Kelapa | kelapa cabang

Kelapa | kelapa cabang
|
|
|
|

 

 

Kelapa (Cocos nucifera) adl anggota tunggal dlm marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia shngg dianggap sbg pohon serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adl sebutan untk buah yg dihasilkan pohon ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, nmn kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

 

Pohon dg batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas namun bila sudah tua tdk terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya krng baik digunakan untuk bangunan. Daun mrpkn daun tunggal dg pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nampak seperti daun majemuk.Bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea; trdpt bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yg jauh dr pangkal. Buah besar, diameter 10 cm sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bgn endokarp yg keras (dsbt batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yg hanya dilindungi oleh membran yg melekat pd sisi dalam endokarp. Endospermium brp cairan yang  mengandung bnyk enzim, dan fase padatannya mengendap pd dinding endokarp seiring dg smkn tua buahnya; embrio kecil & baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (dsbt kentos).

Kelapa scr alami tmbh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 meter. Ia berasal dr pesisir Samudera Hindia, nmn kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tmbh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, nmn seiring dg meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

 

Kelapa adalah pohon serba guna bg msyrkt tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yg dsbt  kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dg mutu menengah, & dpt dipakai sbg papan untuk rumah.

Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, dsbt janur, dipakai sbg bahan anyaman dlm pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yg sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa & Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, dsbt lidi, dihimpun mnjd satu menjadi sapu.

 

Tandan bunga yang masih muda, yang disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar [dlm|dalam} bahasa Jawa, dipakai orang untk hiasan dalam upacara perkawinan dg simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sbg bhn pengganti gori dalam pembuatan gudeg & dsbt gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, dsbt bluluk dalam bahasa Jawa dpt dimakan. Cairan manis yg keluar dari tangkai bunga, disebut (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dpt diminum sbg penyegar atau difermentasi mjd tuak. Gula kelapa jg dibuat dari nira ini.

Buah kelapa adl bagian paling bernilai ekonomi. Sabut bagian mesokarp yang brp serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bhn bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bg anggrek. Tempurung atau batok, yg sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sbg bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagaikerajinan tangan.

 

Endosperma buah kelapa ygberupa cairan serta endapannya yg melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih & lunak srt biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan  efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pd dinding batok melainkan tercampur dg cairan endosperma. Mutasi ini disebu (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas &  cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini jg dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adl bhn baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak mnjd bhn minuman penyegar dan  merupakan limbah industri kopraNmn, cairan ini dpt dimnftkn lagi untk dibuat mnjd bahan semacam jelly yg dsbt nata de coco dan merupakan bahan cmprn minuman penyegar. Daging buah kelapa jg dapat dimanfaatkan sbg penambah aroma pd masakan daging serta dapat dimnftkn sebagai obat rambut yang rontok. 


2019-03-10 11:55:07 * 2019-03-10 11:47:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kelapa | kelapa cabang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kelapa | kelapa cabang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit