Tin buah tin hitam

13:27:01

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adl sejenis tanaman penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yg berasal drAsia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, jg diknl dg nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dlm bahasa Inggris dsbt fig (common fig; "tanaman ara umum"), sbnrnya msh termasuk kerabat tumbuhan beringin dr genus yang sama, yaitu Ficus.

Pemerian

Tmbh di daerah Asia Barat, mulai dr pantai Balkan hngg Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia,Cile, Argentina, srt Amerika Serikat.

Habitus brp pohon, besar & dpt tumbuh hngg 10m dg batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tdk kelihatan karena terlindung oleh dasar bunga yg menutup shngg dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khss, sama sprt serangga yg menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.

Yang dsbt buahsebetulnya adalah dasar bunga yang mmbntk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran pnjng tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa macam berubah wrn mnjd ungu jk masak. Getah yg dikeluarkan tumbuhan ini dpt mengiritasi kulit.

Pemanfaatan

Buah tin dpt dimkn sgr, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yg dipetik hrs segera dimanfaatkan krn tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai syrn.

Kaitan dengan literatur

Yahudi/Kristen

Pohon ara mrpkn tanaman ketiga yang didsbtkan di Alkitab Ibrani & Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, setelah "pohon kehidupan" dan "tumbuhan pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat".[1] Adam & Hawa menyemat daun pohon ara & membuat cawat untuk mntp tubuh mrk stlh mrk tahu, bahwa mereka telanjang.[2]

Buah ara jg trmsk daftar mknn yg ditmkn dlm Tanah Perjanjian menurut Taurat (Ulangan 8). Yesus Kristus mengutuk sebuah pohon ara krn tdk mnghslkn (Markus 11:12–14).

Islam

Pohon tin adl slh satu dari dua pohon yang disebutmanfaatnya baik dalam Islam. Di Al Qur'an, salah satu surat disebut dengan nama ini (QS Surah At-Tinayat 1) karena Allah berjanji atas nm buah/tanaman ini.



Tag Tin buah tin hitam

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Tin buah tin hitam adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Tin buah tin hitam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit