Manggis | mbiring manggis versi gondang

Manggis | mbiring manggis versi gondang

 

Manggis (Garcinia mangostana L.) adl sejenis tanaman  hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal drSemenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ktk matang, mskpn ada pula jenis yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dlm perdagangan dikenal sbg "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mngndng memiliki aktvts antiinflamasi & antioksi&. Shngg di luar negeri buah manggis dikenal sbg buah yg mempunyai kdr antioksidan tertinggi di dunia.

Manggis berkerabat dg kokamasam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dr tradisi boga India dan Sumatera.

Pohon dan buah

Manggis merupakan sebuah tanaman tropis yg tumbuh  dalam suhu hangat & stabil, paparan suhu di bwh 0 °C (32 °Fahrenheit) untk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tumbuhan dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman tlh menumbuhkan spesies ini di luar ruangan & membawanya untk dikembangkan di daerah ekstrem, selatan Florida.

Manggis bersifat apomiksis obligat, biji tdk berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hny satu klon & sifatnya sama dengan induknya. Kenyataan di lapang mnjkkn adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin dsbbkn faktor lngkngn maupun faktor genetik akbt mutasi alami sjln dg sejarah tumbuhan manggis yang tlh berumur ribuan tahun. [1]

Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tmbh  (lihat agamospermy), pertama kali akan brwrn hijau pucat atau hamper putih di bwh kanopi. Saat buah mmbsr selama 2 hngg 3 bln ke dpn, wrn kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, prtmbhn ukuran buah dapat meningkat hngg kulitnya berukuran 6–8 centimeter (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pemtngn akhir tiba.

Sifat kimia dr permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yg mnjm astringent dapat menghambat prhtn serangga, jamur, virus tumbuhan, bakteri & pemangsa hewan, pd saat buah belum matang. Prbhn warna dan pelunakan kulit mnjd proses alami yg mnjkkn pmtngn buah dapat [dimkn|dimakan} & benih tlh selesai brkmbng.

Penyajian

Manggis disantap dlm keadaan masak dg membelah dua kulitnya dengan hati-hati shngg bs dikeluarkan isinya. namun manggis muda berwarna hijau juga dijual dengan rasa lbh kecut namun sekaligus jg manis.

 

2019-02-18 13:10:02 * 2019-02-16 05:42:30

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Manggis | mbiring manggis versi gondang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Manggis | mbiring manggis versi gondang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit