna hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-02-25 22:49:14 * 2019-02-25 22:48:14

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | tutorial tanaman vanili adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | tutorial tanaman vanili"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit