Vanili | tanaman vanili harga

Vanili | tanaman vanili harga

 

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tumbuhan pnghsl bubuk vanili yg biasa dijadikan pewangi makanan. Bubuk ini dihslkn dari buahnya yang brbntk polong.

Tanaman vanili dikenal prtm kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tumbuhan tersebut. Nm daerah drI vanili adalah Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Batang tumbuhan vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Pnjng rata-rata 15 cm. Tumbuhan mlkt pd pohon atau tonggak yg telah disediakan.

Daun vanili mrpkn daun tunggal. Letaknya berslng-slng pada masing-masing buku. Wrnnya hijau terang, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lbr 5-7 centimeter. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk setelah daun tersebut tua atau mengering, sdngkn pada wkt daun msh muda tidak jelas klhtn.

Rangkaian bunga vanili adl bunga tandan yg terdr dari 15-20 bunga. Bunga keluar dr ketiak daun bg pucuk batang. Bntk bunganya duduk, brwrn hijau-biru agak pucat, pnjng 4-8 cm dan berbau agak harum.

Bunga vanili trdr dr 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dlm dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lbh besar drpd bagian dlm petal. Satu dr petalnya berubah bentuk, mngglng sprt corong yg disebut bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tanaman vanili dapat berbuah karena ada serangga yg membantu penyerbukannya.

Putik pd bunga vanili tertutup oleh bibir, shngg penyerbukan scr alamiah terhalang, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, letaknya lbh tngg drpd kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diltkkn disana akan segera mnmpl & terjadilah pembuahan.

Bunga vanili yang [tlh|telah} mekar hny dpt berthn satu hari. Jika bunga yang telah mekar itu tdk sgr dikawinkan, akan layu & kemudian rontok. Oleh sebab itu hrssering keliling kebun untk mengontrol perkembangan vanili.

Saat yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adlpada pg hari. Hari-hari basah dan kering skl tdk baik untk penyerbukan. Brhsl atau tdknya penyrbkn akan tampak stlh dua atau tiga hari. Bunga yang brhsll diserbuki akan brbh warnanya mnjd lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu ttp tangkai bunganya tetap mnmpl pd tandan bunga. Bunga yg tidak brhsl diserbuki akan gugur. Setelah terjadi pembuahan antr 10-15 buah, bunga pd tandan yang masih kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat makanan yg dihisap oleh tumbuhan diakumulasikan pada pembentukan & pembesaran buah.

Pada waktu bunga mekar, pnjng bakal buah 2-4 centimeter dengan garis tengah 5 mm. Satu minggu setelah penyerbukan bakal buah itu dpt mencapai panjang 8-10 centimeter. Lima minggu kemudian buah telah mencapai panjang mksml 20-25 cm, dengan garis tengah 1,5 cm. Setelah buah mncp prkmbngn yang maksimal, lima atau enam bulan kmdn buah akan masak.

Wrn buah mula-mula hijau muda, kmdn hijau tua disertai dengan garis-garis kuning menjelang masak. Buah yg tlh matang brwrn coklat tua. Jika dibiarkan masak di pohon, buah akan pch mnjd dua bgn, & menyebarkan aroma vanili. Biji buah kecil-kecil, bnyk sekali jumlahnya, brwrn hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-03-03 1:42:24 * 2019-03-03 01:40:23

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | tanaman vanili harga adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | tanaman vanili harga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit