Cengkih bunga cengkeh

17:24:02 Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dr keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah tumbuhan asli Indonesia, banyak dgnkn sbg bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sbg bhn utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditnm terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) & Madagaskar; selain itu jg dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. Tanaman ini adalah flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian
Pohon cengkih mrpkn tanaman tahunan yg dpt tumbuh dg tinggi 10–20 meter, mempunyai daun brbntk lonjong yg berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya brwrn hijau, dan berwarna merah jika bunga sdh mekar. Cengkih akan dipanen jk sudah mncp panjang 1,5–2 cm.


Penggunaan
Cengkih dapat digunakan sbg bumbu, baik dlm bentuknya yg utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan diEropa & Asia. Terutama di Indonesia, cengkih digunakan sebagai bhn rokok kretek. Cengkih jg dgnkn sebagai bahan dupa di Republik Rakyat Tiongkok & Jepang. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi & juga untk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dpt dgnkn sebagai pestisida nabati & efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dengan memberikan 50-100 grdaun cengkih kering per pohon[1].

Sejarah cengkih
PdPada abad yg keempat, pemimpin Dinasti Han dr Tiongkok memerintahkan stp orang yg mendekatinya untksebelumnya menguyah cengkih, agar harum napasnya. Cengkih, pala dan merica sngtlah mahal pd zaman Romawi. Cengkih mnjd bhn tukar menukar oleh bangsa Arab pd abad pertengahan. pd akhir abad ke-15, orang Portugis mngmbl alih jalan tukar mnkrdi Laut India. Brsm itu diambil alih jg perdagangan cengkih dg perjanjian Tordesillas dg Spanyol, selain itu juga dengan perjanjian dg sultanTernate. Orang Portugis mmbw bnyk cengkih yang mrk dapatkan dari kepulauan Maluku ke Eropa. pd saat itu harga 1 kilogram cengkih sama dengan harga 7gram emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. dengan susah payah orang Prancis brhsl membudayakan tanaman Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibddykn di Guyana, Brasiliadan Zanzibar.
pPda abad ke-17 & ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan harga emas krn tingginya biaya impor. Sebab cengkih dsn dijdkn slh satu bhn mknn yg sangat bermanfaat bagi masyarakat dan sekitarnya yg mengonsumsi tumbuhan cengkih tersebut. Smp skrng cengkih menjadi slh satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.
Pohon cengkih yg dianggap tertua yang masih hidup trdpt di Kelurahan Tongole, Kcmtn Ternate Tengah, sekitar 6 km dr pusat kota Ternate. Pohon ygdsbt sebagai Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 meter, berdiameter 198 m, dan keliling batang 4,26 meter. Setiap tahunnya ia mmp menghasilkan sekitar 400 kilogram bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih
Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering dgnkn untuk menghilangkan bau napas & untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yg trkndng dlm cengkih yg bernama eugenol, digunakan dokter gigi untk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga dgnkn dlm cmprn tradisional chojiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "choji" berarti cengkih; "yu" brrt minyak) & digunakan oleh orangJepang untuk merawat permukaan pedagang mrk.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Aceh Besar Klungkung Manado Kota Salatiga Kab. Jepara Manado Kab. Manggarai Barat Bantaeng Subulussalam Kota Surakarta Maluku Barat Daya Pesisir Selatan Kab. Kayong Utara Kab. Magetan

Dan Kec lainnya Kec. Sukasari Kec. Singkil Utara Kec. Danau Kembar Kec. Babakancikao Kec. Dringu Kec. Tebo Ulu Kec. Gamping Kec. Napan Ngruki Kec. Rantau Selamat Kec. Sapeken Kec. Tanjungjaya Kec. Kota Sigli Kec. Sajira Kec. Cenrana Kec. Tulungagung Kec. Genteng Kec. Kandangan Kec. Bekasi Barat Kec. Datuk Bandar

Tag Cengkih bunga cengkeh

Tag search: bunga cengkeh Cengkih


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih bunga cengkeh adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih bunga cengkeh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit