Kepel | buah kepel adalah

Kepel | buah kepel adalah



Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yang juga dikenal sebagai Burahol Kepel Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki KepelBuah Kepel (Stelechocarpus burahol) Kegemaran Putri Keraton mekarsari buah kepel stelechocarpus burahol kegemaran putri keraton CacheGara gara tidak merakyat, kepel atau burahol menjadi tanaman langka Bagaimana kita melestarikannya kembali sebagai pohon buah yang unik dan  Kepel Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki KepelCacheMiripTumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa  Pemerian Manfaat Budidaya PemeliharaanBuah Kepel, Buah Khas Jogja Kegemaran Putri Keraton Semua bobo grid id buah kepel buah khas jogja kegemaran putri keraton? Cache20 Feb 2018 Apakah teman teman pernah melihat buah kepel? Buah ini dulunya sangat digemari oleh putri keraton, lo!10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan dan Kecantikan Cintai cintaihidup 10 manfaat buah kepel untuk kesehatan dan kecantikan Cache18 Mar 2017 instagram p BQoTLiFlOAO Pernahkah Anda mendengar nama buah satu ini? Buah kepel yang memiliki bahasa latin  [Buah Kepel] yang Manis, yang Wangi, yang Langka oleh Indri kompasiana buah kepel yang manis yang wangi yang langkaCache18 Mar 2012 weleh weleh saya baca sambil nyengir, dasar ya orang nyidam itu boleh pingin apa aja kali, mana ada buah kepel dijual di supermarket Flonimal Nesia: Parfum Alami Yang Unik dari Buah Kepelflonimal nesia blogspot parfum alami yang unik dari buah kepel htmlCache17 Mei 2015 Kepel adalah nama buah itu karena ukuran buahnya yang sekepalan orang dewasa Buah yang berwarna coklat ini di daerah lainnya dikenal  Buah kepel bisa menghilangkan bau mulut Beritagar beritagar id artikel buah kepel bisa menghilangkan bau mulutCache28 Jan 2018 Ilmuwan Universitas Indonesia mengungkap kegunaan ekstrak buah kepel sebagai penghilang bau mulut Ternyata Inilah 10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan dan ► 9:54 youtube watch?v=eX4Gw9qW0yo2 Jun 2017 10 menit Diupload oleh Ariska DamayantiTernyata Inilah 10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan dan Kecantikan Buah Kepel Khas Keraton yang Bermanfaat bagi Kesehatan deherba buah kepel khas keraton yang bermanfaat bagi kesehatan htmlCacheMirip22 Feb 2018 Temukan sederet fakta seputar manfaat buah kepel yang didasarkan pada berbagai riset ilmiah Kepel, Buah Keraton Berpotensi Bahan Kontrasepsi | BioS Magazinebiosmagz ?p=809CacheMirip9 Sep 2013 Daging buah kepel dipercaya mempunyai khasiat mencegah kehamilan atau sebagai alat KB Kandungan alkaloid pada buah kepel 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kepel di Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Aceh, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Papua

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah buah kepel adalah di Ambon, Tanah Datar, Jambi, Tanah Bumbu, Tanjung Pinang, Jambi, Mappi, Tanggamus, Sabang, Prabumulih, Sawahlunto, Nias Utara, Kab. Sukoharjo, Kab. Ponorogo,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kepel | buah kepel adalah di Kec. Kalimanggis, Kec. Jenamas, Kec. Maospati, Kec. Waru, Kec. Binjai Timur, Kec. Kramamongga, Kec. Kangkung, Kec. Silo, Kec. Karangpenang, Kec. Walea Kepulauan, Kec. Mojolaban, Kec. Galur, Kec. Haruai, Kec. Gunung Mas, Kec. Kutorejo, Kec. Sindang Agung, Kec. Mandalle, Kec. Panceng, Kec. Mapat Tunggul Selatan, Kec. VII Koto Sungai Sarik

 

Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah tumbuhan pnghsl buah hdngn meja yang mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yang jg diknl sebagai Burahol. Buah kepel digmr puteri kraton-kraton di Jawa krn diprcy mnybbkn keringat beraroma wangi dan membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian

Pohon tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya mencapai 25 meter. Tajuknya teratur berbentuk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dg percbngn mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yang scr khas trttp oleh bnyk benjolan yg besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong smp bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) cm  × (5-9) cm, brwrn  hijau gelap, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna  hijau kmdn berubah menjadi keputih-putihan, mncl pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas & di cabang-cabang yang lbh tua, berkumpul sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 cm; bunga betinanya hanya berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 cm. Buahnya dg 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mencapai 8 centmeter; daun buah yang masak hmpr bulat bntknya, brwrn  kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya brwrn  coklat, berisi sari buah, dpt dimakan. Bjnyabrbntk menjorong, brjmlh 4-6 butir, pnjngnya sktr 3 cm, berat segar 62-105 g, srt bagian yg dpt dimakan sbnyk 49% & bjnya 27% dari berat buah segar.

Manfaat

Buahnya yang matang dimkn dlm keadaan segar. Disebutkan bhw dagingnya yg berwarna  jingga & mengandung sari buah itu mmbrkn aroma sprt bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, dan napas). dlm pengobatan, daging buahnya berfungsi sbgpeluruh kencing, mncgh radang ginjal & mnybbkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jd, kepel ini oleh pr wanita bangsawan digunakan sbgparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya scr tradisional trbts di Kesultanan YogyakartaKayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus stlh direndam beberapa bln dlm air, digunakan untk bhn bangunan rumah &dibrtkn tahan lbh dr 50 thn. Kepel merupakan tanaman hias pohon yg indah, daunnya yg muncul scr serentak brbh dari merah muda pucat mnjd merah keunguan sebelum berubah lg mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya brbntk silindris atau piramid dg banyak cabang lateral yang trssn scr sistematik, dan sifatnya yg kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh

Kepel tmbh liar pada tanah lembap & dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sebagai tanaman buah pada ketinggian mncp 600 m dpl, dan mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tmpt itu tanaman-tanaman lain tdk mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dr biji yang diambil dari buah masak dan disemaikan scptnya. Penyetekan & pencangkokan sdh pernah dicoba, ttp tidak brhsl. Benihnya dibersihkan dg jalan dicuci dan dikeringkan di tempat teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, tetapi prkcmbhnnya msh memerlukan waktu bbrp bln. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi juga. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tdk bercabang untuk beberapa wkt. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pd saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mncp 0,5-1,0 meter bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jrk tnm 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phasejuvenile phase) brlngsng slm 6-9 tahun.

Pemeliharaan

Hama dan Penyakit

Blm ada laporan mengenai hama & penyakit yg berbahaya, tetapi pohonnya harus dijaga dari serangan kelelawar & binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen

Buah kepel dianggap matang bl digores kulitnya trlht bgn bawahnya berwarna  kuning atau coklat muda (jika berwarna  hijau, buah masih belum masak). untuk menjaga kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sblm dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung & hndknya diperlakukan dg hati-hati; buah kepel dapat bertahan disimpan 2-3 minggu pd suhu ruang

 

2019-03-14 23:07:12 * 2019-03-14 22:57:10

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | buah kepel adalah adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | buah kepel adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit