Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh

Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh



Kebun Kurma Kini Hijaukan Aceh, Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik kebun kurma kini hijaukan aceh siap panen mei 2018Cache14 Mar 2018 Aceh Mahdi Muhammad (54) berjalan pelan menyusuri perkebunan seluas 18 hektare yang sudah ditanami 2 000 pohon kurma Sesekali, ia  Foto: Kebun Kurma di Aceh yang Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik foto kebun kurma di aceh yang siap panen mei 2018Cache16 Mar 2018 Pohon kurma identik dengan tanaman padang pasir di sepanjang Arab Namun, Mahdi menanamnya di Aceh dan siap panen dua bulan lagi Unik!! Ternyata Pohon Kurma ada Di Aceh Selatan YouTubeâ–º 2:09 youtube watch?v=3dZWDlzpDLg17 Apr 2017 2 menit Diupload oleh Menasda OPSTapaktuan â€" Pohon kurma yang tumbuh dipekarangan Mesjid Agung Istiqamah WOOW!! Ternyata Pohon Kurma Tumbuh Subur di Aceh dan â–º 3:23 youtube watch?v=xsLWs0ud PA21 Mar 2018 3 menit Diupload oleh Asia ChannelTernyata di Aceh tepat nya di gunung salak pohon kurma bisa berbuah sama seperti Lahan Tandus di Aceh Kini Jadi Kebun Kurma YouTubeâ–º 1:00 youtube watch?v= 6fkRh4OwR018 Mar 2018 1 menit Diupload oleh KOMPASTVLahan seluas 18 hektar kini telah ditanami 3 000 pohon kurma di Lembah Barbate Kurma di Aceh, penanaman kurma Aceh Besar YouTubeâ–º 2:48 youtube watch?v=ijJph1eNdyQ19 Mar 2018 3 menit Diupload oleh Andi atjPenanaman pohon kurma di Aceh Besar, dalam pidato UAS hadir juga menyaksikan Kurma Tumbuh Subur di Aceh | Sumut Pos sumutpos co 2018 03 15 kurma tumbuh subur di aceh Cache15 Mar 2018 Ribuan pohon kurma itu sekarang sudah berusia 26 bulan dan 8 bulan lagi dipastikan akan berbuah dan siap panen Selain akan berbuah  Kebun Kurma di Lahan Tandus Aceh oleh Pocut Ghina Shabira kompasiana kebun kurma di lahan tandus acehCache29 Sep 2018 Adalah Mahdi, seorang mantan Kepala Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, yang mempelopori penanaman pohon kurma di Aceh Dengan  Perkebunan Kurma di Aceh | Republika Online m republika co id p9hh2z283 perkebunan kurma di acehCache29 Mei 2018 REPUBLIKA CO ID, ACEH BESAR Pekerja merawat pohon kurma di Lembah Berbate, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa (29 5) IDPA Tanam Ribuan Kurma di Aceh Serambi Indonesiaaceh tribunnews 2019 01 08 idpa tanam ribuan kurma di acehCache8 Jan 2019 Acara itu menjadi awal dari penanaman pohon kurma di garis pantai Indonesia, yang dimulai dari ujung Sumatera dan Kilometer Nol Pulau 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Maluku Utara, Kalimantan Timur, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Bangka Belitung, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Papua Barat

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma di aceh di Jakarta Pusat, Padang Lawas, Parepare, Kab. Kebumen, Padangsidempuan, Parepare, Kota Blitar, Paser, Ogan Komering Ulu Timur, Muara Enim, Kab. Subang, Pelalawan, Kab. Wonogiri, Kab. Flores Timur,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh di Kec. Kaloran, Sungai Pinyuh, Kec. Cilacap Utara, Kec. Sempor, Kec. Bukateja, Kec. Sukorejo, Kec. Bubutan, Kec. X Koto Diatas, Kec. Parakansalak, Kec. Simeulue Timur, Kec. Langsa Kota, Kec. Galis, Kec. Bulu, Kec. Pangkajene, Kec. Metro Pusat, Kec. Pantan Cuaca, Nosu, Kec. Nalumsari, Kec. Nunukan, Pagaden Barat

 

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adl pohon palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya bisadimakan. Walaupun tempat asalnya tdk dikth karena tlh sjk lama dibudidayakan, kmngkn tanaman ini berasal dr tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dg tngg sekitar 15-25 meter, tmbh scr tunggal atau membentuk rumpun pada sjmlh batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 m, dg duri pd tangkai daun, menyirip dan memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg pnjng 30 cm dan lebar 2 cm . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dr 6-10 m.

Etimologi

Nm varietas dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kunodáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dari kata kerja Latinferō, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma

Kurma tlh menjadi mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diykn berasal dr sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sjk zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untk dibuat mnjd anggur kurma dan memakannya pd saat panen. Ada bkt arkeologi bddy kurma di bagian Arab timur pd tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bgn utara AfrikaSpanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada thn 1765.

Buah

Buah yang dihslkn oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg pnjng 3-7 cm , berdiameter 2-3 cm  danktk msh muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dr jnsnya. Kurma memiliki bj tunggal yg ukuran pnjngnya sktr 2-2,5 centimeter  dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma diklmpkn menjadi tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini tergantung pd kandungan glukosafruktosa & sukrosa


Pohon kurma merupakan tanaman varietas dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan & betina yang hidup secara terpisah. Mereka bisa tmbh dg mdh dari bakal biji, tetapi hny 50% tumbuhan betina yang ditnm scr pembibitan akan berbuah, & menghasilkan buah yg kecil serta berkualitas rendah. Sebagian besar perkebunan menggunakan perkembangbiakan stek pd tanaman, terutama pada kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yg bnyk srt buah yang manis & besar. Pohon yg tmbh dr cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal daripada tanaman yg mnggnkn bibit.

Pembuahan dg serbuk sari pd tanaman kurma dilakukan secara alami oleh angin tetapi pd perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn scr manual. Penyerbukan alami pd tumbuhan jantan & betina, dapat trjd dengan jmlh yang sama antara kedua tanaman. Nmn, bila dilakukan dg bantuan, satu tanaman jantan bisa mnyrbk hingga 100 tumbuhan betina. Pohon jantan yang mrpkn sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn smbr daya mereka untuk memproduksi lebih bnyk buah pada pohon betina.

Bbrp petani bhkn tidak mmlhr pohon jantan, yg mana sbg bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat wkt penyerbukan. Pnyrbkn manual dikerjakan oleh pkrj terampil dengan mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pekerja memanjat tumbuhan dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dimana alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya ttp mlkt pada bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari dapat diterbangkan ke bunga betina dg angin.

Kurma masak dibagi menjadi empat glngn, yg mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 gram kurma segar bisa mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tdk mnjdknnya jauh lebih pekat pada saat proses pngrngn berlangsung, meskipun vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn tumbuhan tradisional yang pntng di TurkiIraqArabAfrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adl makanan tradisional yang utama untk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) juga dibddykn di Amerika Serikat pdbgn selatanCaliforniaArizona & bgn selatan Florida.

Tumbuhan kurma bisa berbuah setelah ditanam selama 4 smp 7 thn & bisa dipanen ktk telah berusia 7 sampai 10 thn. Tumbuhan kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untuk bisa dipsrkn, tandan kurma harus ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dr cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma

Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmondkenari, manisan jeruk dan kulit lemontahinimarzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dari tajines (untuk puding) diMarokoka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh untakuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat pohon mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yg paling tersedia untk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adalah sumber yg sangat baik untk diet kalium. Kndngn gula pada kurma yg tlh matang sekitar 80%; sisanya trdr dr proteinserat, dan elemen trmsk boronkobalttembagafluormagnesiummanganselenium, dan seng.[5]

Di India dan PakistanAfrika UtaraGhana, & Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yang dikonversi mnjd gula kelapa (yg dikenal sbg jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dari pnydpn pohon palma diknl sebagai lāgbÄ«. Jk dibiarkan untuk jangka waktu yg cukup lama (biasanya berjam-jam, trgntng pada suhu) lāgbÄ« dg mdh bisa mnjd mnmn beralkohol. Keterampilan khusus diperlukan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tdk mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada termasuk UNESCO dilindungi Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disajikan trbngks pd daging babi asap & shallow goreng.

Itu jg digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma

Bj kurma trsbt direndam dr bawah ke atas untk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untuk digunakan dlm bentuk sabun dan kosmetik. Mereka jg bisa diolah secara kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya juga dibkr untuk membuat arang oleh pandai perak & bisa dirngk mnjd kalung. Biji kurma juga tanah & digunakan pada olahan biji kopi atau sebagai bhn tmbhn untuk kopi.

Tandan buah yang telah dipreteli dapat dgnkn sebagai sapu. Di Pakistanviskossirup kental yg terbuat dr buah yang masak dgnkn sbg plps untuk tas kulit & pipa untuk mncgh kebocoran.

Getah tanaman kurma bisa digunakan untuk membuat sirup danberbagai produk bisa dimakan berasal dari sirup.

Daun tumbuhan kurma dgnkn untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat mnjd tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yg diolah bisa dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang merupakan sumber ampas selulosa bisa dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yang berharga mengeluarkan aroma srt seratnya juga bisa digunakan sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untuk tiang & langit-langit pada pondok, krn lebih ringan dari kelapa & tidak bgt thn lama. Kayu jg digunakan untk konstruksi sprt jembatan dan saluran air, dan bagian dr dhows. Sisa kayunya dibakar sebagai bhn bakar.

Dmn tradisi krjnn masih berkembang, seperti di Omantanaman palem adalah yang paling serba guna dr semua tumbuhan asli, & hmpr setiap bgn dari tanaman dgnkn untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untk sarang, perahunelayan, & tmpt tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan

Kurma memiliki kndngn tannin yang tinggi & secara medis digunakan sbg deterjen (mempunyai daya pembersihan) dan astringent pd usus yg brmslh.[butuh rujukan] Kurma bisa dibrkn untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, mrngkn demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mengatakan bahwa kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj jg dgnkn dlm beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang pohon, di India, dgnkn untk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn mlwn sakitgigiSerbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estroneestrogenik, dan mempunyai efek gonadotropic pada tikus muda.

 

2019-03-15 5:22:11 * 2019-03-15 05:18:08

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit