Ketapang | pohon ketapang daun lebar

Ketapang | pohon ketapang daun lebar

 

Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nm sejenis tumbuhan tepi pantai yang rindang. Lekas tmbh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nm ketapang dengan berbagai jenis dialeknya (mslnya Bat.hatapangNiaskatafaMink.katapiÄ•ngTeupah:lahapangTim.ketapasBug.atapang; dll.), pohon ini jg memiliki bnyk sebutan sprt talisei, tarisei, salrisé (Sulut);tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); & sbgnya.[2]

Dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dg nama-nama Bengal almondIndian almondMalabar almond,Singapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree, dan lain-lain.

Pemerian botanis

Pohon besar, tingginya mencapai 40 m & gemang batang smp 1,5 meter. Bertajuk rindang dg cabang-cabang yang tmbh mndtr & bertingkat-tingkat; pohon yg muda srng tampak seperti pagoda. Pohon-pohon yg tua dan bsr acap kali berbanir (akar papan), tingginya bisa hingga 3 m.[3]

Daun-daun trsbr, sbgn bsrny berjejalan di ujung ranting, bertangkai pendek atau hamper duduk. Helaian daun bundar telur terbalik, 8–25(–38) x 5–14(–19) centimeter, dg ujung lebar dengan runcingan & pangkal yang menyempit perlhn, helaian di pangkal bntk jantung, pangkal dengan kelenjar di kiri-kanan ibu tulang daun di sisi bawah. Helaian srp kulit, licin di atas, berambut halus di sisi bwh; kemerahan jika akan rontok.[3][4]

Bunga-bunga berukuran kecil, trkmpl dalam bulir dkt ujung ranting, panjang 8–25 cm, hijau kuning[3]. Bunga tak bermahkota, dengan kelopak bertaju-5, bentuk piring atau lonceng, 4–8 millimeter, putih[4] atau krem. Benang sari dalam 2 lngkrn, tersusun lima-lima. Buah batu bulat telur gepeng, bersegi atau bersayap sempit, 2,5–7 x 4–5,5 centimeter, hijau-kuning-merah, atau ungu kemerahan jk masak.[3][4]

Penyebaran dan ekologi

Ketapang merupakan tanaman asli Asia Tenggara & umum ditemukan di wilayah ini, kcl di Sumatra dan Kalimantan yang agak jrng didpt di alam. Tanaman ini biasa ditnm di Australia bagian utara & Polinesia; demikian pula di IndiaPakistan,MadagaskarAfrika Timur dan Afrika BaratAmerika Tengah, serta Amerika Selatan.[5]

Tanaman ini cocok dg iklim pesisir & dataran rendah hngg ketinggian sekitar 400 m dpl.; curah hujan antr 1.000–3.500 mm perthn, dan bulan kering hingga 6 bln[3]. Ketapang menggugurkan daun hngg dua kali setahun, shngg tanaman ini bs tahan mnghdp bulan-bulan yg kering[6]. Buahnya yang mempunyai lapisan gabus dapat terapung-apung di air sungai dan laut[4] hngg berbulan-bulan, sebelum tumbuh di tmpt yang cocok. Buahnya jg disbrkn oleh kelelawar.

Manfaat

Pepagannya & daun-daunnya dimanfaatkan orang untk menyamak kulit, sebagai bhn pwrn hitam, & juga untk membuat tinta[2]. Pepagan menghasilkan zat pewarna kuning kecoklatan sampai wrn zaitun, & mengandung11–23% tanin; sementara daun-daunnya mngndng 12 macam tanin yang dapat dihidrolisis[5]. Dlm pd itu populer keyakinan di kalangan penggemar ikan hias bahwa menaruh daun-daun ketapang kering di akuarium, khssnya ikan cupang (Betta spp.), dpt memperbaiki kesehatan dan memprpnjng umur ikan[7].

Kayu terasnya merah bata pucat hngg kecoklat-coklatan, ringan smp sedang, BJ-nya berkisar antr 0,465–0,675; cukup keras & ulet, nmn tidak begitu awet[5]. Kayu ini dlm perdagangan dikenal sbg red-brown terminalia, & dgnkn sebagai pntp lantai atau venir[8]. Di Indonesia, kayu ini digunakan dalam pembuatan perahu & jg untuk ramuan rumah[2].

Biji ketapang dpt dimakan mentah atau dimsk, konon lbh enak dari biji kenari, dan dgnkn sbg pnggnt bj amandel (almond) dlm kue-kue[2]. Inti bijinya yang kering jemur menghslkan minyak brwrn kuning hingga stngh dari bobot semula. Minyak ini mngndng asam-asam lemak seperti asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat. Bj kering ini juga mengandung protein (25%), gula (16%), serta berbagai mcm asam amino.[5]

Jenis yang berkerabat

Nama ketapang jg dgnkn untuk mnybt T. gigantea V.Sl., yg tmbh di tempat berpaya-paya di Simeulue bgn selatan[2]. Kerabat dekatnya yang mirip ketapang, di antaranya[3]:

·         T. littorea, memiliki bulir bunga yg lbh pendek & bgt juga buahnya (kecil, < 2,5 cm).

·         T. glabrata, mempunyai tangkai daun yang pnjng (1,5–2,5 cm), pangkal helaian daun tdk berbentuk jantung, dan buah yg relatif lbh kecil & menyegi.

Jenis lain, T. bellirica Roxb. yg dikenal sbg jaha atau joho lawe (Jw.) menghasilkan buah yang dgnkn sbg bahan jamu, bhn penyamak & bahan pewarna[2].

 

2019-02-13 19:56:04 * 2019-02-13 19:30:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Ketapang | pohon ketapang daun lebar adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Ketapang | pohon ketapang daun lebar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit