Cabai | bibit cabai yang bagus

Cabai | bibit cabai yang bagus

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah & tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dpt digolongkan sbg sayuran mpn bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yg pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bg seni masakan Padang, cabai bhkn dianggap sbg "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat slt bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) mrpkn slh satu spesies sayuran yg memilki nilai ekonomi yg tinggi. Cabai mngndng brbg macam senyawa yang brgn bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mngndng antioksidan yg berfungsi untk mnjg tubuh dr serangan radikal bebas. Kndngn trsbr antioksidan ini adl pd cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase & Capsaicin yg brprn sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn slh satu produk sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia krn mempunyai harga jual yang tinggi [2]dan memiliki beberapa mnft kshtn yg slh satunya adalah zat capsaicin yg berfungsi dlm mngndlkn penyakit kanker. Sln itu kndngn vitamin C yang ckp tngg pd cabai dpt memenuhi kbthn harian setiap orang, nmn harus diknsms secukupnya untk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok trmsk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) & merupakan pohon yg mudah ditnm di dataran rendah ataupun di dtrn tinggi. Tumbuhan cabai bnyk mngndng vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas & memberikan khngtn panas bl dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditanam dg mudah shngg bisa dipakai untuk kbthn sehari-hari tnp hrs mmblnya di pasar.

Tanaman cabai cocok ditanam pd tanah yg kaya humus, gembur dan sarang, srt tdk tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Wkt tanam yang baik untuk lahan krng adalah pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat hrg cabai yang tinggi, dapat jg [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, wlpn ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diperbanyak mll bj yang ditnm dr tanaman yang sehat serta bbs dr hama dan penyakit. Buah cabai yg tlh dislks untuk bibit dijmr hngg kering. Kalau panasnya ckp dalam lima hari tlh krngkering kmdn baru diambil bijinya: Untk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gr biji).

Permasalahan produksi

Salah satu gangguan utama dalam sistem produksi cabai di Indonesia adalah adanya srngn lalat buah pd buah cabai. Hama ini srng mnybbkn gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI thn 2006 mnnjkkn bhw krskn pada pohon cabai di Indonesia dpt mencapai 35%. Buah cabai yg terserang sering tmpk sehat dan utuh dr luar ttp bila dilht di dlmnya membusuk & mngndng larva lalat. Pnybbnya terutama adl lalat buahBactrocera carambolae. Karena gejala awlnya yg tak tmpk jls, smntr hama ini sbnrnnya msh terbatas di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yang ditkt sehingga dapat mnjd penghambat ekspor buah-buahan maupun pd produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn slh satu hama penting pada budidaya cabai krn dpt mnybbkn kerusakan hingga 80%. Upaya pengendaliannya bisa mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sbnrnya sdh dilkkn upaya untuk mengendalikan srngn lalat buah ini, di antrnya adl pembrongsongan yg bisa mencegah serangan lalat buah. Akan ttp, cara ini tdk praktis untuk dilkkn pd pohon cabai dlm areal yang luas. Sementara penggunaan insektisida selain mncmr lingkungan juga sangat berbahaya bg konsumen buah. Oleh karena itu, diperlukan cara pngnndln yang rmh lingkungan dan cocok untk diterapkan di areal luas sprt di lhn sentral produksi cabai. Upaya pengendalian lalat buah pd pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah pngggnn insektisida sintetik krn dianggap praktis, mdh didapat, & mnnjkkn efek yg cepat. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-03-04 0:25:03 * 2019-03-03 23:13:15

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | bibit cabai yang bagus adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | bibit cabai yang bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit