Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh

Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh



Kebun Kurma Kini Hijaukan Aceh, Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik kebun kurma kini hijaukan aceh siap panen mei 2018Cache14 Mar 2018 Aceh Mahdi Muhammad (54) berjalan pelan menyusuri perkebunan seluas 18 hektare yang sudah ditanami 2 000 pohon kurma Sesekali, ia  Foto: Kebun Kurma di Aceh yang Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik foto kebun kurma di aceh yang siap panen mei 2018Cache16 Mar 2018 Pohon kurma identik dengan tanaman padang pasir di sepanjang Arab Namun, Mahdi menanamnya di Aceh dan siap panen dua bulan lagi menelusuri kebun kurma di lembah barbatee aceh besar YouTubeâ–º 5:20 youtube watch?v=_OZEdjNelIg21 Apr 2018 5 menit Diupload oleh PUJA TV LHOKSEUMAWEMENYUSURI PERKEBUNAN SELUAS 18 HEKTARE YANG SUDAH DITANAMI 2 000 Lahan Tandus di Aceh Kini Jadi Kebun Kurma YouTubeâ–º 1:00 youtube watch?v= 6fkRh4OwR018 Mar 2018 1 menit Diupload oleh KOMPASTVLahan seluas 18 hektar kini telah ditanami 3 000 pohon kurma di Lembah Barbate Kebun kurma di Aceh terluas di Indonesia total 300 hektar lahan â–º 3:11 youtube watch?v=qXBGKS9pOag19 Nov 2018 3 menit Diupload oleh Petani Kota87kebun kurma terluas di Indonesia ada di Aceh yaitu di lembah barbate, total luas kebun Kebun Kurma di Lahan Tandus Aceh oleh Pocut Ghina Shabira kompasiana kebun kurma di lahan tandus acehCache29 Sep 2018 Adalah Mahdi, seorang mantan Kepala Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, yang mempelopori penanaman pohon kurma di Aceh Dengan  Perkebunan Kurma di Aceh | Republika Online republika co id p9hh2z283 perkebunan kurma di acehCache29 Mei 2018 Pekerja merawat pohon kurma di Lembah Berbate, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa (29 5) (Foto:Antara Irwansyah) Pekerja merawat  IDPA Tanam Ribuan Kurma di Aceh Serambi Indonesiaaceh tribunnews 2019 01 08 idpa tanam ribuan kurma di acehCache8 Jan 2019 Acara itu menjadi awal dari penanaman pohon kurma di garis pantai Indonesia, yang dimulai dari ujung Sumatera dan Kilometer Nol Pulau  Kurma Tumbuh Subur di Aceh | Sumut Pos sumutpos co 2018 03 15 kurma tumbuh subur di aceh Cache15 Mar 2018 Ribuan pohon kurma itu sekarang sudah berusia 26 bulan dan 8 bulan lagi dipastikan akan berbuah dan siap panen Selain akan berbuah  Bibit Biji Pohon KURMA ACEH Beranda | Facebook id id facebook pohonkurmaaceh Bibit Biji Pohon KURMA ACEH 2 578 suka · 17 membicarakan ini Menjual Bibit Biji Pohon Kurma di Aceh Kota Lhokseumawe

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di DI Yogyakarta, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Lampung, Bali, Kalimantan Utara, Papua

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma di aceh di Kota Surakarta, Nunukan, Toba Samosir, Intan Jaya, Tanjung Jabung Timur, Toba Samosir, Kab. Banyumas, Bungo, Jakarta Pusat, Samosir, Tolikara, Minahasa, Bener Meriah, Kab. Madiun,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh di Kec. Anjatan, Kec. Cibalong, Kec. Bulang, Kec. Kedamean, Kec. Wonokromo, Kec. Pantan Cuaca, Kec. Pragaan, Kec. Selebar, Kec. Kamu Selatan, Kec. Aikmel, Kec. Namo Rambe, Kec. Cikelet, Kec. Sindang Jaya, Kec. Orong Telu, Kec. Belinyu, Kec. Wanea, Kec. Talun, Kec. Anggeraja, Kec. Sukorejo, Kec. Kota Bogor Utara

Kurma, (Arab: Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adl pohon palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya bisadimkn. Wlpn tempat asalnya tidak dikth karena telah sejak lama dibudidayakan, kmngkn pohon ini berasal dari tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dg tngg sktr 15-25 meter, tumbuh scr tunggal atau membentuk rumpun pd sjmlh batang dari sebuah sstm akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 meter, dengan duri pada tangkai daun, menyirip & memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg panjang 30 centimeter & lebar 2 centimeter . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dari 6-10 meter.

Etimologi
Nm spesies dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tanaman Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia & telah dibddykn sejak zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat mnjd anggur kurma & memakannya pd saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bgn Arab timur pada thn 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sktr Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diprknlkn di Mexico & California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada thn 1765.

Buah
Buah yang dihslkn oleh tumbuhan kurma diknl sbg buah kurma.[4] Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan pnjng 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter &ketika msh muda wrnnya merah cerah ke kuning terang, trgntng dari jenisnya. Kurma mempunyai biji tunggal yang ukuran panjangnya sktr 2-2,5 centimeter dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini trgntng pd kandungan glukosa, fruktosa & sukrosa.
Pohon kurma merupakan pohon jenis dioecious, yaitu mempunyai tumbuhan jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka bisa tmbh dengan mudah dari bakal bj, ttp hny 50% pohon betina yang ditanam scr pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah. Sbgn besar prkbnn mnggnkn perkembangbiakan stek pada tumbuhan, terutama pd kultivar 'Medjool' karena bisa mnghslkn panen yang bnyk srt buah yang manis & besar. Pohon yang tmbh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lbh awal drpd tumbuhan yang mnggnkn bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pada tanaman kurma dilakukan scr alami oleh angin tetapi pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pd pohon jantan & betina, bisa terjadi dengan jumlah yg sama antr kedua pohon. Namun, bila dilkkn dengan bantuan, satu tumbuhan jantan bisa mnyrbk hngg 100 tanaman betina. Tumbuhan jantan yang merupakan sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan smbr daya mereka untuk memproduksi lbh banyak buah pada tanaman betina.

Bbrp petani bhkn tdk mmlhr tanaman jantan, yg mana sbg bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pd saat waktu penyerbukan. Pnyrbkn manual dikrjkn oleh pkrj terampil dengan menggunakan bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pekerja mmnjt tumbuhan dg menggunakan alat pemanjat khusus, dimana alat tersebut mengitari batang pohon & pendaki membuatnya tetap mlkt pd bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari dapat diterbangkan ke bunga betina dg angin.

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan, yang mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 g kurma segar bisa mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yang trkndng dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tdk menjadikannya jauh lbh pekat pd saat proses pengeringan berlangsung, mskpn vitamin C-nya akanhlng.

Kurma mrpkn tumbuhan tradisional yg pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adl makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat padabagian selatanCalifornia, Arizona dan bgn selatan Florida.

Tanaman kurma dapat berbuah setelah ditanam slm 4 smp 7 tahun & bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 thn. Pohon kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan dan dibngks atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dr cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dr tajines (untk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yg paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adl sumber yg sngt baik untk diet kalium. Kndngn gula pd kurma yg telah masak sekitar 80%; sisanya terdiri dari protein, serat, dan elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, & seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, dan Pantai Gading, pohon kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yang dikonversi mnjd gula kelapa (yg diknl sbg jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dari penyadapan tumbuhan palma dikenal sbg lagbi. Jk dibiarkan untk jngk waktu yang cukup lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dg mudah bisa mnjd mnmn beralkohol. Keterampilan khusus diperlukan pd saat penyadapan tanaman palma sehingga tdk mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada trmsk UNESCO dilindungi Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disajikan trbngks pd daging babi asap dan shallow goreng.

Itu juga digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma trsbt direndam dr bwh ke atas untuk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untuk dgnkn dlm bntk sabun dan kosmetik. Mrk jg bisa diolah secara kimia sbg sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibkr untk membuat arang oleh pandai perak & bisa dirangkai menjadi kalung. Bj kurma juga tanah dan digunakan pada olahan biji kopi atau sebagai bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yg tlh dipreteli dapat digunakan sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yg terbuat dari buah yang matang dgnkn sebagai plps untk tas kulit & pipa untk mncgh kebocoran.

Getah pohon kurma bisa dgnkn untuk membuat sirup danberbagai produk dapat dimakan berasal dr sirup.

Daun pohon kurma digunakan untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat mnjd tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yang diolah bisa dgnkn sbg isolasi kardus. Tangkai daun kering yg merupakan sumber ampas selulosa bisa dijadikan sbg tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yang berharga mengeluarkan aroma srt seratnya jg bisa digunakan sbg tali, kain kasar, dan topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untuk tiang dan langit-langit pd pondok, karena lbh ringan dr kelapa dan tdk begitu thn lama. Kayu juga digunakan untuk konstruksi seperti jembatan & saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibakar sebagai bahan bakar.

Dimana tradisi krjnn msh brkmbng, seperti di Oman, pohon palem adl yang plng serba guna dari semua tanaman asli, dan hamper setiap bgn dari tumbuhan digunakan untk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untuk sarang, perahunelayan, & tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kndngn tannin yang tinggi & secara medis digunakan sebagai deterjen (mempunyai daya pembersihan) dan astringent pd usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma bisa dibrkn untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam & sjmlh keluhan lainnya dalam bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mengatakan bahwa kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj juga digunakan dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang tumbuhan, di India, dgnkn untuk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan melawan sakitgigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan mempunyai efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-04-02 22:44:08 * 2019-04-02 22:41:09

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit