Kersen | buah kersen buat pleci

Kersen | buah kersen buat pleci

 

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adl sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil & manis brwrn merah cerah. Di bbrp daerah, seperti di Jakarta, buah ini jg dinamai ceri (untk ceri yg sbnrny, lht artikel ceri).

Dlm Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datilesaratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômztakhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Juga diknl sebagai capulin blancocacaniquaniguaniguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherryPanama berry, &  Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dl menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil mnjd kersen dalambahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksidan  alami shngg bisa mnghmbt pertmbhn sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto mnjd teh herbal. Dikemas dlm botol siapmnm, teh daun Kersen ini menjadi minuman herbal yg digemari para remaja.

Pemerian

Perdu atau pohon, tinggi smp 12 meter, msk umumnya hny sktr 3-6 m saja. Hijau abadidan  terus mnrs berbunga dan  berbuah spnjng thn.

Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya; membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut hls bercampur dg rambut kelenjar; dmkn pula daunnya.

Daun-daun terletak mndtr, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan  berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bwh berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sblh meruncing bntk benang, lk. 0,5 cm, agak lama lalu mengering dan  rontok, smntr sblh lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sblh atas tumbuhnya daun; bertangkai pnjng; berkelamin dua dan  berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari berjumlah banyak, 10 smp lbh dr 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; nmn stlh mnjd buah menggntng ke bawah, trsmbny di bawah helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yg menjadi buah dalam tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai pnjng, bulat hmpr sempurna, diameter 1-1,5 centimeter, hijau kuning dan  akhirnya merah apabilamatang, bermahkota sisa tangkai putik yang tidak rontok srp bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu bj yg kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dlm daging &  sari buah yang manis sekali.

Selain itu, buah kersen juga dapat digunakan untuk obat penyakit asam urat, diabetes, &  msh bnyk lagi.

Hasil, ekologi dan penyebaran

Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan  codot. Anak-anak sklh sering memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan dan  kulit batang yg terkelupas. Buah ini jg dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Tanaman kersen di Indonesia mudah ditemukan. Biasanya pohon ini dijdkan tmpt teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan  mdh kering, sangat brgn sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas dgnkn sbg bhn tali dan  kain pembalut. Daunnya dpt dijadikan smcm teh.

Burung-burung pmkn buah, seperti kelompok merbah &  burung cabe, sering mngnjng tanaman ini di wkt siang untuk memakan buah atau sari buahnya yang manis. Di wkt hari gelap, berganti aneka varietas kelelawar pemakan buah yg dtng dengan tjn yang sama. Biji kersen tdk tercerna oleh burung dan  codot, krn itu kedua kelompok hewan ini sekaligus bfngs sebagai pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya berguna sbg tanaman peneduh di pinggir jalan. Tanaman kecil ini awalnya srng tumbuh sebagai semai liar di tepi jln, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, &  akhirnya tumbuhdengan cpt –biasanya dibiarkan saja– membesar sbg tumbuhan naungan. Sbb itulah pohon kersen acapkali ditmkn di hwilayah perkotaan yg ramai &  padat, di tepi trotoar &  lahan parkir, di tepi sungai yg tidak terurus atau di tempat-tempat yg biasa kering berkepanjangan.

Karena sifat-sifat &  daya thnnya itu, kersen menjadi salah satu tanaman pionir yg plng banyak ditemukan di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, KaribiaAmerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibawa msk ke Filipina pada akhir abad-19, dan  lalu dengan cpt mnybr di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.

2019-03-08 1:40:07 * 2019-03-08 01:26:07

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen | buah kersen buat pleci adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen | buah kersen buat pleci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit