Gaharu | tanaman gaharu dalam pot

Gaharu | tanaman gaharu dalam pot

Gaharu adl kayu berwarna kehitaman & mengandung resin khas yg dihasilkan oleh sejumlahjenis tanaman dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum & setanggi) krn berbau harum. Gaharu sjk awal era modern (2000 thn yg lalu) tlh mnjd komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Brdsrkan studi dr Ng et al. (1997)[1], diketahui spesies-spesies brkt ini mnghslkn resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, & Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihslkn oleh tumbuhan sbg respon dari mikroba yg masuk ke dalam jaringan yg terluka.[2] Luka pada tumbuhan berkayu dpt disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yg patah atau kulit terkelupas, maupun scr sengaja dg pengeboran dan penggergajian.[2] Masuknya mikroba ke dlm jaringan tumbuhan dianggap sbg benda asing sehingga sel tanaman akan mnghslkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai perthnn terhdp penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin tersebut dpt berupa resin brwrn coklat dan beraroma harum, srt mnmpk pada pembuluh xilemfloem untk mencegah meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Nmn, apabila mikroba yg menginfeksi tanaman dpt mnglhkan sistem pertahanan tumbuhan mk gaharu tdk terbentuk & bagian tumbuhan yg luka dpt membsk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cbng tanaman.[4] Senyawa gaharu dapat menghasilkan aroma yg wangi krn mengandung senyawa guia dienalselina-dienone, dan selina dienol.[4] Untk kepentingan komersil, msyrkt mengebor batang tanaman penghasil gaharu & memasukkan inokulum cendawan ke dlmnya. Setiap jenis tanaman penghasil gaharu memiliki mikroba spesifik untuk menginduksi penghasilan gaharu dlm jumlah yang besar. Beberapa cnth cendawan yang dpt dignkn [sbg|sebagai} inokulum adalah Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium dan Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu bnyk diprdgngn dg hrg jual yang sngt tinggi terutama untk gaharu dr tanaman famili Themeleaceae dg jenis Aquilaria spp. yg dlm dunia perdangangan dsbt sebagai gaharu beringin.[5] Untk jenis gaharu dengan nilai jual yg relatif rendah, biasanya dsbt sbg gaharu buaya.[5]Selain ditntkan dr spesies tumbuhan pnghslnya, kualitas gaharu juga ditntkn oleh banyaknya kandungan resin dalam jaringan kayunya[5]. Smkn tinggi kndngn resin di dlmnya maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal & bgt pula sebaliknya.[5] Scr umum perdagangan gaharu digolongkan menjadi tiga kls besar, yaitu gubalkemedangan, & abu.[6] Gubal merupakan kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dengan kndngn damar wangi dan aroma yang lemah serta memiliki penampakan fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, mempunyai serat kasar, & kayu lunak.[6] Kls trakhr adl abu gaharu yg mrpkn serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sebelum dijadikan bhn baku parfum, gaharu hrs diolah trlbh dahulu untuk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yang trkndng di dlmnya. Sbgn kayu gaharu dapadijual ke ahli penyulingan minyak yg biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untuk mengekstraksi minyak dari kayu tersebut.[7] Untuk mendapatkan minyak gaharu dg distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kemudian dipndhkn ke dlm suatu tmpt untuk menguapkan air hingga minyak yang terkandung keluar ke permukaan wadah & senyawa aromatik yang menguap dapat dikumpulkan scr terpisah.[7] Teknik distilasi uap mnggnkn ptngn gaharu yg dimskkn ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yang mnybbkn sel tumbuhan dapat terbuka dan minyak & senyawa aromatik untuk parfum dpt keluar.[7] Uap air akan membawa senyawa aromatik trsbt kmdn melalui tempat pendinginan yang membuatnya terkondensasi kembali mnjd cairan.[7] Cairan yang berisi campuran air dan minyak akan dipshkan hngg trbntk lapisan minyak di bgn atas dan air di bwh.[7] Salah satu metode dgnkn saat ini adalah ekstraksi dg superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg terbentuk krn tknn tinggi.[7] CO2cair berfungsi sebagai pelarut aromatik yang digunakan untk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini mngntngkan karena tdk trdpt residu yg tersisa, CO2 dapatdg mdh diuapkan saat brbntk gas pada suhu dan tekanan normal.[7]

Konservasi

Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan bahwa tanaman gaharu spesies A. malaccensis masuk ke dlm Appendix II, yaitu tumbuhan yg dibatasi perdangannya.[8] Pntpn trsbt dikarenakan populasi tumbuhan penghasil gaharu semakin menyusut di alam yg disbbkn para pengusaha gaharu tdk dpt mengnl dg tepat mana tumbuhan yang sudah mngndng gaharu dan siap dipanen.[9] Untuk mncr pohon penghasil gaharu, para pengusaha menebang puluhan pohon yang salah (tidak menghasilkan gaharu) shngg jumlah tanaman tersebut sangat berkurang.[9] Pada thn 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghsl gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dlm daftar Appendix 2 untuk membatasi perdagangannya sehingga perdagangan gaharu harus mempunyai izin dr CITES dan dlm kuota trtnt.[10] Hal ini dilkkn untuk memastikan jenis pohon gaharu alam dpt berkembang & trsbr dengan baik.[9]

 

2019-03-10 10:47:06 * 2019-03-10 10:47:04

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | tanaman gaharu dalam pot adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | tanaman gaharu dalam pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit