Kurma (pohon) | perawatan pohon kurma

Kurma (pohon) | perawatan pohon kurma



Cara Merawat Pohon Kurma Agar Cepat Berbuah Artikel Pertanian pertanianku cara merawat pohon kurma agar cepat berbuah Cache3 Jun 2018 Tidak hanya di daerah Timur Tengah, pohon kurma juga dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia Ada cara merawat pohon kurma agar cepat  5 Cara Menanam Kurma Agar Cepat Berbuah IlmuBudidaya ilmubudidaya cara menanam kurmaCache23 Sep 2017 Budidaya pohon kurma dapat dilakukan dengan cara generatif dalam proses perawatan tanaman hingga menjadi pohon dewasa Tips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah â–º 5:08 youtube watch?v=vK9sqRuvWU012 Okt 2017 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah Lebat HAsil Agar Pohon Kurma Bisa Berbuah di Indonesia, Ini Jawabannya agronet co id 63 Agar Pohon Kurma Bisa Berbuah di Indonesia Ini JawabannyaCache12 Jun 2017 Pohon Kurma AGRONET Karena kecintaannya pada buah asal timur tengah ini , banyak masyarakat Indonesia yang ingin menanam kurma  Inilah Cara Menanam Kurma yang Benar Agar Cepat Berbuah Fikri fikrikamal cara menanam kurma Cache11 Okt 2018 5 1 Jarak Antar Pohon Kurma; 5 2 Lubang Tanam Pohon Kurma Kamu harus selalu melakukan perawatan pohon kurma sampai bisa  Panduan Cara Menanam Kurma Lengkap untuk Pemula Step by Step! sentrabudidaya tips budidaya cara menanam kurma CacheTanaman kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera dengan jenis pohon proses perawatan agar tanaman kurma dapat tumbuh serta berbuah dengan  Panduan Menanam Kurma Tropis â€" Penanaman Kurma, Perawatan bibitbuahku panduan menanam kurma tropis penanaman kurma perawatan kurma dan pembuahan kurmaCache7 Jul 2018 I Perbedaan kurma tropis dan gurun II Cara penanaman kurma yang benar III Perawatan pohon kurma IV Pembuahan pohon kurma Wow! Kurma Umur 20 Bulan Berbuah di Indonesia oleh Imam kompasiana wow kurma umur 20 bulan berbuah di indonesiaCache27 Sep 2018 Lima tandan buah kurma tampak menjuntai dari satu pohon kurma IPDA Riau buah dari perawatan intensif yang dilakukan Alwi dan rekan Cara Menanam Pohon Kurma agar Cepat Berbuah â€" VIVA viva co id 954925 cara menanam pohon kurma agar cepat berbuahCache9 Sep 2017 VIVA co id â€" Pohon kurma atau date palm, bahasa latin disebut Phoenix Dactylifera, merupakan tanaman jenis Dioecious, memiliki tanaman  Ingin Budidaya Kurma? Begini Caranya RiauOnline riauonline co id life ingin budidaya kurma begini caranyaCacheMirip27 Apr 2016 Peristiwa langka, pohon kurma yang tumbuh subur di pekarangan Masjid Untuk perawatan gunakan pupuk NPK selama 3 bulan sekali atau 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Banten, Kalimantan Timur, Lampung, Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bali, Sulawesi Utara

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah perawatan pohon kurma di Sigi, Kab. Bogor, Kota Cirebon, Polewali Mandar, Kab. Sanggau, Kota Cirebon, Konawe Selatan, Pringsewu, Tapanuli Utara, Kab. Timor Tengah Utara, Sigi, Kab. Lombok Barat, Puncak Jaya, Majene,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | perawatan pohon kurma di Kec. Amandraya, Kec. Kalibawang, Kec. Glagah, Kec. Sukmajaya, Kec. Labuhan Haji, Kec. Talang, Kec. Oebodo, Kec. Pasirwangi, Banggae, Kec. Rambah Hilir, Kec. Purwosari, Kec. Muara Batu, Kec. Singorojo, Kec. Sausu, Kec. Singkil, Kec. Cigemblong, Kec. Pakualaman, Kec. Cantigi, Kec. Ciasem, Kec. Purwaharja

 

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tumbuhan palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya bisadimakan. Walaupun tempat asalnya tdk dikth karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dg tngg sktr 15-25 meter, tmbh scr tunggal atau mmbntk rumpun pada sjmlh batang dari sebuah sstm akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 meter, dg duri pd tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg pnjng 30 cm dan lebar 2 cm . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dari 6-10 meter.

Etimologi

Nm varietas dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kunodáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dari kata kerja Latinferō, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma

Kurma tlh mnjd mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia & tlh dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat mnjd anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bgn Arab timur pd tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bagian utara AfrikaSpanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd thn 1765.

Buah

Buah yang dihasilkan oleh tanaman kurma diknl sbg buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter  &ketika msh muda wrnnya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jnsnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran pnjngnya sktr 2-2,5 cm  & tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma dikelompokan mnjd tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosafruktosa & sukrosa


Tanaman kurma merupakan pohon spesies dioecious, yaitu mempunyai pohon jantan & betina yang hidup secara terpisah. Mereka dapat tmbh dengan mudah dari bakal bj, tetapi hanya 50% pohon betina yang ditanam scr pembibitan akan berbuah, & menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah. Sbgn besar perkebunan menggunakan perkembangbiakan stek pada tumbuhan, terutama pd kultivar 'Medjool' karena bisa mnghslkn panen yang banyak serta buah yg manis & besar. Pohon yg tmbh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal daripada tumbuhan yg menggunakan bibit.

Pembuahan dengan serbuk sari pd tumbuhan kurma dilakukan scr alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn scr manual. Penyerbukan alami pd tanaman jantan & betina, dapat terjadi dengan jumlah yg sama antara kedua tanaman. Namun, bila dilakukan dg bantuan, satu tumbuhan jantan bisa menyerbuki hngg 100 tumbuhan betina. Pohon jantan yg mrpkn sebagai penyerbuk, memungkinkan para petani menggunakan sumber daya mereka untuk memproduksi lebih bnyk buah pd tumbuhan betina.

Beberapa petani bahkan tdk memelihara pohon jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat wkt penyerbukan. Penyerbukan manual dikrjkn oleh pkrj trmpl dengan menggunakan bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah sprt Irak, para pekerja memanjat pohon dg mnggnkn alat pemanjat khusus, dimana alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap mlkt pada bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari bisa diterbangkan ke bunga betina dengan angin.

Kurma matang dbg menjadi empat golongan, yg mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar dapat mngndng sumber vitamin C[butuh rujukan] & energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yg trkndng dlm kurma relatif sedikit & hal ini tidak menjadikannya jauh lebih pekat pd saat proses pengeringan brlngsng, mskpn vitamin C-nya akanhilang.

Kurma merupakan tumbuhan tradisional yang penting di TurkiIraqArabAfrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adl mknn tradisional yang utama untuk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) jg dibddykn di Amerika Serikat padabgn selatanCaliforniaArizona dan bagian selatan Florida.

Tumbuhan kurma bisa berbuah setelah ditanam selama 4 smp 7 thn dan bisa dipanen ketika tlh berusia 7 smp 10 tahun. Tumbuhan kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yang berkualitas untuk bisa dipsrkn, tandan kurma hrs ditipiskan & dibungkus atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma

Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmondkenari, manisan jeruk dan kulit lemontahinimarzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dari tajines (untk puding) diMarokoka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh untakuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat tumbuhan mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yg paling tersedia untk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting & manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adl sumber yang sngt baik untuk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yang telah matang sekitar 80%; sisanya trdr dr proteinserat, dan elemen trmsk boronkobalttembagafluormagnesiummanganselenium, & seng.[5]

Di India & PakistanAfrika UtaraGhana, dan Pantai Gading, tanaman kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yg dikonversi menjadi gula kelapa (yg diknl sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dr penyadapan pohon palma dikenal sebagai lāgbÄ«. Jk dibiarkan untk jngk waktu yang cukup lama (biasanya berjam-jam, trgntng pada suhu) lāgbÄ« dg mdh bisa menjadi mnmn beralkohol. Keterampilan khusus diperlukan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada termasuk UNESCO dilndng Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disajikan terbungkus pada daging babi asap dan shallow goreng.

Itu jg digunakan untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma

Biji kurma tersebut direndam dr bawah ke atas untk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untk digunakan dalam bntk sabun & kosmetik. Mrk juga dapat diolah secara kimia sbg sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untk membuat arang oleh pandai perak dan bisa dirangkai menjadi kalung. Bj kurma jg tanah dan dgnkn pd olahan bj kopi atau sebagai bhn tmbhn untuk kopi.

Tandan buah yg tlh dipreteli bisa dgnkn sebagai sapu. Di Pakistanviskossirup kental yg terbuat dari buah yang masak dgnkn sbg pelapis untuk tas kulit dan pipa untuk mencegah kebocoran.

Getah tanaman kurma bisa dgnkn untk membuat sirup danberbagai produk bisa dimakan berasal dr sirup.

Daun pohon kurma digunakan untuk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untuk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yg diolah bisa dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang merupakan sumber ampas selulosa dapat dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yang brhrg mnglrkn aroma serta seratnya jg bisa digunakan sbg tali, kain kasar, dan topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sbg lulav.

Kayu kayu pohon kurma digunakan untuk tiang dan langit-langit pd pondok, krn lebih ringan dari kelapa dan tidak bgt tahan lama. Kayu jg digunakan untuk konstruksi seperti jembatan & saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bhn bakar.

Dmn tradisi krjnn masih berkembang, sprt di Omantanaman palem adl yang plng srb guna dari semua pohon asli, dan hamper setiap bagian dr tumbuhan digunakan untk membuat barang-barang fungsional mulai dari tali & keranjang untuk sarang, perahunelayan, & tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan

Kurma mempunyai kandungan tannin yg tinggi dan secara medis digunakan sebagai deterjen (mempunyai daya pembersihan) dan astringent pada usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma dapat dibrkn untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, mrngkn demam & sjmlh keluhan lainnya dlm bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mngtkn bhw kurma dapat menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj jg dgnkn dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang tumbuhan, di India, digunakan untuk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn mlwn sakitgigiSerbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estroneestrogenik, & mempunyai efek gonadotropic pd tikus muda.

 

2019-03-15 9:18:12 * 2019-03-15 08:55:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | perawatan pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | perawatan pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit