Gaharu | bibit tanaman gaharu

Gaharu | bibit tanaman gaharu

Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman & mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlahspesies pohon dr marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dignkn dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 thn yg lalu) tlh menjadi komoditi perdagangan dr Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Berdasarkan studi dari Ng et al. (1997)[1], diketahui jenis-jenis brkt ini mnghslkn resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, dan Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihasilkan oleh tanaman sebagai respon dari mikroba yang masuk ke dlm jaringan yang terluka.[2] Luka pd tumbuhan berkayu dpt disebabkan scr alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun scr sngj dg pengeboran & penggergajian.[2] Msknya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sbg benda asing shngg sel tumbuhan akan mnghslkan suatu senyawa fitoaleksin yg berfungsi sbg perthnn terhadap penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin tersebut dapat brp resin brwrn coklat & beraroma wangi, serta menumpuk pd pembuluh xilemdan floem untuk mncgh meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Nmn, apabila mikroba yg menginfeksi tanaman dpt mengalahkan sistem pertahanan tanaman maka gaharu tidak trbntk dan bagian tumbuhan yang luka dpt membsk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pd batang dan cabang tanaman.[4] Senyawa gaharu dapat mnghslkan aroma yang harum krn mngndng senyawa guia dienalselina-dienone, dan selina dienol.[4] Untk kepentingan komersil, msyrkt mengebor batang tumbuhan pnghsl gaharu & memskkn inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap jenis tanaman pnghsl gaharu mempunyai mikroba spesifik untuk menginduksi penghslan gaharu dlm jmlh yang bsr. Beberapa contoh cendawan yg dapat dignkn [sbg|sebagai} inokulum adalah Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium & Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu bnyk diperdagangan dg harga jual yg sangat tinggi terutama untk gaharu dr tumbuhan famili Themeleaceae dengan spesies Aquilaria spp. yg dalam dunia perdgngan disebut sbg gaharu beringin.[5] Untuk jenis gaharu dg nilai jual yg relatif rendah, biasanya disebut sbg gaharu buaya.[5]Selain ditentukan dari spesies tumbuhan penghasilnya, kualitas gaharu jg ditentukan oleh bnyknya kandungan resin dalam jaringan kayunya[5]. Semakin tinggi kandungan resin di dlmnya maka hrg gaharu tersebut akan semakin mhl & begitu pula sebaliknya.[5] Secara umum perdgngan gaharu digolongkan mnjd tiga kelas besar, yaitu gubalkemedangan, & abu.[6] Gubal merupakan kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dg kandungan damar wangi & aroma yang lemah serta mempunyai penmpkn fisik brwrn kecoklatan sampai abu-abu, mempunyai serat kasar, dan kayu lunak.[6] Kelas trakhr adalah abu gaharu yang mrpkn serbuk kayu hsl pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sebelum dijdkan bahan baku parfum, gaharu hrs diolah trlbh dhl untk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yang trkndng di dalamnya. Sbgn kayu gaharu dapadijual ke ahli penyulingan minyak yang biasanya mnggnkan teknik distilasi uap atau air untk mengekstraksi minyak dr kayu trsbt.[7] Untk mendapatkan minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dlm air kemudian dipndhkn ke dlm suatu tempat untk menguapkan air hingga minyak yg trkndng keluar ke permukaan wadah & senyawa aromatik yg menguap dpt dikmplkan scr terpisah.[7] Teknik distilasi uap menggunakan potongan gaharu yg dimasukkan ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yg mnybbkn sel tanaman dpt terbuka & minyak dan senyawa aromatik untuk parfum dpt keluar.[7] Uap air akan membawa senyawa aromatik trsbt kmdn melalui tmpt pendinginan yg membuatnya terkondensasi kembali menjadi cairan.[7] Cairan yg berisi campuran air & minyak akan dipshkan hngg terbentuk lapisan minyak di bagian atas & air di bwh.[7] Slh satu metode digunakan saat ini adalah ekstraksi dengan superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg terbentuk krn tekanan tinggi.[7] CO2cair berfngsi sbg pelarut aromatik yg digunakan untk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini menguntungkan karena tdk trdpt residu yg tersisa, CO2 dapatdg mudah diuapkan saat berbentuk gas pd suhu & tknn normal.[7]

Konservasi

Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat mntpkn bahwa pohon gaharu jenis A. malaccensis masuk ke dlm Appendix II, yaitu tumbuhan yg dibts perdangannya.[8] Pntpn tersebut dikrnkn populasi tanaman penghasil gaharu smkn menyusut di alam yang disebabkan para pengusaha gaharu tdk dpt mengenali dengan tpt mana tanaman yang sdh mengandung gaharu dan siap dipanen.[9] Untk mncr tanaman penghasil gaharu, para pengusaha menebang puluhan pohon yg slh (tidak mnghslkan gaharu) sehingga jmlh pohon tersebut sangat brkrng.[9] Pd thn 2004, Indonesia mengjkn agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dalam dftr Appendix 2 untuk mmbts perdagangannya shngg perdagangan gaharu harus memiliki izin dr CITES & dlm kuota tertentu.[10] Hal ini dilkkn untk memastikan spesies pohon gaharu alam dpt berkembang dan trsbr dg baik.[9]

 

2019-03-13 6:02:09 * 2019-03-13 04:28:12

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | bibit tanaman gaharu adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | bibit tanaman gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit