Tin | okulasi buah tin

Tin | okulasi buah tin

 

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan pnghsl buah-buahan yang dapat dimakan yg berasal dariAsia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dr bahasa Arab, juga diknl dengan nm "Ara" (buah ara / pohon ara) sdngkn dlm bahasa Inggris disebut fig (common fig; "tanaman ara umum"), sbnrnya msh trmsk kerabat tumbuhan beringin dr genus yangsm, yaitu Ficus.

Pemerian

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hngg Afganistan. Sekarang dibddykn pula di Australia,CileArgentina, serta Amerika Serikat.

Habitus brp tumbuhan, bsr & dpt tmbh hngg 10m dg batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup bsr dan berlekuk dlm, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak tampak karena terlndng oleh dasar bunga yang menutup shngg dikira buah. Pnyrbkn dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sm sprt serangga yg menyerbuki varietas Ficus lainnya.

Yang dsbt buahsebetulnya adl dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk smua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran pnjng tiga hngg 5 centimeter, brwrn hijau. Bbrp kultivar berubah warna mnjd ungu jk masak. Getah yg diklrkn pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Pemanfaatan

Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yg dipetik hrs sgr dimnftkn krn tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sbg syrn.

Kaitan dengan literatur

Yahudi/Kristen

Pohon ara mrpkn pohon ketiga yg disebutkan di Alkitab Ibrani & Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, setelah "pohon kehidupan" dan "tumbuhan pengetahuan tentang yang baik & yg jahat".[1] Adam & Hawa menyemat daun pohon ara & membuat cawat untk mntp tubuh mereka setelah mrk tahu, bhw mereka telanjang.[2]

Buah ara juga trmsk daftar mknn yang ditmkn dalam Tanah Perjanjian menurut Taurat (Ulangan 8). Yesus Kristus mngtk sebuah tumbuhan ara karena tidak mnghslkn (Markus 11:12–14).

Islam

Pohon tin adl salah satu dari dua pohon yg dsbtmanfaatnya baik dalam Islam. Di Al Qur'an, slh satu surat dsbt dg nama ini (QS Surah At-Tinayat 1) krn Allah berjanji atas nm buah/tanaman ini.

 

2019-03-07 19:04:08 * 2019-03-07 15:50:08

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Tin | okulasi buah tin adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Tin | okulasi buah tin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit