Kurma (pohon) | cara perawatan pohon kurma

Kurma (pohon) | cara perawatan pohon kurma



Cara Merawat Pohon Kurma Agar Cepat Berbuah Artikel Pertanian pertanianku cara merawat pohon kurma agar cepat berbuah Cache3 Jun 2018 Tidak hanya di daerah Timur Tengah, pohon kurma juga dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia Ada cara merawat pohon kurma agar cepat  5 Cara Menanam Kurma Agar Cepat Berbuah IlmuBudidaya ilmubudidaya cara menanam kurmaCache23 Sep 2017 5 Cara menanam kurma yang bisa diterapkan di daerah subtropis maupun Budidaya pohon kurma dapat dilakukan dengan cara generatif ini dilakukan dalam proses perawatan tanaman hingga menjadi pohon dewasa Cara Menanam Dan Merawat Pohon Kurma agar Cepat Berbuah â–º 5:36 youtube watch?v=XXfRpTEUoaM9 Okt 2017 6 menit Diupload oleh Ayu LestariSemua Video Kami : youtube channel UCRH9Uv323frBH2g1zDLAKEg Tips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah â–º 5:08 youtube watch?v=vK9sqRuvWU012 Okt 2017 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah Lebat HAsil Cara Mudah Merawat Pohon Kurma Tropis | Bibit Buahku bibitbuahku cara mudah merawat pohon kurma tropisCache11 Mar 2017 Cara Mudah Merawat Pohon Kurma Tropis â€" Di Indonesia Kurma tropis memang masih sangat sedikit yang membudidayakan, sehingga  Agar Pohon Kurma Bisa Berbuah di Indonesia, Ini Jawabannya agronet co id 63 Agar Pohon Kurma Bisa Berbuah di Indonesia Ini JawabannyaCache12 Jun 2017 Pohon Kurma AGRONET Karena kecintaannya pada buah asal timur tengah ini , banyak masyarakat Indonesia yang ingin menanam kurma  Inilah Cara Menanam Kurma yang Benar Agar Cepat Berbuah Fikri fikrikamal cara menanam kurma Cache11 Okt 2018 1 1 Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Dengan Mudah 6 1 Cara Penyerbukan Pohon Kurma Manual Kamu harus selalu melakukan perawatan pohon kurma sampai bisa menghasilkan buah dan panen Panduan Cara Menanam Kurma Lengkap untuk Pemula Step by Step! sentrabudidaya tips budidaya cara menanam kurma CacheCara Menanam Kurma â€" Jumpa lagi bersama SentraBudidaya, pada Tanaman kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera dengan jenis pohon proses perawatan agar tanaman kurma dapat tumbuh serta berbuah dengan optimal Cara Menanam Pohon Kurma agar Cepat Berbuah â€" VIVA viva co id 954925 cara menanam pohon kurma agar cepat berbuahCache9 Sep 2017 VIVA co id â€" Pohon kurma atau date palm, bahasa latin disebut Phoenix Dactylifera, merupakan tanaman jenis Dioecious, memiliki tanaman  Ingin Budidaya Kurma? Begini Caranya RiauOnline riauonline co id life ingin budidaya kurma begini caranyaCacheMirip27 Apr 2016 "Untuk tata cara penanaman tidak sesulit yang dibayangkan Peristiwa langka, pohon kurma yang tumbuh subur di pekarangan Masjid Untuk perawatan gunakan pupuk NPK selama 3 bulan sekali atau pupuk kadang

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Sumatera Barat, Aceh, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, Jambi, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah cara perawatan pohon kurma di Intan Jaya, Jakarta Utara, Minahasa, Kepulauan Anambas, Kab. Jepara, Minahasa, Kab. Sidoarjo, Kab. Dompu, Kota Serang, Enrekang, Minahasa Utara, Musi Banyuasin, Kota Salatiga, Ogan Komering Ilir,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | cara perawatan pohon kurma di Kec. Wanasaba, Kec. Rejoso, Husain2, Kec. Bendahara, Kec. Sumowono, Kec. Kedungtuban, Kec. Tegalampel, Sendana, Kec. Tirtayasa, Kec. Bacukiki Barat, Kec. Sidoharjo, Kec. Banua Lawas, Kec. Suruh, Kec. Dolok Panribuan, Kec. Simpang Jernih, Kec. Giri, Kec. Gomo, Kec. Pataruman, Kec. Belinyu, Kec. Masale

Kurma, (Arab: Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adl pohon palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya bisadimakan. Walaupun tempat asalnya tidak dikth karena telah sejak lama dibudidayakan, kmngkn tanaman ini berasal dari tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tngg sekitar 15-25 m, tmbh secara tunggal atau mmbntk rumpun pd sjmlh batang dari sebuah sstm akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 meter, dengan duri pd tangkai daun, menyirip dan memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 centimeter dan lebar 2 centimeter . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 meter.

Etimologi
Nm varietas dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dari kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh mnjd mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dr sekitar Teluk Persia dan telah dibddykn sejak zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pd saat panen. Ada bkt arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pd tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bgn utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd tahun 1765.

Buah
Buah yang dihasilkan oleh tumbuhan kurma diknl sbg buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg pnjng 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter danktk msh muda wrnnya merah cerah ke kuning terang, trgntng dari jnsnya. Kurma memiliki biji tunggal yg ukuran panjangnya sktr 2-2,5 centimeter dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma diklmpkn mnjd tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') & kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini trgntng pada kndngn glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Tanaman kurma merupakan pohon varietas dioecious, yaitu mempunyai tanaman jantan & betina yang hidup scr terpisah. Mereka bisa tmbh dg mudah dr bakal bj, ttp hanya 50% tanaman betina yg ditanam secara pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yg kecil srt berkualitas rendah. Sebagian besar perkebunan menggunakan perkembangbiakan stek pada tanaman, terutama pd kultivar 'Medjool' karena bisa menghasilkan panen yg bnyk srt buah yang manis dan besar. Tanaman yang tmbh dr cara stek akan berbuah 2-3 thn lebih awal drpd tumbuhan yg menggunakan bibit.
Pembuahan dg serbuk sari pada pohon kurma dilkkn secara alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilakukan scr manual. Penyerbukan alami pada tumbuhan jantan dan betina, bisa trjd dengan jmlh yang sama antara kedua pohon. Namun, bila dilkkn dengan bantuan, satu tumbuhan jantan bisa mnyrbk hngg 100 tanaman betina. Tanaman jantan yg mrpkn sebagai penyerbuk, memungkinkan para petani menggunakan sumber daya mereka untuk memproduksi lbh bnyk buah pd tanaman betina.

Bbrp petani bahkan tdk mmlhr tanaman jantan, yg mana sbg bunga jantan, untk menyediakannya di pasar lokal pada saat wkt penyerbukan. Penyerbukan manual dikerjakan oleh pkrj trmpl dengan menggunakan bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah seperti Irak, para pekerja memanjat tumbuhan dengan menggunakan alat pemanjat khusus, dmn alat trsbt mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap melekat pada bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dg angin.

Kurma masak dibagi menjadi empat golongan, yg mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar dapat mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] dan energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yg terkandung dlm kurma relatif sedikit & hal ini tidak mnjdknnya jauh lebih pekat pd saat proses pngrngn brlngsng, mskpn vitamin C-nya akanhilang.

Kurma merupakan tanaman tradisional yang pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) juga dibddykn di Amerika Serikat padabagian selatanCalifornia, Arizona & bagian selatan Florida.

Pohon kurma dapat berbuah stlh ditnm selama 4 smp 7 tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 smp 10 tahun. Pohon kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yang berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan & dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dr cuaca dan hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dr tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tumbuhan mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yang paling tersedia untuk dijual & beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adalah sumber yang sangat baik untuk diet kalium. Kandungan gula pada kurma yang telah matang sekitar 80%; sisanya terdiri dr protein, serat, & elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, dan Pantai Gading, pohon kurma disadap untk diambil getah manisnya, yang dikonversi mnjd gula kelapa (yg dikenal sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dr penyadapan pohon palma diknl sebagai lagbi. Jika dibiarkan untk jangka wkt yg cukup lama (biasanya berjam-jam, trgntng pd suhu) lagbi dengan mdh bisa menjadi minuman beralkohol. Ktrmpln khusus dibutuhkan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada termasuk UNESCO dilndng Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disajikan trbngks pada daging babi asap dan shallow goreng.

Itu jg dignkn untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Bj kurma tersebut direndam dari bawah ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untuk dgnkn dlm bentuk sabun & kosmetik. Mereka juga bisa diolah scr kimia sbg sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untuk membuat arang oleh pandai perak dan bisa dirngk mnjd kalung. Bj kurma jg tanah & dgnkn pada olahan biji kopi atau sebagai bahan tmbhn untk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli dapat dgnkn sebagai sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dari buah yang masak digunakan sbg pelapis untuk tas kulit dan pipa untk mencegah kebocoran.

Getah pohon kurma bisa dgnkn untk membuat sirup danberbagai produk dapat dimkn berasal dari sirup.

Daun tumbuhan kurma dgnkn untk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat mnjd tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yg diolah bisa dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yg mrpkn sumber ampas selulosa dapat dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yang berharga mengeluarkan aroma srt seratnya juga bisa digunakan sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untk tiang & langit-langit pd pondok, krn lbh ringan dr kelapa & tidak bgt thn lama. Kayu jg digunakan untuk konstruksi sprt jembatan & saluran air, dan bagian dr dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bahan bakar.

Dimana tradisi krjnn msh brkmbng, seperti di Oman, tanaman palem adalah yang paling serba guna dr semua tumbuhan asli, & hmpr setiap bagian dari tumbuhan dgnkn untk membuat barang-barang fungsional mulai dari tali & keranjang untuk sarang, perahunelayan, dan tempat tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kandungan tannin yg tinggi dan secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) dan astringent pd usus yg bermasalah.[butuh rujukan] Kurma bisa dibrkn untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam & sjmlh keluhan lainnya dlm bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mngtkn bahwa kurma dapat mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk biji jg dgnkn dlm bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang tumbuhan, di India, digunakan untk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan melawan sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan mempunyai efek gonadotropic pada tikus muda.

2019-03-24 5:08:15 * 2019-03-24 05:08:10

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | cara perawatan pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | cara perawatan pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit