Gaharu | budidaya tanaman gaharu

Gaharu | budidaya tanaman gaharu

Gaharu adalah kayu brwrn kehitaman & mengandung resin khas yang dihslkan oleh sejumlahspesies tanaman dr marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dignkn dalam industri wangi-wangian (parfum & setanggi) krn berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 thn yg lalu) telah menjadi komoditi perdgngan dari Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Berdasarkan studi dr Ng et al. (1997)[1], diketahui spesies-spesies brkt ini menghasilkan resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, & Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihasilkan oleh tumbuhan sebagai respon dr mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka.[2] Luka pd tanaman berkayu dapat disbbkan scr alami krn adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun scr sngj dg pengeboran dan penggergajian.[2] Masuknya mikroba ke dlm jrngn tanaman dianggap sbg benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sbg pertahanan terhdp penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin tersebut dpt brp resin brwrn coklat dan beraroma wangi, srt menumpuk pada pembuluh xilemfloem untk mencegah meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Nmn, apbl mikroba yang menginfeksi tumbuhan dapat mengalahkan sstm prthnn tumbuhan mk gaharu tdk trbntk dan bgn tanaman yang luka dapat membusuk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang & cbng tanaman.[4] Senyawa gaharu dpt menghasilkan aroma yg wangi krn mngndng senyawa guia dienalselina-dienone, & selina dienol.[4] Untuk kepentingan komersil, masyarakat mengebor batang tanaman pnghsl gaharu & memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap jenis tanaman pnghsl gaharu memiliki mikroba spesifik untk menginduksi penghslan gaharu dalam jmlh yang besar. Beberapa cnth cendawan yg dpt digunakan [sbg|sebagai} inokulum adalah Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium dan Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu banyak diperdagangan dengan hrg jual yg sangat tinggi terutama untk gaharu dr tanaman famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp. yang dlm dunia perdgngan dsbt sbg gaharu beringin.[5] Untuk jenis gaharu dengan nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut sebagai gaharu buaya.[5]Selain ditntkan dr jenis tanaman pnghslnya, kualitas gaharu jg ditntkn oleh banyaknya kandungan resin dalam jaringan kayunya[5]. Smkn tinggi kndngn resin di dalamnya maka harga gaharu tersebut akan smkn mhl & begitu pula sblknya.[5] Scr umum perdgngan gaharu digolongkan menjadi tiga kls besar, yaitu gubalkemedangan, dan abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adalah kayu gaharu dg kandungan damar wangi & aroma yang lemah srt memiliki penmpkn fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, mempunyai serat kasar, dan kayu lunak.[6] Kelas trakhr adalah abu gaharu yg merupakan serbuk kayu hsl pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sblm dijdkan bahan baku parfum, gaharu hrs diolah trlbh dhl untk mndptkan minyak dan senyawa aromatik yg trkndng di dalamnya. Sebagian kayu gaharu dptdijual ke ahli penyulingan minyak yang biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untuk mengekstraksi minyak dari kayu trsbt.[7] Untuk mendapatkan minyak gaharu dg distilasi air, kayu gaharu direndam dlm air kemudian dipndhkn ke dalam suatu tmpt untuk menguapkan air hngg minyak yg trkndng keluar ke permukaan wadah & senyawa aromatik yg menguap dapat dikumpulkan secara terpisah.[7] Teknik distilasi uap mnggnkn potongan gaharu yg dimskkn ke dalam peralatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yg mnybbkn sel tumbuhan dpt trbk & minyak dan senyawa aromatik untk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan mmbw senyawa aromatik trsbt kmdn melalui tmpt pendinginan yang membuatnya terkondensasi kmbl menjadi cairan.[7] Cairan yg berisi cmprn air & minyak akan dipshkan hingga terbentuk lapisan minyak di bgn atas & air di bawah.[7] Slh satu metode dgnkn saat ini adalah ekstraksi dengan superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg trbntk krn tekanan tinggi.[7] CO2cair berfngsi sebagai pelarut aromatik yg digunakan untuk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini mngntngkan karena tidak trdpt residu yg tersisa, CO2 dapatdg mudah diuapkan saat berbentuk gas pd suhu & tekanan normal.[7]

Konservasi

Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat mntpkn bhw tanaman gaharu jenis A. malaccensis msk ke dlm Appendix II, yaitu tumbuhan yang dibatasi perdangannya.[8] Penetapan trsbt dikrnkn populasi tanaman penghasil gaharu smkn menyusut di alam yang disbbkn para pengusaha gaharu tidak dapat mengnl dengan tepat mana tanaman yang sudah mengandung gaharu dan siap dipanen.[9] Untk mncr tanaman pnghsl gaharu, para pengusaha menebang puluhan pohon yg salah (tidak menghasilkan gaharu) shngg jumlah pohon tersebut sngt berkurang.[9] Pada tahun 2004, Indonesia mengjkn agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dlm daftar Appendix 2 untk membatasi perdagangannya sehingga perdagangan gaharu hrs memiliki izin dr CITES & dalam kuota tertentu.[10] Hal ini dilkkn untuk memstkn spesies pohon gaharu alam dapat berkembang & trsbr dg baik.[9]

 

2019-03-07 21:11:07 * 2019-03-07 20:04:07

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | budidaya tanaman gaharu adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | budidaya tanaman gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit