Cengkih | cengkeh trenggalek

Cengkih | cengkeh trenggalek

Cengkih (Syzygium aromaticumsyn. Eugenia aromaticum), dlm bahasa Inggris disebut cloves, adl tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah  tumbuhan asli Indonesia, banyak dgnkn sbg bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sbg bahan utm rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; sln itu juga dibudidayakan di ZanzibarIndia, & Sri Lanka.

Tumbuhan ini adl  flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian

Pohon cengkih mrpkn tumbuhan tahunan yang dpt tmbh dengan tinggi 10–20 meter, memiliki daun brbntk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau, dan brwrn merah jika bunga sdh mekar. Cengkih akan dipanen jika sudah mncp pnjng 1,5–2 cm.

Penggunaan

Cengkih dapat digunakan sebagai bumbu, baik dlm bntknya yg utuh atau sbg bubuk. Bumbu ini digunakan diEropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih digunakan sbg bhn rokok kretek. Cengkih juga dgnkn sbg bahan dupa di Republik Rakyat Tiongkok & JepangMinyak cengkih dgnkn di aromaterapi dan juga untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai pestisida nabati & efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dengan memberikan 50-100 gram daun cengkih kering per pohon[1].

Sejarah cengkih

PdPada abad yg keempat, pemimpin Dinasti Han dr Tiongkok memerintahkan setiap orang ygmndktnyauntuksblmnya menguyah cengkih, agr harum napasnya. Cengkih, pala & merica sangatlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bhn tkr mnkr oleh bangsa Arab pd abad pertengahan. pada akhir abad ke-15, orang Portugis mngmbl alih jalan tukar mnkrdi Laut India. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dg Spanyol, selain itu juga dengan perjanjian dg sultanTernate. Orang Portugis membawa bnyk cengkih yang mrk dapatkan dari kepulauan Maluku ke Eropa. pada saat itu hrg 1 kilogram cengkih sama dengan hrg 7gram emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. dg susah payah orang Prancis brhsl membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibddykn di GuyanaBrasiliadan Zanzibar.

Pd abad ke-17 dan ke-18 di Inggris hrg cengkih sama dg harga  emas karena tingginya biaya impor. Sbb cengkih dsn dijdkn slh satu bhn mknn yang sngt bermanfaat bagi warga & sktrnya yg mengonsumsi tumbuhan cengkih tersebut. Sampai sekarang cengkih menjadi salah satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.

Tanaman cengkih yang dianggap tertua yang masih hidup trdpt di Kelurahan Tongole, Kcmtn Ternate Tengah, sekitar 6 km dr pusat kota Ternate. Pohon ygdsbt sbg Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 meter, berdiameter 198 m, & keliling batang 4,26 meter. Stp thnnya ia mmp mnghslkn sekitar 400 kg bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih

Minyak esensial dari cengkih memiliki fungsi anestetik & antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas & untk menghilangkan sakit gigi. Zat yg trkndng dalam cengkih yg brnm eugenol, digunakan dokter gigi untk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih jg digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "chōji" berarti cengkih; "yu" berarti  minyak) & dgnkn oleh orangJepang untuk merawat permukaan pedagang mrk.

2019-02-19 14:13:02 * 2019-02-19 12:39:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih | cengkeh trenggalek adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih | cengkeh trenggalek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit