Kepel | buah kepel bisa dimakan

Kepel | buah kepel bisa dimakan

 

Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adl tumbuhan pnghsl buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yg juga dikenal sebagai Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn diprcy mnybbkn keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian

Pohon tegak, tidak merontokkan daun scrserentak, tingginya mncp 25 meter. Tajuknya teratur berbentuk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dg percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,brwrn coklat-kelabu tua smp hitam, yang secara khas tertutup oleh banyak benjolan yg besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong smp bundar-telur/bentuk lanset, berukuran (12-27) centmeter  × (5-9) centmeter, brwrn  hijau gelap, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula brwrn  hijau kmdn berubah menjadi keputih-putihan, mncl pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas & di cabang-cabang yg lbh tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 centmeter; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mencapai 3 cm. Buahnya dengan 1-13lembar daun buah bertipe mrp buah buni (berrylike ripe carpels), pnjng tangkai buahnya mncp 8 cm; daun buah yg masak hmpr bulat bntknya, berwarna  kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya brwrn  coklat, berisi sari buah, dapat dimakan. Bijinyabrbntk menjorong, berjumlah 4-6 butir, panjangnya sekitar 3 cm, berat segar 62-105 gram, serta bgn yang dpt dimakan sbnyk 49% & bijinya 27% dari berat buah segar.

Manfaat

Buahnya yg matang dimakan dlm keadaan segar. Disebutkan bhw dagingnya yg berwarna  jingga & mngndng sari buah itu memberikan aroma sprt bunga mawar brcmpr buah sawo pada ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, dan napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sbgpeluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jd, kepel ini oleh para wanita bangsawan digunakan sbgparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya scr tradisional terbatas di Kesultanan YogyakartaKayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus stlh direndam beberapa bln dlm air, digunakan untuk bahan bangunan rumah &dibrtkn tahan lebih dari 50 tahun. Kepel merupakan tanaman hias pohon yang indah, daunnya yang mncl scr serentak brbh dr merah muda pucat mnjd merah keunguan sebelum brbh lagi mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dg bnyk cabang lateral yang tersusun secara sistematik, dan sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh

Kepel tumbuh liar pd tanah lembap dan dlm, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sebagai tanaman buah pada ketinggian mencapai 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Varietas ini dpt tmbh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tempat itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dari biji yg diambil dari buah masak dan disemaikan secepatnya. Penyetekan & pencangkokan sudah prnh dicb, tetapi tidak brhsl. Benihnya dibersihkan dengan jln dicuci & dikeringkan di tempat teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, tetapi perkecambahannya msh memerlukan wkt beberapa bln. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi jg. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak & tdk brcbng untuk bbrp waktu. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pd saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mncp 0,5-1,0 meter bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jarak tnm 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phasejuvenile phase) brlngsng selama 6-9 thn.

Pemeliharaan

Hama dan Penyakit

Blm ada laporan mengenai hama & penyakit yang brbhy, tetapi pohonnya harus dijaga dari serangan kelelawar & binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen

Buah kepel dianggap matang bl digores kulitnya terlihat bgn bawahnya brwrn  kuning atau coklat muda (jika brwrn  hijau, buah masih blm masak). untuk mnjg kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bulan sblm dipanen, mnggnkn anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung dan hndknya diprlkkn dg hati-hati; buah kepel dapat bertahan dismpn 2-3 minggu pada suhu ruang

 

2019-03-11 5:59:02 * 2019-03-11 05:35:04

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | buah kepel bisa dimakan adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | buah kepel bisa dimakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit