Cabai | truk cabe vs bus

Cabai | truk cabe vs bus

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah & tanaman anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sbg sayuran mpn bumbu, trgntng bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yg pedas sngt popular di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bagi seni mskn Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bg mskn Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mngndng brbg jenis senyawa yang brgn bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untk menjaga tubuh dr serangan radikal bebas. Kndngn trsbr antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase & Capsaicin yg brprn sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan slh satu produk sayuran yang bnyk dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki hrg jual yang tngg [2]& memiliki beberapa mnft kshtn yang slh satunya adl zat capsaicin yg berfungsi dlm mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yg cukup tinggi pada cabai dpt mmnh kbthn harian setiap orang, namun hrs dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok trmsk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan pohon yg mdh ditanam di dataran rendah ataupun di dtrn tngg. Pohon cabai banyak mngndng vitamin A & vitamin C srt mngndng minyak atsiri capsaicin, yg mnybbkn rasa pedas & mmbrkn kehangatan panas bl digunakan untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mdh sehingga dapat dipakai untuk kbthn sehari-hari tnp hrs membelinya di pasar.

Pohon cabai cocok ditanam pd tanah yang kaya humus, gembur & sarang, serta tidak tergenang air; pH tanah yg ideal sktr 5-6. Wkt tnm yg baik untuk lahan kering adl pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yg tngg, dapat jg [dilkkn|dilakukan} pd bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, wlpn ada rsk kegagalan. Pohon cabai diperbanyak melalui biji yg ditnm dari tumbuhan yang sehat srt bbs dari hama dan penyakit. Buah cabai yg tlh dislks untk bibit dijemur hingga krng. Kalau pnsnya ckp dlm lima hari telah krngkering kmdn br diambl bijinya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gram biji).

Permasalahan produksi

Slh satu kendala utama dlm sstm produksi cabai di Indonesia adl adanya srngn lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI thn 2006 menunjukkan bahwa kerusakan pd tanaman cabai di Indonesia dapat mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng sering tampak sehat & utuh dari luar tetapi bila dilht di dalamnya mmbsk dan mngndng larva lalat. Penyebabnya terutama adl lalat buahBactrocera carambolae. Karena gjl awlnya yang tak tmpk jelas, sementara hama ini sbnrnnya masih terbatas di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yang ditakuti shngg dapat mnjd penghambat ekspor buah-buahan mpn pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan salah satu hama pntng pada budidaya cabai krn dapat mnybbkn krskn hingga 80%. Cara pngndlnnya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sbnrnya sudah dilkkn upaya untuk mengendalikan serangan lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yg dapat mncgh srngn lalat buah. Akan ttp, cara ini tdk praktis untk dilakukan pd pohon cabai dlm areal yang luas. Sementara penggunaan insektisida selain mencemari lngkngn jg sangat brbhy bg knsmn buah. Oleh karena itu, dibutuhkan cara pengendalian yang rmh lngkngn & cck untuk diterapkan di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Cara pngndln lalat buah pd pohpn cabai, khususnya cabai merah, adl penggunaan insektisida sintetik krn dianggp praktis, mudah diperoleh, dan menunjukkan efek yang cpt. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-03-11 1:22:06 * 2019-03-11 00:38:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | truk cabe vs bus adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | truk cabe vs bus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit