Mahoni | cara pembibitan pohon mahoni

Mahoni | cara pembibitan pohon mahoni

 

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni trmsk tanaman besar dengan tngg tanaman mencapai 35–40 m & diameter mencapai 125 centimeter.[2] Batang lurus brbntk silindris & tidak berbanir.[2] Kulit luar brwrn cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sdngkn kulit btng berwarna abu-abu dan  halus ketika masih muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur dan  mnglps stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pd mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Bj pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt dijumpai tumbuh liar di hutan jati dan  tempat-tempat lain yang dekat dg pantai, atau ditanam di tepi jln sebagai tanaman pelindung.[5] Tumbuhan yang asalnya dr Hindia Barat ini, bisa tmbh sbr bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai.[6]

Manfaat

Tumbuhan mahoni dapat mngrng polusi udara sktr 47% - 69% shngg dsbt sbg tanaman plndng sklgs filter udara &  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya brtgs mnyrp polutan-polutan di sktrnya. Sblknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yg membuat udara di sekitarnya menjadi segar.[7] Ketika hujan turun, tanah dan  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yang jth, sehingga menjadi cdngn air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilprkn dapat melancarkan peredaran darah sehingga para pndrt penyakit yg menyebabkan tersumbatnya aliran darah disarankan mmk buah ini sbg obat, mngrng kolesterol, pnmbnn lemak pada slrn darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan  lebam, srt brtndk sbg antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas[8], mencegah penyakit sampar, mngrng lemak di badan, membantu mngktkn sstm kkbln, mncgh pembekuan darah, serta menguatkan fungsi hati &  mmprlmbt proses pmbkn darah[9]. Sifat Mahoni yg dapat bertahan hidup di tanah gersang mnjdkn tanaman ini sesuai ditanam di tepi jalan. Bagi penduduk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bknlah tanaman yang baru, karena sjk zaman penjajahan Belanda mahoni dan  rekannya, Pohon Asam, sdh bnyk ditanam di pinggir jln sebagai pndh terutama di sepanjang jln yg dibangun olehDaendels antara Anyer smp Panarukan. Sejak 20 tahun terakhir ini, pohon mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya memiliki nilai ekonomis yang cukup tngg. Kualitas kayunya krs dan  sngt baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng juga dibuat penggaris krn sifatnya yang tidak mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibwh kayu jati shngg sering dijlk sebagai primadona kedua untk mwrn pakaian. Kain yang direbus brsm kulit mahoni akan menjadi kuning &  tdk mudah lntr.Sdngkn getah mahoni yang dsbt jg blendok bisa diprgnkn sebagai bhn baku lem, &  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj pohon mahoni jg dapat dgnkn sbg pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada pertnmn kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani merupakan slh satu alternatif pengendalian yg bertujuan untk mengurangi dampak negatif akibat penggunaan insektisida sintetik yang tidak bjksn.

 

2019-03-09 9:05:04 * 2019-03-09 05:45:07

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | cara pembibitan pohon mahoni adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | cara pembibitan pohon mahoni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit