Cabai | cabai rimba

Cabai | cabai rimba

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat diglngkn sebagai sayuran mpn bumbu, tergantung bagaimana dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yg pedas sngt popular di Asia Tenggara sbg penguat rasa makanan. Bagi seni mskn Padang, cabai bhkn dianggap sbg "bhn mknn pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bg mskn Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu varietas sayuran yg mempunyai nilai ekonomi yg tinggi. Cabai mengandung berbagai macam snyw yg berguna bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mngndng antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tbh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adl pd cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yg berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan slh satu komoditas sayuran yang bnyk dibddykn oleh petani di Indonesia krn mempunyai hrg jual yg tngg [2]dan mempunyai bbrp manfaat kesehatan yg salah satunya adl zat capsaicin yg berfungsi dlm mngndlkn penyakit kanker. Sln itu kndngn vitamin C yg cukup tinggi pada cabai dapat mmnh kebutuhan harian stp orang, namun hrs diknsms secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) dan mrpkn tanaman yang mdh ditnm di dataran rendah ataupun di dataran tngg. Pohon cabai bnyk mengandung vitamin A & vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang mnybbkn rasa pedas & mmbrkn kehangatan panas bl dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditnm dg mudah shngg dapat dipakai untk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.

Pohon cabai cocok ditnm pd tanah yg kaya humus, gembur dan sarang, srt tdk trgnng air; pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Wkt tanam yang baik untuk lahan kering adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yg tinggi, dapat jg [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober & panen pd bln Desember, walaupun ada rsk kegagalan. Tanaman cabai diprbnyk mll bj yang ditnm dr pohon yang sehat serta bbs dari hama & penyakit. Buah cabai yang telah diseleksi untk bibit dijmr hingga kering. Kalau panasnya cukup dalam lima hari tlh krngkering kmdn br diambl bjnya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sktr 2-3 kg buah cabai (300-500 gram bj).

Permasalahan produksi

Salah satu gangguan utama dalam sistem produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini sering mnybbkn ggl panen[3]. Lprn Departemen Pertanian RI thn 2006 menunjukkan bhw krskn pd tumbuhan cabai di Indonesia dpt mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng srng tmpk sehat & utuh dr luar ttp bila dilihat di dalamnya mmbsk & mngndng larva lalat. Penyebabnya terutama adalah lalat buahBactrocera carambolae. Karena gejala awalnya yg tak tampak jls, smntr hama ini sebarannya masih trbts di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yg ditkt sehingga dapat mnjd penghambat ekspor buah-buahan maupun pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn slh satu hama pntng pd bddy cabai karena dapat mnybbkn krskn hngg 80%. Cara pngndlnnya bisa menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sdh dilakukan cara untk mngndlkn srngn lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yg dapat mncgh srngn lalat buah. Akan tetapi, cara ini tidak praktis untuk dilkkn pd tumbuhan cabai dalam areal yang luas. Smtr pnggnn insektisida sln mncmr lingkungan jg sngt berbahaya bagi konsumen buah. Oleh karena itu, dibutuhkan cara pengendalian yang rmh lngkngn dan cocok untk ditrpkn di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Upaya pngndln lalat buah pd pohpn cabai, khususnya cabai merah, adl penggunaan insektisida sintetik krn dianggp praktis, mdh diperoleh, dan mnnjkkn efek yg cepat. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai penolak lalat buah.[5]

 

 

2019-02-19 16:10:03 * 2019-02-19 15:13:01

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai rimba adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai rimba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit