Melati | tanaman melati cina

Melati | tanaman melati cina

 

Melati mrpkn pohon bunga hias berupa perdu berbatang tegak yg hdp menahun. Melati mrpkn genus dari semak & tumbuhan merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Trdr dr sktr 200 varietas pohon asli daerah beriklim tropis dan hngt dari Eurasia, Australasia dan Oseania, melati scr luas dibddykn untuk aroma khas bunganya yang wangi. Di Indonesia, salah satu varietas melati tlh dipilih mnjd "puspa bangsa" atau bunga simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini mlmbngkn kesucian & kemurnian, srt dikaitkan dengan berbagai tradisi dr banyak suku di negara ini. Bunga ini mrpkn bgn yg tdk terpisahkan dr hiasan rambut pengantin perempuan dlm upacara perkawinan brbg suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. spesies lain yang jg popular adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nm melati dikenal oleh masyarakat di slrh wlyh Nusantara. Nama-nama daerah untk melati adl Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1]Menyuru(Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima & Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Di Italiamelati casablanca (Jasminum officinalle), yang dsbt Spanish Jasmine ditnm thn 1692 untuk dijadikan parfum. Thn 1665 di Inggris dibddykn melati putih (J. sambac) yg diprknlkn oleh Duke Casimo de Medici. Dlm tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yg kemudian dibddykn di Inggris pd thn 1923.

Manfaat

Bunga melati brmnft untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangikosmetikaparfumfarmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan cmprn atau pengharum teh, seperti teh melati yg popular di Indonesia.

Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau mnghntkn keluarnya susuibu[2][3], dalam rupa bunga yg dihancurkan atau tapal daun-daunan yang ditempelkan di atas buah dada[4].

Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini jg digunakan sbg obat kumur untk mengobati seriawan dan pmbngkkn gusi. Air rendaman bunga yg tlh bermalam digunakan sbg penyegar untk mencuci muka.[4]

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sbg pnrn demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untk mngts radang peparubronkitis, & jg asthma. Akar yg ditumbuk dijdkn tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dlm alkohol) akar J. sambac mempunyai khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka.[4]

Bbrp spesies melati juga ditnm sbg penghias taman.[5].

2019-03-12 13:59:14 * 2019-03-12 13:59:08

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Melati | tanaman melati cina adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Melati | tanaman melati cina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit