Sengon atau Albasia | budidaya tanaman sengon

Sengon atau Albasia | budidaya tanaman sengon

 

Sengon (Albizia chinensis) adalah sejenis tanaman anggt suku Fabaceae. Tumbuhan peneduh dan pnghsl kayu ini [tersbr|tersebar} secara alami di IndiaAsia TenggaraCina selatan, & Indonesia.[3]

Di bbrp daerah, tanaman ini diknl sbg séngon, singon, sengon jåwå (Jw.); jeungjing, jeungjing sunda (Sd.);séngghung (Md.marÄ•wita, keura Sumba[4], & lain-lain. Dalam bahasa Inggris diknl sebagai silk tree, Chinese albizia; di smpng itu, tanaman ini juga dinamai: kōōl (Kamboja), kha:ng (Laos), khang hung, kang luang (Thai), cham (Vietnam), dan lain-lain[3].

Pengenalan

Pohon yang menggugurkan daun; berukuran sdng hngg tinggi, 30–45 m, dan gemang batangnya 70(–140) centimeter. Pepagan agahalus, di luarnya abu-abu gelap, dengan gigir-gigir melintang, berlentisel, tipis; pepagan bgn dalam setbl 5 mm, merah jambon. Ranting-ranting muda bersegi & berambut.[3]

Daun-daun majemuk menyirip berganda, dengan 4–14 psng sirip; tulang daun utama 10–25 cm, berambut, dg kelenjar dekat pangkal tangkai daun dan pd pertemuan tulang sirip[3]Daun penumpu besar, bundar telur miring dengan pangkal yg stngh berbntk jantung, seperti membran, dengan ekor di ujungnya; lekas rontok [5][6] . Sirip-sirip 4–14 cm pnjngnya, dengan 10–45 anak daun per sirip, duduk, berhadapan[3]. Anak daun memanjang smp bntk garis, dengan ujung runcing, mrng, sisi bawah hijau biru, 6–13 × 1,5–4 millimeter, tulang daun tengah sangat dkt dg tepi atas[6].

Bunga majemuk berbntk bongkol yang bertangkai, yang terkmpl lg menjadi malaiyang panjangnya 15–30 cm[6]. Bongkol berisi 10–20 kuntum bunga[5]. Bunga berbilangan-5; dg kelopak bergigi, tinggi lk 4mm, berambut; tabung mahkota bntk corong, kuning hijau, tinggi lk 7 millimeter, berambut[6]Benang sari 10 atau lbh, panjang lk 3 cm, putih, di atas hijau, pangkalnya menyatu membentuk tabung, yg kurang lbh setinggi mahkota[6]Buah polong panjang 10–18 cm × 2–3,5 centimeter, tdk mmbk, patah-patah tdk teratur[6]Biji pipih, jorong, 7 × 4–5 millimeter[5][6].

Ekologi dan agihan

Sengon dijumpai scr alami di hutan luruh daun cmprn di wlyh lembab dan ugahari, dengan curah hujan antr 1.000–5.000 millimeter pertahun. Tanaman ini didapati pula di hutan-hutan sekunder, di sepanjang tepian sungai, dan di sabana, hingga ketinggian 1.800 meter dpl. Sengon beradpts dengan baik pd tanah-tanah miskin, ber-pH tinggi, atau yg mengandung garam; jg tmbh baik di tanah aluvial lateritik dan tanah berpasir bekas tambang.[7]

Sebaran alami sengon meliputi IndiaBurmaThailandKambojaLaosCinaVietnam, dan Indonesia; diintroduksi ke Australia. Di Indonesia, sengon mnybr di JawaBali, & Nusa Tenggara; dibawa msk dan dibudidayakan di Sumatra dan Kalimantan.[7]

Manfaat

Kayu

Sengon mnghslkan kayu yg ringan sampai agak ringan, dg densitas 320–640 kilogram/m³ pd kadar air 15%[8]. Agak pdt, berserat lurus dan agak kasar, nmn mudah dikrjkn. Kayu terasnya kuning mengkilap sampai cokelat-merah-gading; kekuatan dan keawetannya digolongkan ke dalam kls kuat III–IV & kls awet III–IV.[4] Kayu ini tidak disrng rayap tanah, krn adanya kandungan zat ekstraktif di dlm kayunya[3]. Akan tetapi percobaan kuburan di Filipina mendapatkan bhw kayu sengonA. chinensis hanya bertahan 16 bln, smntr kayu langir A. saponaria tahan hingga 3 thn dan kayu weru A. procera bhkn mencapai 10 thn[8].

Kayu sengon biasa dimanfaatka untk membuat peti, perahu, ramuan rumah & jembatan[4]. Di Sabah, kayu A. chinensis diperdagangkan sebagai kayu ‘batai’, dlm campuran brsm kayu-kayu A. pedicellata dan Paraserianthes falcataria[8].

Agroforestri

Di perkebunan-perkebunan kopi & tehA. chinensis kerap ditnmsbg naungan; khususnya dlm cmprn bersama jeunjing (P. falcataria) dan dadap(Erythrina spp.). Sengon disukai sbg tanaman hias dan peneduh taman, kebun, & tepi jalan. Pohon ini jg ditanam untk melndng lahan berlereng serta untuk memperbaiki tanah.[3] Perakaran sengon bersifat mengikat nitrogen[7].

Kegunaan lain

Sebagaimana kulit kayu ki hiang, pepagan sengon mngndng bhn yg dpt digunakan untk membius ikan di sungai. Pepagan ini pada masa lalujuga dimanfaatkan sbg bhn sabun.[4]

Mskpn daun-daunnya dimkn kambing, akan tetapi kulit ranting-rantingnya beracun krn mengandung saponin.[3]

Jenis serupa

Perawakan & kayu Paraserianthes falcataria sedikit bnyk serupa dengan pohon & kayu sengon, sehingga nama-nmnya acap dipertukarkan. Oleh orangJawaP. falcataria —yang asalnya dr Maluku — disebut dg nama sengon lautsengon sabrang, atau sengon landi.

 

2019-02-28 20:01:21 * 2019-02-28 19:57:21

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Sengon atau Albasia | budidaya tanaman sengon adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Sengon atau Albasia | budidaya tanaman sengon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit