Gaharu | tanaman gaharu super

Gaharu | tanaman gaharu super

Gaharu adl kayu brwrn kehitaman & mngndng resin khas yang dihasilkan oleh ssejmlhjenis tanaman dr marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dignkn dalam industri wangi-wangian (parfum & setanggi) karena berbau harum. Gaharu sjk awal era modern (2000 thn yg lalu) tlh mnjd komoditi perdgngan dr Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Brdsrkan studi dr Ng et al. (1997)[1], diketahui spesies-spesies brkt ini mnghslkn resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, dan Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihslkn oleh tanaman sbg respon dr mikroba yg msk ke dlm jrngn yang terluka.[2] Luka pd tanaman berkayu dpt disbbkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sngj dengan pengeboran dan penggergajian.[2] Msknya mikroba ke dlm jrngn tanaman dianggap sebagai benda asing shngg sel tanaman akan mnghslkan suatu senyawa fitoaleksin yg berfngs sbg perthnn terhadap penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin trsbt dpt berupa resin berwarna coklat & beraroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilemfloem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain.[3] Nmn, apbl mikroba yg menginfeksi tumbuhan dpt mnglhkan sstm prthnn tanaman mk gaharu tidak trbntk & bagian tumbuhan yang luka dapat membsk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pd batang & cbng tumbuhan.[4] Senyawa gaharu dpt menghasilkan aroma yg harum karena mngndng senyawa guia dienalselina-dienone, dan selina dienol.[4] Untk kepentingan komersil, masyarakat mengebor batang tumbuhan pnghsl gaharu dan memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap jenis pohon penghasil gaharu memiliki mikroba spesifik untuk menginduksi penghasilan gaharu dlm jmlh yang besar. Beberapa cnth cendawan yg dapat dignkn [sbg|sebagai} inokulum adalah Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium & Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu banyak diperdagangan dengan hrg jual yg sngt tinggi terutama untk gaharu dr tumbuhan famili Themeleaceae dengan spesies Aquilaria spp. yang dlm dunia perdgngan disebut sbg gaharu beringin.[5] Untuk spesies gaharu dengan nilai jual yang relatif rendah, biasanya dsbt sebagai gaharu buaya.[5]Selain ditentukan dari jenis tanaman penghasilnya, kualitas gaharu jg ditntkn oleh bnyknya kandungan resin dlm jrngn kayunya[5]. Semakin tinggi kndngn resin di dalamnya maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal dan begitu pula sebaliknya.[5] Scr umum perdagangan gaharu digolongkan menjadi tiga kelas besar, yaitu gubalkemedangan, dan abu.[6] Gubal merupakan kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dg kandungan damar wangi & aroma yg lemah srt memiliki penmpkn fisik brwrn kecoklatan sampai abu-abu, memiliki serat kasar, dan kayu lunak.[6] Kelas terakhir adalah abu gaharu yang merupakan serbuk kayu hsl pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sebelum dijdkan bahan baku parfum, gaharu hrs diolah trlbh dhl untk mndptkan minyak dan senyawa aromatik yg terkandung di dlmnya. Sebagian kayu gaharu dapadijual ke ahli penyulingan minyak yg biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untk mengekstraksi minyak dari kayu tersebut.[7] Untk mendapatkan minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kemudian dipindahkan ke dlm suatu tmpt untk menguapkan air hingga minyak yang terkandung keluar ke prmkn wadah & senyawa aromatik yg menguap dapat dikumpulkan scr terpisah.[7] Teknik distilasi uap mnggnkn potongan gaharu yang dimasukkan ke dalam peralatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yang mnybbkn sel tanaman dpt terbuka & minyak & senyawa aromatik untuk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan membawa senyawa aromatik tersebut kemudian melalui tmpt pendinginan yg membuatnya terkondensasi kmbl mnjd cairan.[7] Cairan yang berisi cmprn air dan minyak akan dipisahkan hingga terbentuk lapisan minyak di bagian atas & air di bwh.[7] Salah satu metode digunakan saat ini adl ekstraksi dengan superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg trbntk krn tknn tinggi.[7] CO2cair berfngsi sebagai pelarut aromatik yg digunakan untk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini menguntungkan krn tidak trdpt residu yang tersisa, CO2 dapatdengan mudah diuapkan saat berbentuk gas pada suhu dan tknn normal.[7]

Konservasi

Pd thn 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat mntpkn bhw pohon gaharu spesies A. malaccensis msk ke dalam Appendix II, yaitu tumbuhan yg dibatasi perdangannya.[8] Pntpn tersebut dikrnkn populasi tumbuhan penghasil gaharu smkn menyusut di alam yang disbbkn para pengusaha gaharu tidak dpt mengnl dengan tpt mana tanaman yang sdh mngndng gaharu & siap dipanen.[9] Untk mencari tanaman pnghsl gaharu, para pengusaha mnbng puluhan pohon yang slh (tidak mnghslkan gaharu) sehingga jumlah tanaman trst sngt brkrng.[9] Pada thn 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dlm dftr Appendix 2 untuk membatasi perdgngnnya sehingga perdagangan gaharu hrs mempunyai izin dari CITES & dalam kuota tertentu.[10] Hal ini dilakukan untk memstkn spesies pohon gaharu alam dpt brkmbng dan tersebar dg baik.[9]

 

2019-03-04 11:19:06 * 2019-03-04 11:07:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | tanaman gaharu super adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | tanaman gaharu super"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit