Kepel | pohon buah kepel

Kepel | pohon buah kepel



Gambar untuk Kepel + pohon buah kepelBuah Kepel (Stelechocarpus burahol) Kegemaran Putri Keraton mekarsari buah kepel stelechocarpus burahol kegemaran putri keraton CacheGara gara tidak merakyat, kepel atau burahol menjadi tanaman langka Bagaimana kita melestarikannya kembali sebagai pohon buah yang unik dan  Kepel Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki KepelCacheMiripTumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa  Pemerian Manfaat Budidaya PemeliharaanBuah Kepel, Buah Khas Jogja Kegemaran Putri Keraton Semua bobo grid id buah kepel buah khas jogja kegemaran putri keraton? Cache20 Feb 2018 Apakah teman teman pernah melihat buah kepel? Kepel adalah nama sebuah pohon berbuah yang dipercaya memiliki makna istimewa  [Buah Kepel] yang Manis, yang Wangi, yang Langka oleh Indri kompasiana buah kepel yang manis yang wangi yang langkaCache18 Mar 2012 Tidak seperti buah buahan pada umumnya yang pating grandhul di cabang dan ranting pohon, buah kepel tumbuh di batang pohonnya  Pohon kepel makanan Raja di Tamansari Kraton Yogyakarta ► 2:28 youtube watch?v=vBmSVJ3VpsY18 Nov 2014 2 menit Diupload oleh Didi SatyaBuah kepel termasuk buah dari pohon langka, buah kepel makanan raja, dapat 10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan dan Kecantikan Cintai cintaihidup 10 manfaat buah kepel untuk kesehatan dan kecantikan Cache18 Mar 2017 Buah kepel sekarang sudah sangat jarang ditemukan, sulit untuk menemukan buah ini di pasaran atau mengetahui siapa yang memiliki pohon  Buah Kepel (Stelechocarpus burahol) Kegemaran Alamendah alamendah org buah kepel stelechocarpus burahol kegemaran putri keraton CacheMirip16 Feb 2010 Kepel adalah nama pohon dan buah yang mempunyai nama ilmiah Stelechocarpus burahol Tumbuhan penghasil buah yang menjadi  MENGENAL POHON KEPEL ATAU BUHAROL | Tips Petanitipspetani blogspot mengenal pohon kepel atau buharol htmlCache4 Okt 2017 Kepel atau Burahol (Stelechocarpus burahol) adalah buah yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta Pohon Kepel menjadi  Berbagai manfaat Pohon Kepel yang juga mampu menyembuhkan protecal co id berbagai manfaat pohon kepel yang juga mampu menyembuhkan tulangCachePernahkah Anda makan buah kepel? Menurut cerita pada jaman dahulu buah kepel adalah buah yang menjadi kesukaan para putri putri keraton, kenapa bisa  

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kepel di Sulawesi Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon buah kepel di Tanggamus, Palu, Halmahera Selatan, Dogiyai, Kaur, Halmahera Selatan, Kota Cirebon, Buton, Kab. Garut, Lahat, Banyuasin, Simeulue, Kab. Lombok Utara, Aceh Tamiang,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kepel | pohon buah kepel di Kec. Kotagede, Kec. Jatisari, Kec. Tanggungharjo, Kec. Wonoasri, Kec. Batu Marmer, Kec. Rakit, Kec. Medan Denai, Kec. Walea Besar, Kec. Banyumas, Kec. Gayam, Siantan, Kec. Semarang Utara, Kec. Sei Beduk, Kec. Medan Sunggal, Kec. Telaga Langsat, Kec. Tirto, Kec. Waru, Kec. Sedayu, Kec. Ponorogo, Kec. Pal Merah

Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah tumbuhan pnghsl buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yang juga dikenal sbg Burahol. Buah kepel digmr puteri kraton-kraton di Jawa karena diprcy menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya mncp 25 m. Tajuknya teratur berbentuk kubah meruncing ke atas (sprt cemara) dg percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,brwrn coklat-kelabu tua sampai hitam, yang scr khas trttp oleh banyak benjolan yg besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong smp bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) centmeter × (5-9) centmeter, berwarna hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 centmeter panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna hijau kmdn berubah mnjd keputih-putihan, mncl pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas & di cabang-cabang yang lbh tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 cm; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 cm. Buahnya dg 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), pnjng tangkai buahnya mncp 8 cm; daun buah yg masak hamper bulat bntknya, brwrn kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya brwrn coklat, berisi sari buah, dpt dimakan. Bjnyabrbntk menjorong, brjmlh 4-6 butir, pnjngnya sktr 3 centmeter, berat segar 62-105 g, srt bgn yang dpt dimakan sebanyak 49% dan bijinya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yang matang dimkn dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mngndng sari buah itu mmbrkn aroma seperti bunga mawar brcmpr buah sawo pd ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, & napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfngs sbgpeluruh kencing, mncgh radang ginjal & menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sbgparfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional terbatas di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus stlh direndam beberapa bulan dlm air, digunakan untk bhn bangunan rumah dandiberitakan tahan lbh dari 50 tahun. Kepel merupakan tumbuhan hias pohon yang indah, daunnya yg muncul secara serentak berubah dari merah muda pucat mnjd merah keunguan sblm brbh lg mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya brbntk silindris atau piramid dengan bnyk cabang lateral yang trssn secara sistematik, & sifatnya yang kauliflor (cauliflory) mnmbh keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tmbh liar pd tanah lembap & dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sbg tanaman buah pd ketinggian mncp 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tmbh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tempat itu tanaman-tanaman lain tdk mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dari biji yg diambil dr buah matang & disemaikan secepatnya. Penyetekan & pencangkokan sdh prnh dicoba, ttp tidak brhsl. Benihnya dibrshkn dengan jln dicuci dan dikeringkan di tempat teduh. Sblm disemai benih diskarifikasi, ttp prkcmbhnnya msh memerlukan wkt beberapa bulan. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi juga. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak & tidak bercabang untk beberapa wkt. Mula-mula semai itu tmbh lambat. pd saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mncp 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jrk tnm 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) brlngsng slm 6-9 thn.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Blm ada lprn mengenai hama dan penyakit yang berbahaya, tetapi pohonnya hrs dijg dr serangan kelelawar & binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap matang bl digores kulitnya terlihat bgn bawahnya berwarna kuning atau coklat muda (jika brwrn hijau, buah msh belum masak). untk menjaga kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sblm dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dalam keranjang atau karung dan hendaknya diperlakukan dengan hati-hati; buah kepel dpt bertahan disimpan 2-3 minggu pd suhu ruang

2019-03-19 16:10:14 * 2019-03-19 16:03:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | pohon buah kepel adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | pohon buah kepel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit