Zaitun | tanaman buah zaitun

Zaitun | tanaman buah zaitun

 

Zaitun (Olea europaea) adl tanaman kecil thnn & hijau abadi, yg buah mudanya dpt dimkn mnth ataupun ssdh diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas & minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yg dpt diprgnkn untk brbg macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Ciri-ciri

Tanaman zaitun mempunyai ciri-ciri di antaranya:

·         tumbuh sebagai tanaman atau perdu hijau abadi memilki bunga brbntk lonceng

·         pendek & gemuk, tingginya jrng melebihi 8–15 m (26–49 ft), kcl varietasPisciottana yg lebih besar dan tinggi

·         daun tunggaldengan kddkn berhdpn tanpa daun penumpu, brwrn hijau keperakan, brbntk lonjong dengan  panjang 4–10 cm(1,6–3,9 in) & lebar 1–3 cm (0,39–1,18 in)

·         batang keriput dan terpelintir

·         bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga kecil-kecil berwarna putih berbulu, dengan  calyx & corolla berblh sepuluh, dua stamendan stigma bifid , biasanya tmbh pd kayu thn sebelumnya

·         buahnya kecil brp buah batu (drupe), pnjngnya 1–2,5 centimeter (0,39–0,98 in) dengan  biji memiliki endosperma. Buahnya berukuran lebih kurus & kecil pd tumbuhan liar dibndngkn pd pembudidayaan.

Zaitun mulai berbuah saat berumr lima thn dan usianya dpt mncp ribuan thn, sehingga yg tadinya perdu tlh menjadi tumbuhan besar.Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya prnh ditmkn di Palestina yg bertahan hdp hngg 2000 thn.

Zaitun dipanen pada wkt masih hijau smp sudah brwrn ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mngkn mengandung bhn kimia (biasanya fero sulfat) yang mnjdknnya berwarna hitam scr buatan. Bj Olea europaea biasanya dlm bahasa Inggris di Amerika disebut pit atau rock, sedangkan di Inggris sebagai stone, semuanya bermakna "batu".

Distribusi

Distribusinya mlpt daerah-daerah iklim panas sampai iklim sdng. Kebanyakan jenisnya dptditemui di AsiaAfrika & daerah Laut Tengah. Varietas Pisciottana, yang trdr dari 40.000 pohon, hny ditmkn di daerah sekitar PisciottaCampania, di wilayah selatan Italia, tingginya melebihi rata-rata zaitun di tempat lain, serta batangnya lebih besar diameternya. Tumbuhan ini msh berkrbt dg  melati (Jasminum sambac).

Taksonomi

Dikenal enam subspesies alami Olea europaea yang tersebar di wilayah luas:[1][2]

·         Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)lOlea europaea subsp. cuspidata (dari Afrika Selatan smp Afrika TimurArabia sampai Barat DayaTiongkok)

·         Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)

·         Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)

·         Olea europaea subsp. maroccana Maroko

·         Olea europaea subsp. laperrinei (AljazairSudanNiger)

Subspecies maroccana adalah heksaploid sedangkan cerasiformis tetraploid.[3]

Bentuk tanaman liar seringkali dianggap spesies tersendiri dg  nama ilmiah Olea oleaster.

Simbol dan manfaat

Tangkai zaitun berdaun sng dipakai sebagai lambang perdamaian & tlh lama mnjd bgn kebudayaan Barat. Di dalam masyarakat ini dahan zaitun mnjd lmbng perdamaian dan tlh ditanam sejak ratusan tahun yg lalu untuk [diambl|diambil} buahnya yang sedap. dr filosofi tersebut dapat kita ambil intisari bhw dengan  tumbuhnya zaitun akan mmbw perdamaian.

Banyak manfaat dari tanaman zaitun ini. Selain buahnya yg enak, kayu dari pohon zaitun jg sngt bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun jg dgnkn sbg penydp makanan. Apabila diperas buahnya, kita dapat mmprolh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan bnyk digunakan untuk bahan kosmetik yg dapat menjaga kelembaban & kekencangan kulit shngg dipercaya dpt mnjdkn kulit awet muda.

 

2019-02-05 18:48:29 * 2019-02-05 17:42:30

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Zaitun | tanaman buah zaitun adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Zaitun | tanaman buah zaitun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit