Rambutan | buah rambutan papua

Rambutan | buah rambutan papua

 

Rambutan adl tanaman tropis yg terglng ke dlm suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah diAsia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dr bntk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti AfrikaKambojaKaribia , Amerika TengahIndiaIndonesiaMalaysia,FilipinaThailand & Sri Lanka.

Pemerian botani

Pohon hijau abadi, menyukai suhu tropikahngt (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), tinggi dpt mencapai 8meter nmn biasanya tajuknya mlbr hngg jari-jari 4m. Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hngg 9, berbentuk bulat telur, dg jenis tergantung umur, posisi pd tanaman, dan ras lokal.

Prtmbhn rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona (flushing) menghasilkan cabang & daun baru. thp ini sangat jelas teramati dengan warna tanaman yang hijau muda krn didominasi oleh daun muda. Pertumbuhan  ini akan berhentiketika ktrsdiaan air terbatas dan tanaman beristirahat tmbh.

Pembungaan dan bunga

Tumbuhan ini menghasilkan bunga setelah tujuh tahun jika ditnm dr biji, namun pada usia 2 tahun sdh dapat berbunga jk diperbanyak secara vegetatif. Rambutan berumah dua, ttp bersifat androdioecious, ada tanaman pnghsl bunga jantan saja dan tanaman pnghsl bunga banci. tumbuhan jantan tdk pernah menghasilkan buah.

Pembungaan rambutan dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan prtmbhn vegetatif dan merangsang pembentukan bunga. Di daerah Sumatera  utara, yang tidak mengenal musim kemaraurambutan dpt menghasilkan buah dua kali dlm sthn. Di tempat lain, bunga muncul biasanya stlh masa kering 3 bulan (di Jawa & Kalimantan biasanya pd bulan Oktober dan November).

Bunga majemuk, tersusun dalam karangan, dg ukuran satuan bunga berdiameter 5 mm atau bahkan lbh kecil. Bunga jantan tidak menghasilkan putik. tumbuhan banci yang baru berbunga biasanya mnghslkn bunga jantan, baru kmdn diikuti dengan bunga dg alat betina (putik). Bunga banci (hermafrodit) mempunyai benang sari yang fungsional & memiliki dua bakal buah, meskipun jika trjd pembuahan hanya satu yg biasanya brkmbng hngg matang, sementara yg lainnya tereduksi. Penyerbukan dilakukan oleh berbagai variasi lebah, namun yang paling sering hadir adl Trigona, lebah kecil tnp sengat berukuran sebesar lalat. Di brbg apiari, bunga rambutan juga menjadi smbr utamanektar bagi lebah peliharaan.

Buah

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang mempunyai "rambut" di bgn luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hngg merah ketika masak/ranum. Endokarp brwrn putih, menutupi "daging". bagian buah yg dimakan, "daging buah", sebenarnya adl salut biji atau aril, yg bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas ("rambutan ace"/ngelotok).

Pohon dengan buah masak sngt menarik perhatian karena biasanya rambutan sngt banyak menghasilkan buah. jk pertumbuhan musiman, buah matang pd bulan Desember hingga Maret, dikenal sebagai "musim rambutan". Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian & mangga.

2019-03-04 6:08:05 * 2019-03-04 06:06:00

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Rambutan | buah rambutan papua adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Rambutan | buah rambutan papua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit