Gaharu | tanaman kayu gaharu

Gaharu | tanaman kayu gaharu

Gaharu adalah kayu brwrn kehitaman dan mngndng resin khas yang dihasilkan oleh sejumlahjenis tanaman dr marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 thn yang lalu) tlh mnjd komoditi perdagangan dr Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Brdsrkan studi dr Ng et al. (1997)[1], diketahui spesies-spesies brkt ini menghasilkan resin gaharu apabila terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, dan Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihslkn oleh tumbuhan sbg respon dari mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka.[2] Luka pd tumbuhan berkayu dapat disbbkan secara alami karena adanya cabang dahan yg patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dengan pengeboran dan penggergajian.[2] Masuknya mikroba ke dlm jaringan tanaman dianggap sbg benda asing shngg sel tumbuhan akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yg berfungsi sbg pertahanan terhdp penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin tersebut dpt berupa resin brwrn coklat & beraroma harum, serta mnmpk pada pembuluh xilemfloem untk mencegah meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Namun, apabila mikroba yg menginfeksi tumbuhan dpt mengalahkan sstm pertahanan tanaman maka gaharu tdk trbntk dan bagian tumbuhan yg luka dapat membsk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pd batang & cabang tumbuhan.[4] Senyawa gaharu dpt mnghslkan aroma yang wangi krn mngndng senyawa guia dienalselina-dienone, & selina dienol.[4] Untuk kpntngn komersil, msyrkt mengebor batang tumbuhan penghasil gaharu dan memskkn inokulum cendawan ke dlmnya. Setiap spesies pohon penghasil gaharu mempunyai mikroba spesifik untuk menginduksi penghasilan gaharu dalam jumlah yang bsr. Beberapa contoh cendawan yang dpt dignkn [sbg|sebagai} inokulum adl Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium & Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu bnyk diperdagangan dg hrg jual yg sangat tinggi terutama untk gaharu dr tumbuhan famili Themeleaceae dengan spesies Aquilaria spp. yg dalam dunia perdangangan dsbt sbg gaharu beringin.[5] Untk jenis gaharu dg nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut sbg gaharu buaya.[5]Selain ditentukan dari jenis tumbuhan pnghslnya, kualitas gaharu jg ditentukan oleh banyaknya kndngn resin dalam jrngn kayunya[5]. Smkn tinggi kndngn resin di dalamnya maka hrg gaharu trsbt akan semakin mhl & bgt pula sblknya.[5] Scr umum perdagangan gaharu digolongkan mnjd tiga kelas bsr, yaitu gubalkemedangan, dan abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dengan kndngn damar wangi dan aroma yang lemah serta memiliki penmpkn fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, memiliki serat kasar, dan kayu lunak.[6] Kelas trakhr adalah abu gaharu yg mrpkn serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa pnghncrn kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sblm dijadikan bahan baku parfum, gaharu harus diolah trlbh dahulu untk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yang terkandung di dlmnya. Sbgn kayu gaharu dptdijual ke ahli penyulingan minyak yang biasanya mnggnkan teknik distilasi uap atau air untuk mengekstraksi minyak dr kayu trsbt.[7] Untk mendapatkan minyak gaharu dg distilasi air, kayu gaharu direndam dlm air kmdn dipindahkan ke dlm suatu tempat untuk menguapkan air hngg minyak yg terkandung keluar ke prmkn wadah & senyawa aromatik yg menguap dapat dikumpulkan scr terpisah.[7] Teknik distilasi uap menggunakan ptngn gaharu yg dimskkn ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yang menyebabkan sel tanaman dpt terbuka dan minyak & senyawa aromatik untk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan mmbw senyawa aromatik tersebut kemudian melalui tempat pendinginan yang membuatnya terkondensasi kembali menjadi cairan.[7] Cairan yg berisi campuran air & minyak akan dipisahkan hngg terbentuk lapisan minyak di bgn atas dan air di bawah.[7] Salah satu metode dgnkn saat ini adalah ekstraksi dg superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg terbentuk krn tekanan tinggi.[7] CO2cair berfngsi sbg pelarut aromatik yang dignkn untuk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini menguntungkan karena tidak terdapat residu yg tersisa, CO2 dapatdengan mudah diuapkan saat brbntk gas pada suhu dan tknn normal.[7]

Konservasi

Pada thn 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan bahwa tanaman gaharu spesies A. malaccensis masuk ke dalam Appendix II, yaitu tanaman yang dibts perdangannya.[8] Pntpn tersebut dikarenakan populasi tumbuhan penghasil gaharu smkn menyusut di alam yg disbbkn para pengusaha gaharu tdk dapat mengenali dg tepat mana tumbuhan yg sudah mengandung gaharu & siap dipanen.[9] Untk mncr pohon penghasil gaharu, para pengusaha menebang puluhan pohon yg salah (tidak mnghslkan gaharu) sehingga jumlah pohon tersebut sngt berkurang.[9] Pd thn 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dalam daftar Appendix 2 untk membatasi perdagangannya shngg perdagangan gaharu hrs mempunyai izin dr CITES dan dlm kuota tertentu.[10] Hal ini dilkkn untuk memstkn jenis pohon gaharu alam dpt berkembang dan tersebar dengan baik.[9]

 

2019-02-05 16:42:30 * 2019-01-30 10:41:52

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | tanaman kayu gaharu adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | tanaman kayu gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit